Setelah menikah, hal yang di dambakan pasangan suami istri adalah mendapatkan momongan. Kehadiran sang buah hati akan menambah kebahagiaan dalam rumah tangga. Namun, permasalahan yang sering dihadapi pasutri adalah sulitnya untuk mendapatkan momongan. Salah satu penyebab sulit memperoleh momongan adalah ketidaksuburan dari suami ataupun istri.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh kesuburan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mendongkrak kesuburan.

Berikut ini 10 Makanan Bermanfaat Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

 

1. Susu. Minuman berwana putih tulang ini memang kaya akan kalsium dan asam lemak.

Selain mengandung kalsium yang berperan penting bagi ibu dalam mempersiapkan kehamilan, susu juga mengandung asam lemak esensial yang berperan bagi kesuburan pria. Karena air mani (semen) akan lebih kaya dengan prostaglandin yang dapat mencegah terjadinya kualitas sperma rendah, sperma tidak normal, jumlah sperma kurang dan kemampuan bergerak sperma yang kurang.

Penuhi Kebutuhan kalsium sebanyak 1000 mg/hari dengan mengkonsumsi keju, yoghurt, ikan sarden, dan roti gandum. Sedangkan untuk asam lemak esensial bisa diperoleh dari ikan laut, kacang-kacangan, keju, kuning telur, almond dan biji bunga matahari.

2. Kacang Brazil. Kacang ini berfungsi meningkatkan kualitas air mani Pria.

Kacang Brazil mengandung selenium, bisa sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kualitas sperma. Pria yang kekurangan selenium dikhawatirkan dapat mengalami gangguan pada fungsi reproduksinya, antara lain dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Kebutuhan 55 mikrogram/hari bisa didapat dari jagung, gandum, kedelai, ikan, ayam, dan lain-lain.

3. Jamur Tiram. Makanan ini bukan main karena menjaga fungsi organ seksual dan produksi sperma.

Tiram merupakan sumber makanan yang paling banyak mengandung zinc. Mineral yang sangat penting bagi kesehatan dan kesuburan, karena berfungsi menstimulasi kurang lebih 100 enzim, mendukung sistem pertahanan tubuh, penyembuhan luka, sintesis DNA-RNA dan menjaga fungsi organ seksual dan produksi sperma.

Ada penelitian yang menyebutkan jika kekurangan zinc dapat menyebabkan penurunan hormon testosteron, penyusutan testis, dan pengurangan produksi sperma yang sehat.

Kebutuhan zinc sebanyak 15 mikrogram/hari. Selain dari tiram, zinc dapat diperoleh dari daging, ikan, kepiting, produk olahan gandum, ragi dan kacang-kacangan.

4. Kecambah/Tauge. Merupakan jenis sayuran penghasil hormon testosteron bagi Pria.

Kecambah/Tauge

Kecambah/Tauge via http://www.wonosobopos.co.id

Kecambah atau tauge banyak mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan hormon testosteron. Bagi pria, testosteron merupakan hormon seks yang berperan penting dalam fungsi seksual, produksi sperma, pembentukan otot dan intonasi suara.

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam vitamin E dapat melindungi sel-sel telur dan spermatozoa dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Untuk hasil maksimal sebaiknya dikonsumsi sebanyak 100 IU/hari. Sumber vitamin E lainnya dapat ditemukan pada sayuran seperti selada dan asparagus, kacang-kacangan dan susu.

5. Telur. Siapa yang suka makanan ini? Yoi, telur memang menu favorit dimanapun kamu berada.

Telur mengandung vitamin D yang selain berperan dalam penyerapan kalsium, juga bisa mencegah gangguan sindrom ovarium polisistik yang disebabkan kekurangan vitamin D.

Kebutuhan 5 mikrogram/hari dan bisa diperoleh dari hati, ikan salmon dan tuna, serta bisa juga dihasilkan oleh tubuh kita sendiri dengan bantuan sinar matahari.

