Teknologi perawatan kulit Asia lebih mutakhir 12 tahun di atas  Amerika Serikat. Tapi tahukah Ladies? Wanita Korea justru lebih menyukai perawatan secara alami daripada pergi ke Skincare loh!

Tahu gak sih kenapa wanita Korea memiliki kulit yang paling indah?? Jika Anda menganggap ini semua karena gen dari Anda benar-benar salah. Mereka benar-benar rajin merawat kulitnya, dan perawatan yang mereka lakukan berbeda dengan makeup seperti di Amerika. Misalnya, di Amerika,  concealer atau BB cream digunakan untuk menutupi kekurangan wajah.

Tapi di Korea, menerapkan makeup dasar sebenarnya adalah sebuah proses yang mengacu pada teknik "mengekspresikan kulit Anda." Gaya aplikasi makeup, meskipun memakan sedikit lebih banyak waktu. Aspek perawatan kulit wanita Amerika belum mengajarkan untuk mengeksplorasi.

Korea berusaha untuk kesempurnaan, sehingga mereka membuat pilihan yang disengaja ketika menerapkan kosmetik dikemas dengan bahan-bahan yang kuat yang bertujuan untuk menyempurnakan kulit setiap waktu.

Faktor lain yang membedakan adalah bahwa perawatan kulit adalah bagian dari budaya mereka, sementara di Amerika perawatan kulit lebih reaktif. (seperti, "Oh mulai muncul kerutan !? Aku butuh krim mata! ") wanita Korea mulai bersikap proaktif saat mereka tumbuh dewasa.

Wanita Korea peduli tentang kulit dan kulit mereka adalah investasi utama. Hal ini tidak hanya investasi keuangan tetapi investasi waktu. Anda mungkin melakukan pembersihan dan menggunakan pelembab  setiap malam sebelum tidur, tapi Anda masih kehilangan beberapa langkah penting yang dapat membantu Anda mencapai kulit indah tanpa noda.

Sekarang, saya yakin Anda telah mendengar tentang "sejuta-langkah" rutinitas perawatan kulit ketika datang ke Belahan Negara di Asia. Sebenarnya terdiri dari 10 langkah, dan mungkin tampak seperti proses yang menghabiskan waktu pagi dan sore hari. Sebenarnya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk membuat kulit Anda bersinar. Rutinitas tersebut mencakup pembersihan, exfoliate/pengelupasan, mengobati, melembabkan dan menerapkan SPF pada siang hari.

Berikut langkah-langkah singkatnya ...

 

1. Pre-Cleanse

minyak zaitun atau minyak anggur baik digunakan untuk membersihkan make-up remover

minyak zaitun atau minyak anggur baik digunakan untuk membersihkan make-up remover via http://www.revesi.com

Ini merupakan langkah pertama dari metode “double-cleansing”.  Pertama, menggunakan pembersih riasan mata atau eye make up remover yang baik untuk membersihkan kulit Anda dari eyeshadow,eye liner, maskara atau bahkan lipstick. Berikutnya, membersihkan make up wajah dan penumpukan kotoran dengan pembersih berbasis minyak/baby oil.

2. Re-Cleanse

cuci muka minimal 2 kali sehari girls!

cuci muka minimal 2 kali sehari girls! via http://www.awomensclub.com

Langkah kedua yaitu membersihkan lagi kulit yang sudah dibersihkan melalui langkah pertama  tadi dengan cleansing milk dan cuci muka menggunakan facial foam cleanser yang lembut dan cocok untuk kulit anda. Orang Korea dalam menggunakan Cleanser dilakukan sambil memijit halus dengan gerakan memutar dan dillakukan sekitar satu menit lebih.

3. Eksfoliasi

Scrubbing untuk menghilangkan sel kulit mati

Scrubbing untuk menghilangkan sel kulit mati via http://www.ciricara.com

Gunakan pembersih alami (seperti Scrub dari gula), masker alami buatan sendiri atau masker yang dijual di supermarket mengandung ekstrak bahan alami untuk mengelupas sel-sel kulit mati di wajah anda sehingga regenerasi kulit optimal.

Fokuslah scrubbing pada daerah yang benar-benar membutuhkan perhatian khusus seperti t-zone dan di sekitar hidung. Lakukan exfoliate cukup 2 kali seminggu. Wanita Korea percaya itu sudah cukup karena jika berlebihan dapat mengiritasi kulit.

