Membeli mobil bekas merupakan salah satu solusi buat kamu yang ingin punya mobil pribadi yang dikarenakan keterbatasan keuangan. tentu saja mempunyai perbedaan yang mencolok akan mobil bekas dengan mobil baru bukan? Mobil Bekas sangat terlihat atau identik dengan Bodi yang pastinya udah nggak baru, dan kondisi performa mesin juga otomatis menurun bukan?

Karena itu, sebelum mencoba untuk membeli mobil bekas, kamu diwajibkan untuk lakukan pengecekan terlebih dahulu. Pasti ada beberapa sisi pada mobil yang belum rusak atau mungkin hanya rusak ringan dan tentunya biaya untuk masuk bengkel juga relatif murah. Nggak banget dan jangan sampai deh kamu malah rugi dengan membeli mobil bekas ehh biaya masuk bengkel nya malah tinggi.

 

1. Cari Informasi Mobil Tersebut Secara Offline maupun Online, Nggak mau kan salah beli mobil bekas yg berujung galau karna harga mahal.

Mencari Informasi Offline dan Online

Mencari Informasi Offline dan Online via http://pexels.com

Pertama, kamu sedang cari mobil bekas, harus mencangkul informasi tentang mobil bekas lebih dalam. Saat ini, nggak hanya secara offline aja, contohnya datengin Showroom hanya untuk bertanya soal fisik dan harganya. Forum online juga bisa kamu manfaatin untuk gali informasi tentang mobil bekas yang kamu incar.

Beberapa situs online juga bisa kamu manfaafkan, contohnya: Mobil123, Otosia, OLX, dan lain-lain. Bisa juga kamu menggali informasi lebih lanjut dari kerabat, majalah otomotif, bahkan Mekanik yang kamu kenal. Wajib kamu catat setelah semua informasi yang dibutuhkan terkumpul tentunya.

2. Langsung Beli dari Pihak Pertama. Untuk apa melalui Pihak ketiga kalo ternyata bisa langsung ke Pihak penjual?

Deal langsung dari Pihak Pertama

Deal langsung dari Pihak Pertama via http://mobilbekas.com

Hal kedua ini nggak kalah penting dengan pertama. Sebaiknya kamu langsung aja beli mobil bekas tersebut dari pemilik aslinya, dengan kata lain adalah Orang Pertama. Jika kamu membeli langsung dari Showroom, tentu disana terdapat banyak merek, jenis dan warnanya, Tapi kamu nggak bisa menggali informasi tentang mobil bekas tersebut dari pemiliknya.

Info lebih dalam seputar mobil bekas tersebut wajib kamu ketahui, tujuannya agar nggak bakal rugi dengan nilai tinggi. Kalo kamu beli langsung dari pemiliknya, kamu bisa Nego sampe dapet nilai paling murah bukan? saat Deal tentunya nggak ada uang yang keluar untuk pihak ketiga atau seterusnya.

3. Latar Belakang Mobil Tersebut. Kenali apa saja yang udah dialami oleh mobil bekas tersebut, Agar lebih gampang pas pengecekannya.

Sejarah dan Latar Belakang Mobil

Sejarah dan Latar Belakang Mobil via http://setara.net

Seperti pada umumnya ingin beli sebuah produk yang kita mau, tentunya kita bakal cari tau latar belakang dari produk tersebut bukan? Nah, sama halnya kaya membeli mobil bekas langsung jumpa dengan pemiliknya, dan disitulah saatnya kamu menggali lebih jauh latar belakang mobil tersebut tanpa harus bertanya kepada orang lain lagi.

Sebagai contoh pertanyaan nya, “Kapan Anda membeli mobil bekas itu? Mobil ini produksinya tahun berapa ya? Udah seberapa jauh mobil ini Anda kendarai? Apa saja masalah yang Sering Anda rasakan dari Mobil ini?" dan lainnya seputar latar belakang mobil bekas tersebut. Setelah semua pertanyaan kamu terjawab, maka selanjutnya kamu tinggal lakukan pengecekan lebih lanjut bagian luar maupun dalam.

