Berbeda dengan orang ekstrovert yang selalu terlihat aktif melakukan berbagai kegiatan, seperti berpergian dan bersosialisasi dengan banyak orang, mereka yang introvert cenderung terlihat lebih pasif, tenang, dan begitu menikmati kesendirian. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang introvert seringkali dianggap sebagai orang yang tidak produktif. Padahal, asumsi ini belum tentu benar.

Meskipun mereka lebih sering berkutat dengan diri sendiri, bukan berarti orang introvert tidak produktif. Karena sesungguhnya, orang introvert itu mempunyai kualitas-kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi orang yang produktif. Apa sajakah kualitas tersebut?

1. Mereka adalah orang-orang yang kreatif

Kreativitas dalam kesendirian via http://www.jungleredwriters.com

Kreativitas merupakan suatu keterampilan yang sangat berharga dalam menciptakan produktivitas. Dan pada dasarnya, orang introvert ialah makhluk-makhluk kreatif. Mereka seringkali menghabiskan waktu sendirian dan melakukan introspeksi.

Di saat penuh keheningan inilah, banyak inspirasi akan ide-ide hebat berdatangan memenuhi seisi kepala mereka. Jadi, jangan salah sangka dengan orang introvert ketika mereka sedang menyendiri, ya. Bisa jadi saat itu, mereka sedang asyik mengeksplorasi kreativitas dan merealisasikan imajinasi-imajinasi mereka ke dalam bentuk nyata.

2. Dalam segala urusan, orang introvert selalu penuh perhitungan.

Penuh perhitungan via http://catherinescareercorner.com

Advertisement

Secara alamiah, para orang introvert merupakan orang yang selalu berhati-hati. Dalam mengerjakan setiap tugas, mereka akan selalu mencurahkan segenap pemikiran dan perhatian untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kualitas ini juga memungkinkan mereka menjadi selektif dalam bekerja.

Orang introvert tidak akan serta-merta menerima semua proyek yang ditawarkan. Mereka cenderung akan memperhitungkannya dari segala sisi dan mengalokasikan seluruh tenaga mereka, berfokus hanya pada proyek yang telah mereka terima dengan penuh pertimbangan.

3. Mereka melakoni komunikasi secara serius.

Komunikator yang baik via http://www.viswamgroup.com

Memang orang introvert bukanlah individu yang suka berbicara di depan banyak orang dan cenderung memilih untuk bekerja di balik layar. Akan tetapi, bukan berarti orang introvert tidak dapat menjadi komunikator yang baik.

Orang introvert biasanya sangat peduli dengan gambaran diri mereka di hadapan orang lain. Hal ini menyebabkan mereka akan menempatkan banyak waktu untuk persiapan, guna memastikan public communication mereka dapat berjalan baik dan lancar.

4. Untuk urusan yang menyangkut hal-hal detail, serahkan pada para introvert.

Detail-oriented via http://www.ask.com

Detail-oriented. Mereka adalah orang-orang yang sangat jeli dan terperinci. Kemampuan mereka untuk tidak mengabaikan detail apapun memainkan peranan yang sangat penting dalam produktivitas. Para introvert tidak perlu membuang waktu untuk meninjau ulang suatu hal penting yang terlewatkan sebelumnya.

Maka dari itu, ciri introvert yang satu ini dapat meningkatkan produktivitas tidak hanya dari segi kuantitas, tetapi juga dari segi kualitas hasil kerja.

5. Mereka merupakan kaum yang independen.

Kaum independen. via http://drprem.com

Para introvert ialah orang-orang mandiri yang lebih mengandalkan kekuatan sendiri. Mereka bukanlah tipikal orang yang suka bergantung pada orang lain. Cobalah perhatikan, orang introvert biasanya cenderung memilih pekerjaan yang tidak terlalu banyak melibatkan orang lain.

Kemampuan mereka untuk dapat menyelesaikan tugas secara independen ini memberikan kontribusi yang tinggi dalam sebuah produktivitas.

6. Para introvert tahu kapan harus berhenti bekerja dan beristirahat.

Mengembalikan energi via http://attackattackoh.com

Mereka tahu dengan jelas kapan harus mendiskoneksikan diri dari pekerjaan, menyendiri, dan beristirahat. Alih-alih meningkatkan produktivitas, bekerja terus-menerus tanpa henti dalam jangka waktu yang lama justru akan menyebabkan hilangnya daya konsentrasi, dan berujung pada penurunan produktivitas.

Orang introvert paham bahwa ketika tingkat energi sudah bertindak lebih sebagai sebuah kerugian ketimbang aset bagi produktivitas, itulah pertanda bagi mereka untuk berhenti dan mengisi ulang energi mereka.

7. Mereka memilih kata secara tepat.

Pemilihan kata yang tepat via http://www.erpsoftwareblog.com

Komunikasi merupakan aspek yang penting dalam produktivitas karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan hanya oleh satu orang. Para introvert seringkali memainkan peranan yang berharga dalam sebuah tim karena kemampuan mereka dalam memilih kata secara tepat untuk mengkomunikasikan informasi.

Kejelasan dan ketepatan pemilihan kata dalam komunikasi dapat membantu tim untuk mengetahui secara persis apa yang harus dilakukan.

8. Kemampuan fokus yang tinggi merupakan kekuatan bagi orang introvert.

Fokus yang tinggi via http://www.bls.gov

Sementara banyak orang yang dapat dengan mudah terdistraksi, para introvert cenderung mampu mempertahankan fokusnya dalam bekerja. Mereka mampu mencurahkan seluruh perhatian mereka hingga pekerjaan selesai.

Bahkan, orang introvert sering berusaha menghindari hal-hal yang dapat menginterupsi alur kerja mereka. Kualitas ini memungkinkan para introvert untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih cepat.

9. Mereka adalah pendengar yang baik.

Great listeners via http://duniatraining.com

Ketika berbicara mengenai produktivitas, penerimaan informasi juga merupakan elemen yang penting. Kaum introvert merupakan pendengar yang baik. Mereka mampu menerima informasi dengan pemahaman yang baik, serta mengajukan pertanyaan klarifikasi apabila mereka kurang memahami sesuatu. Hal inilah yang dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya salah paham dalam pengkomunikasian informasi.

10. Kaum introvert, si pembuat rencana yang hebat.

Si pembuat rencana via http://capbrown.com

Mereka tidak menyukai kejutan. Karena itulah, orang introvert cenderung mencoba untuk meramalkan setiap hal yang mungkin akan terjadi. Mereka merupakan orang yang penuh dengan rencana. Setiap langkah akan mereka perhitungkan dan mereka rancang sebaik mungkin. Maka dari itu, kaum introvert dapat membantu tim dalam urusan pembuatan rencana untuk memaksimalkan produktivitas.

Jadi, 10 kualitas inilah yang membuat para kaum introvert menjadi orang yang produktif. Mereka tenang, tak banyak bicara. Namun di balik itu semua, orang introvert merupakan individu yang mempunyai peran besar dalam produktivitas.

Karena orang introvert itu, diam-diam menghanyutkan.

Artikel ini diadaptasi dari laman Lifehack. Artikel aslinya dapat dilihat di sini.