4. Gunakan Toner

Toner untuk menyegarkan kulit

Toner untuk menyegarkan kulit via http://www.wanista.com

Produk kosmetik umumnya mengandung zat kimia seperti Alkali, gunakanlah Toner/Refresher yang berfungsi supaya pH kembali normal. Jangan menggunakan toner berbasis alkohol, tetapi toner yang ringan untuk menyegarkan kulit Anda dan mengembalikan keseimbangan pH yang sehat.

5. Essence

gunakan essence setiap harii..

gunakan essence setiap harii.. via http://www.koreansplash.blogspot.com

 Sangat penting untuk menggunakan essence setelah pembersihan. Essence membantu menyempurnakan penampilan kulit Anda: Dapat menyamarkan noda hitam, mengurangi keriput, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit wajah, dan membuat wajah lebih merona.

Contoh produk korea seperti Missha Time Revolution Essence. Sebagian orang mempercayai bahwa Essence dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Namun ada juga yang percaya bahwa Essence sama dengan Serum sehingga tidak perlu memakainya.

6. Ampoule

ampoule = serum!

ampoule = serum! via http://www.vemale.com

Ini pada dasarnya adalah versi lain dari serum. Namun dengan kosnsentrat essence yang lebih kuat. Pastikan untuk menerapkan satu kali sehari pada kulit Anda agar lebih ternutrisi karena ini lebih ampuh dari essence.

Ampoule dapat mengatasi semua masalah kulit seperti penggelapan kulit, warna kulit tidak merata, dan hilangnya elastisitas kulit. Gel pelembap ini berisi bahan-bahan yang dapat melembapkan kulit seperti Hyaluronic Acid. Langkah ini membuat kulit kamu sangat halus dan ternutrisi.

7. Masker Wajah

Masker dengan ekstrak bahan alami aman, tanpa efek samping

Masker dengan ekstrak bahan alami aman, tanpa efek samping via http://www.perawatankulitmu.com

Bagi wanita Korea, masker menjadi hal yang sangat wajib untuk perawatan kulit supaya cantik , sama halnya dengan wanita Indonesia. Banyak juga yang melakukan perawat wajah dengan masker terutama masker alami buatan sendiri. Dua kali seminggu atau sesuai kebutuhan gunakanlah masker.

Masker memiliki banyak varian berbeda untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, dan bahkan ada masker untuk daerah sensitif seperti bibir dan mata. Anda juga bisa menggunakan masker dengan ekstrak bahan alami yang bisa anda buat sendiri di rumah atau beli di supermarket.

8. Eye cream

bye bye mata panda!! :)

bye bye mata panda!! :) via http://www.dr-baumann.co.za

Krim mata harus diterapkan dua kali sehari. Oleskan dan tepuk menggunakan jari manis Anda, jangan digosok. Lakukan ini secara rutin untuk menghilangkan tampilan mata panda. Anda juga bisa menggunakan irisan mentimun atau kentang. Produk kecantikan mata sangat diperlukan untuk mencegah kulit keriput di sekitar mata dan lingkaran hitam akibat lelah bekerja atau kurang tidur. 

9. Moisturizer

pelembab penting digunakan setiap habis mandi

pelembab penting digunakan setiap habis mandi via http://www.vemale.com

Step ini sangat penting untuk melembutkan kulit menggunakan pelembab ringan. Gunakan ujung jari Anda untuk memijat pelembab di wajah Anda untuk meningkatkan sirkulasi, dan jangan lupa untuk melembabkan leher. Gunakan pelembab berbasis air untuk kulit berminyak dan pelembab berbasis minyak untuk kulit kering.

10. Jangan lupa yang terakhir, Night Cream!

night cream perlu untuk menjaga kelembapan kulitmu

night cream perlu untuk menjaga kelembapan kulitmu via http://www.cantikalamiku.com

Pastikan krim malam yang anda gunakan memungkinkan kulit Anda bernapas. Krim malam merupakan pelembab kulit yang digunakan pada malam hari. Krim malam dapat menutrisi kulit dan membantu kelembaban terkunci dalam kulit sepanjang malam, sehingga ketika Anda bangun tampak segar dan cantik.

Krim malam dapat membuat kulit wajahmu lebih cerah atau memutihkan kulit tapi nggak membahayakan. Krim malam sendiri mengandung bahan pelembab yang membantu regenerasi sel-sel kulit, sehingga tidak hanya melembapkan tapi juga mencegah dan menghilangkan kerutan.

Ingat, yang paling penting rahasia kecantikan Make Up ala wanita Korea adalah less Make Up, More SkinCare. Anda tidak perlu melakukan exfoliate dan menggunakan masker setiap hari. Tapi setiap kali Anda dapat memberikan kulit Anda perawatan ekstra, itu sangat berharga untuk kecantikan kulitmu..! :)