Mie merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat, protein dari campuran telur dan terdapat kandungan zat besi. Terdapat pada tepung trigu yang berasal dari gandum pilihan, oleh karena itu mie memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Mie juga bisa dimodifikasi menjadi mie yang berkualitas, dengan campuran serat yang didapat dari berbagai warna sayuran yang diblend.

Mie memiliki banyak jenis dan menu masakan yang berbeda oleh karena itu tiap mie memiliki ciri khas tersendiri, berikut beberapa jenis mie :

1. Mie Telor

Mie Telor via http://wiratech.co.id

Mie telor atau mie telur terbuat dari tepung terigu berjenis hard wheat yang diolah dengan telur sebagai campurannya. Mie telur biasanya tersedia dalam kondisi kering dengan bentuk keriting bulat maupun pipih. Kebanyakan mie instan juga menggunakan mie jenis ini. Mie ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie goreng.

2. Mie Soun

Mie yang satu ini dibuat dari tepung kentang dan tepung kacang hijau. Mie ini sering dijual dalam bentuk kering sehingga penggunaannya memerlukan rendaman dalam air panas terlebih dahulu. Tekstur mie ini sangat lunak sehingga cocok untuk sup dan bahan isian pastel.

Banyak yang salah menganggap Soun sama dengan Bihun. Padahal beda banget. Soun, apabila telah direndam dalam air hangat, akan bertekstur licin. Nama lain soun adalah cellophane noodles.

3. Mie Hokkien

Advertisement

Mie Hokkien via http://www.loop.co.id

Mie hokkien, atau sering disebut juga dengan mie hongkong, merupakan mie yang mirip dengan mie telur dengan bentuk bulat dan halus. Mie hokkien biasanya tersedia dalam kondisi basah. Masakan yang paling cocok untuk mie jenis ini adalah mie goreng dan mie rebus.

4. Kwetiauw

Kwetiauw atau biasa disebut dengan rice stick noodles merupakan mie yang terbuat dari tepung beras dan air. Di pasaran, kamu bisa menemukan mie jenis ini dalam kondisi basah maupun kering. Bentuknya yang pipih dan berwarna sedikit bening menjadikannya mie yang khas dan mudah dikenali banyak orang.

5. Mie Ramen

Mie Ramen via https://ny.eater.com

Ramen adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mie. Mie ini biasanya berwarna kuning dan dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air.

6. Mie Udon

Mie asal jepang yang satu ini berteman dekat dengan ramen. Mie yang terbuat dari tepung terigu ini berbentuk tebal dan agak lebar. Di Jepang, udon merupakan makanan rakyat, berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi.

7. Mie Bihun

Bihun adalah mie yang terbuat dari tepung beras, warnanya putih bersih dan teksturnya sangat lembut. Mie ini sangat mudah matang, jadi nggak perlu direbus, direndam dalam air panas sudah cukup. Biasanya dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik. Cocok digunakan sebagai isi sup dan bihun goreng.

8. Mie Soa

Mie Soa via http://farlys.com

Mie shoa adalah mie asal Cina. Mie shoa terbuat dari tepung beras, berwarna putih terang, sangat mudah matang, dan dapat digunakan langsung di dalam masakan seperti sup atau sebagai snack seperti misoa goreng.

9. Mie Spaghetti

Mie Spaghetti via http://www.caak.mn

Spaghetti merupakan sajian makanan berupa mie yang tersaji dengan campuran saus nikmat. Berbeda dengan mie instan yang sering kita nikmati, tekstur mie spaghetti ini lebih kenyal dan tidak gampang putus. Bagi anda yang suka sekali dengan sajian makanan mie, spaghetti ala Italia ini dapat anda coba hidangkan untuk menambal perut kosong anda di saat keroncongan.

10. Mie Fettucine

Fettucine merupakan salah satu dari ratusan jenis pasta yang asalnya dari italia. Bentuknya  pipih lebar mirip mi telur. Tentu saja seperti pasta lain fettucine bisa diolah dengan menambahkan berbagai saus. Bisa saus seafood, saus bolognese atau carbonara.