Siapa sih yang gak kenal Facebook? Media sosial paling laris dan paling merakyat sedunia. Rakyat dari kalangan manapun, tukang bakso, tukang es cendol, tukang bubur, sampe tukang servis motor dan tukang boong bisa anda temukan di sana.

Facebook bahkan menjadi pasar nomor satu yang mengalahkan berbagai jenis pasar, baik yang tradisional maupun internasional. Jual beli online, toko online, sampe pusat grosir pun ada di Facebook. Kita tinggal menunggu jual beli saham dan obligasi yang kemungkinan akan banting setir berbisnis lewat facebook.

Lebih dari itu, Facebook menjadi wadah bagi dinamika masyarakat. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi seseorang hanya lewat status yang muncul di berandanya. Kita harus mengapresiasi ini karena Facebook menjadi konsultan paling hebat di abad ke-21 lewat pertanyaan paling fenomenal, "Apa yang anda pikirkan?" Bermula dari pertanyaan itulah, jutaan status bermunculan yang mengawali era baru dalam peradaban manusia, "Masyarakat Dunia Facebook".

Mari kita menengok sejenak seperti apa kehidupan masyarakat sana.

 

1. Nama yang gak pernah ada di dunia nyata maupun dunia ghoib, hanya di sini!

Nama tenar di Facebook

Nama tenar di Facebook via http://1.bp.blogspot.com

Aneh tapi nyata. Begitulah sebutan bagi nama-nama masyarakat Facebook.

Sekaliber Puetri sayank dhia chelalu tuk chelamax, Nanda clalu cetia, Ephy chelalu cheria, dan AliemMaccieh Yankdoeloe. WOW!

 

2. Setelah nama aneh, Anda akan menemukan yang lebih aneh lagi. Perusahaan berlabel CINTA.

PT Mencari Cinta Sejati

PT Mencari Cinta Sejati via http://img.wapkafile.com

Percaya atau tidak 20%, teman Facebook kamu pernah berkarir di perusaahaan itu. Meski banyak yang sudah pensiun, tapi ada juga yang bahkan sudah menjadi direktur dan komisaris utama. Sungguh membanggakan!

3. Kamu bisa menambahkan siapapun, bahkan orang yang tak dikenal jadi bagian dari keluargamu.

fesbuk familiy

fesbuk familiy via http://i1206.photobucket.com

FATHER, MOTHER, SISTER, BROTHER, AUNT, DAUGHTER, GRANDFATHER, GRANDMOTHER. Semuanya lengkap. Kamu akan membentuk sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah, hanya di Facebook. HANYA DI FACEBOOK!

4. Tak jarang keluarga baru di Facebook membuat keluarga nyata berantakan.

komen fb lucu

komen fb lucu via http://4.bp.blogspot.com

Asik-asikan nge-like, komentar, dan chatting di Facebook, gak taunya istri lagi mantau karena kamu pernah ngasih password ke dia waktu jadian dulu. Apes dah!

Hasilnya kamu babak belur sebelum tidur.

5. Besoknya, kamu pun update status.

Setelah pertengkaran semalam, kamu tiba-tiba menjadi orang paling bijak dengan mahakarya status yang menginspirasi banyak orang. Alhasil, komentar dan like pun meroket.

6. Ini yang kamu lakukan saat status kamu di-Like dan dikomentari banyak orang.

ini baru laki

ini baru laki via http://creed.mywapblog.com

Harapan dari orang-orang yang meng-update statusnya adalah agar di-like dan dikomentari sebanyak-banyaknya. Tak peduli apakah komentarnya postif maupun miring.

Total like dan komentar adalah visi utama yang selalu mereka idam-idamkan.

7. Begini ekspresi teman kamu saat tahu status kamu di-Like ribuan orang.

"Gak salah tuh? Kok bisa banyak gitu ya yang nge-like?"

Kapan ya status gua juga di-like banyak orang juga?

8. Ekpresi mantan saat melihat profil kamu, "berpacaran dengan si doi?"

download

download via http://cazibe.info

Tak jarang masyarakat Facebook mempublikasikan hubungan dengan sang kekasih. Mulai dari tanggal jadian, foto selfie bareng, sampai foto-foto yang layak disensor pun menjadi santapan maknyus masyarakat publik. 

9. Ada yang bahagia, ada juga yang terluka.

Untungnya, Facebook hanyalah program dan aplikasi yang tidak memiliki perasaan dan egoisme layaknya manusia. Bayangkan jika Facebook memiliki perasaan! Betapa stresnya dia menerima jutaan status "galau" setiap harinya.

10. Last but not least, Facebook pun menjadi perantara hamba dan Tuhannya.

Akhirnya, wadah media sosial ini tidak hanya menjadi penghubung horizontal antar sesama, melainkan menjadi ranah vertikal yang terkenal sakral itu. Lalu bolehkah kita berdoa lewat Facebook? Sebenarnya sih gak masalah berdoa lewat sosial media. Tetapi yang menjadi masalah adalah saat orang berdoa dengan maksud riya agar dibaca dan diketahui orang lain. Setuju?

Ya, sudah. Barangkali sekian dulu yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Pesan saya, jadilah warga Facebook yang cerdas, bukan yang dungu. Kenapa? Karena Facebook itu cerdas. Jika kamu tidak cerdas, maka ia akan akan membodohi kamu. Sekian, wassalam!