4. Bodi Mobil, Nggak mau kan beli mobil bekas yang kamu incar ehh Bodi nya banyak 'Luka' yang bakal memakan biaya bengkel super mahal.

Memeriksa Bodi Mobil

Memeriksa Bodi Mobil via http://takaitu.com

Nah setelah kamu menggali informasi Latar Belakang mobil tersebut, udah saatnya kamu lakukan pengecekan pada Bodi mobil bekas tersebut. Mintalah ijin dari pemiliknya untuk memulai pengecekan dan Coba kamu perhatikan dengan detail kondisi Contohnya: Cat Mobilnya, Apa ada penyok dan terdapat goresan yang cukup parah atau nggak, dan lain-lain.

Perhatikan kondisi mobil tersebut dari depan hingga belakang, atas hingga bawa, dan dari kanan hingga kiri. Anda perhatikan juga dengan detail pada bagian atas mobilnya. Plafon mobil penting diperiksa untuk melindungi suhu udara di dalam mobil saat siang hari. Cek juga keadaan Ban, apakah masih bagus atau sudah 'Aus'.

5. Mesin Mobil. Sayang banget kan kalo mobil bekas nan antik yang Kamu incar, ternyata Performa Mesin nya buruk. pasti nyesel kan?

Cek Mesin Mobil

Cek Mesin Mobil via http://www.pesandunia.com

Lanjutkan pengecekan mobil bekas tadi, hingga ke bagian dalam, yaitu bagian mesin kendaraan nya. Periksa mesin kendaraan tersebut apakah ada kerusakan yang cukup parah atau tidak. Pengecekan ini juga bisa Kamu lakukan dengan bantuan mekanik atau temen yang mengerti akan dunia otomotif.

Lakukan pengecekan juga pada bagian Kap Mesin, cek selang-selang disana dan pastikan semua selangnya bebas dari kebocoran dan korosi. Jangan lupa untuk menutup pintu oli mesin dan pastikan warna oli merah atau merah jambunya terlihat dalam bagian tubuhnya.

6. Interior Bagian dalam Mobil. Bagian dalam nya menarik pasti Kamu bakal puas bukan? makanya kamu tadi cari informasi lebih dalam.

Interior Bagian Dalam Mobil

Interior Bagian Dalam Mobil via http://swingtechno.wordpress.com

Hal penting lainya yang wajib kamu cek saat akan membeli mobil bekas adalah cek bagian dalam mobil. Periksa keseluruhan bagian dalam mobil, seperti memeriksa bagian Jok dan sarungnya. Coba untuk menyalakan mesin mobil, kemudian cek bagian AC nya, apakah keduanya masih berfungsi dengan baik atau nggak.

setelah itu anda periksa bagian Spedometer untuk ngeliat jarak tempuh yang telah ditempuh pemiliknya. Perlu kamu tau juga bahwa kondisi mobil yang baik adalah yang memiliki jarak tempuh yang normal, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kondisi normal rata-rata pengemudi adalah Jarak 16.000 hingga 24.000 km dalam setahun. Pastikan juga Lampu, CD, Radio dan lainya juga berfungsi dengan baik.

7. Test Drive. Nah, setelah kamu cek semuanya, udah saatnya kamu Test Drive untuk mencari tau akan Performa lari mobil dan lainnya.

Test Drive Mobil

Test Drive Mobil via http://triguritno.id

Setelah kamu yakin bahwa keadaan mobil bekas ini masih bagus, selanjutnya adalah melakukan Test drive, yaitu dengan mengendarai mobil tersebut. pada saat mengendarainya, coba rasakan seberapa kamu nyaman mengendarainya, lalu cek jangan lupa juga bagian kopling dan rem nya yang merupakan salah satu komponen penting untuk berkendara.