6. Jambu Monyet/Jambu Mede. Monyet? Hai, jambu disini bukan jambu dengan bentuk monyet yaa.

Buah ini mengandung vitamin C yang jauh lebih besar dibanding buah lainnya, yaitu 197 mg/100 gram. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan, memperkuat kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, menjaga keseimbangan hormon.

Khusus pria, vitamin C dapat melindungi dan meningkatkan kualitas sperma sehingga mobilitas lebih baik (lebih lincah, gesit dan cepat).

Asupan yang dianjurkan adalah 1000 mg/hari. Jika sedang sakit, konsumsi vitamin C lebih meningkat. Sumber vitamin C lainnya adalah Mangga dan Jeruk.

7. Alpukat. Buah ini selain enak dibikin jus juga berkhasiat memperbanyak kapasitas sperma.

Selain banyak mengandung banyak lemak tak jenuh, alpukat juga mengandung asam folat yang bagus untuk kesuburan. Alpukat dapat meningkatkan jumlah sperma pria dan mencegah cacat tabung saraf janin pada wanita. Bila merencanakan kehamilan, Moms bisa mengkonsumsi asam folat sejak bulan sebelum kehamilan.

Kebutuhan pada wanita usia subur dan pria adalah 0,4-0,6 mg/hari. Sumber asam folat juga bisa diperoleh dari sayuran hijau (seperti: bayam, brokoli dab asparagus), buah-buahan berwarna merah atau jingga (seperti: semangka, jeruk dan pisang), dan sumber hewani (Seperti: daging, hati sapi, ikan dan susu).

Tips: Dalam memasak makanan dengan panas tinggi dan banyak air dapat mengurangi kandungan asam folat. Oleh sebab itu sebaiknya dikukus sebentar saja.

8. Daging Sapi. Hmm rasanya saja sudah uenak tenan! Kandungan zat besinya baik untuk kesuburan organ intim.

Daging sapi segar

Daging sapi segar via http://www.wonosobopos.co.id

Daging sapi merupakan sumber vitamin B12 dan zat besi. Vitamin B12 bermanfaat untuk menambah jumlah dan kualitas sperma. Kebutuhan ini harus dipenuhi berkisar 2 mikrogram/hari. Namun jika anda seorang vegetarian, dapat diperoleh dari susu, keju, telur serta susu kedelai.

Sedangkan Zat Besi (Fe) merupakan salah satu unsur penting pembentuk sel darah merah untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Sumber Fe juga dapat diperoleh dari kacang-kacangan an sayuran berwarna hijau tua.

Tips: Agar Fe dapat diserap tubuh dengan baik, maka konsumsilah vitamin C secara bersamaan.

9. Daging Unggas. Tak mau kalah dengan daging sapi, daging ayam juga dapat meningkatkan hormon progesteron.

Daging ayam segar

Daging ayam segar via http://www.wonosobopos.co.id

Mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan hormon progesteron (pada wanita) yang berperan dalam pelepasan sel telur pada saat masa subur. Selain itu juga berperan dalam produksi sel darah merah dan menjaga keseimbangan hormon seks. Kebutuhannya mencapai 1,6 mg/hari dan bisa diperoleh dari ikan, kentang dan buah berwarna ungu.

10. Hati Sapi. Berbeda dengan sakit hati, hati sapi mengandung vitamin A terbanyak dari yang lain.

Hati sapi segar

Hati sapi segar via http://www.wonosobopos.co.id

Merupakan Sumber vitamin A terbanyak dibandingkan sumber lainnya. Vitamin A berpengaruh untuk produksi sperma bagi pria dan membantu menjaga kesuburan wanita dan mendukung produksi sekret pada saluran reproduksi. Kebutuhannya adalah 5000 IU/hari. Selain hati sapi bisa juga diperoleh dari wortel yang dimasak, kentang, hati ayam dan sebagainya.

Itulah ulasan mengenai Sepuluh Makanan Bermanfaat Untuk Kesuburan Pria Dan Wanita. Semoga bisa bermanfaat dan diberi kemudahan untuk diberikan momongan, Amin.