Perhatikan hal ini, jika kamu mengerem pada kecepatan 60Km/jam seharusnya nggak getaran pada pedal rem nya, apalagi hingga terdengar bunyi mendecit. Jika malah terjadi seperti itu, Artinya keadaan mobil kurang baik, dan sebaiknya kamu pikirin lagi deh untuk bawa pulang mobilnya, karena khawatir biaya perbaikan rem dengan biaya lebih mahal.

8. Tools Perkakas Mobil. Alhamdulillah kalo Tool nya lengkap, lah kalo ternyata udah pada ilang-ilangan kan jadi keluar duit lagi bukan?

Tools Perkakas Mobil

Tools Perkakas Mobil via http://teknodepok.wordpress.com

Pasti hal ini sering dilupakan, akan tetapi fungsi perkakas mobil juga penting untuk kamu gunakan saat terjadi kerusakan pada mobil. Sebaiknya kamu juga wajib bertanya kepada pemiliknya tentang Tool Kit seperti obeng, dongkrak dan kunci yang termasuk saat penjualan mobil bekas tersebut.

Kamu nggak ingin tentunya, jika sewaktu-waktu sedang dijalan dan berkendara mobil, tiba-tiba mobil kamu mogok mendadak, saat ada perkakas tentu hal tersebut nggak jadi masalah besar. Jika memang terdapat perkakas pada mobil bekas yang akan kamu beli, mending kamu tanya pemiliknya apakah harga mobil yang sudah diatur, termasuk dengan Tool Kit (Alat Perkakas) sebagai tambahannya. Jika iya, maka kamu akan lebih hemat.

9. Asuransi Mobil. Saat kamu kendarai eh terjadi kecelakaan besar lalu pas mau Service ternyata nggak ada Asuransi, Rugi bukan?

Asuransi Kecelakan Mobil

Asuransi Kecelakan Mobil via https://designmbc.blogspot.com

Kendaraan yang baik dan nyaman sebaiknya memiliki Asuransi. Ini seperti nilai plus buat kamu, Apabila mobil bekas tersebut udah diasuransikan. Tanyakan hal ini kepada pemiliknya dan minta pemiliknya untuk memperlihatkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut sudah diasuransikan.

Sebaiknya, sebelum membeli mobil bekas, Kamu melengkapi diri dengan surat-surat atau dokumen jual beli yang lengkap dan legal yang ber-materai. Mintalah Fotokopi KTP pemilik mobil sebagai arsip untuk kamu. Hal tersebut juga akan mempermudah, jika kamu ingin lakukan proses balik nama untuk mobil tersebut.

10. Kelengkapan Surat-surat Kendaraan. Jangan sampe deh Ketilang, Mobil 'Masuk Kandang' dan Keluar duit gede buat Nebus.

Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Cek Kelengkapan Surat Kendaraan via http://ublik.id

terakhir namun yang paling penting adalah memeriksa kelengkapan surat-surat Kendaraan yang mau kamu beli. Periksa surat penting seperti BPKB dan STNK. bukan hanya itu aja, periksa juga Keaslian Cap dan Tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK nya. Kan nggak lucu beli mobil bekas semuanya lengkap eh surat-surat kendaraan malah enggak ada. Rugi bandar banget kan?

Halaman pengesahan seharusnya disertai dengan Hologram yang gampang di periksa di bawah Sinar Matahari. Jangan lupa juga untuk mengecek Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang biasanya terletak dalam Kap Mesin Mobil tersebut. Seharusnya nomor yang tertera sama dengan yang ada di BPKB dan STNK.

Nah, bagaimana dengan 10 Hal diatas, apakah kamu udah siap untuk memiliki mobil bekas dengan kualitas memuaskan? Jika iya, selamat untuk kamu yang akan segera memiliki mobil pribadi yang kece badai dan nggak bakal bikin kamu nyesel di kemudian hari tentunya.