Tak banyak yang tahu tentang provinsi Jambi, salah satu provinsi yang ada di Sumatera ini sebenarnya adalah provinsi yang  yang cukup luas dan memiliki banyak potensi, banyak diantara kita yang tak mngenali, banyak yang mengidentikkan jambi hanya dengan gunung kerinci nya yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3805 mdpl (bahkan masih ada yang mengira bahwa gunung ini di Sumatera barat) atau hanya sebagai provinsi yang memiliki sungai terpanjang disumetera yaitu sungai batanghari, Jadi disini penulis ingin membahas sisi lain wisata di Provinsi Jambi yang tak banyak orang lain tahu bahkan warga jambi sendiri, dan harus segera menyadari tempat-tempat indah itu tak hanya berkisah tentang Pulau Jawa dan Indonesia bagian timur saja, disini pun ada potongan surga yang tersembunyi. inilah wisata-wisata dijambi yang jarang diketahui orang  :

 

1. Geopark merangin

Salah satu bagian kecil dari geopark merangin

Salah satu bagian kecil dari geopark merangin via http://apps.angkasapura2.co.id

Geopark adalah taman bumi alami yang bisa kita katakan sebagai museum geologi alam, berbeda dengan museum yang identik dengan gedung, disini kamu akan menemukan berbagai jenis batuan dan berbagai gejala geologi secara langsung dialam dan menyatu bersamanya. Tempat ini bahkan tidak hanya sebagai tempat wisata alam yang memanjakan mata tapi juga menjadi surga bagi para peneliti ataupun geolog, jadi tidak heran ketika kamu berada disini akan bertemu berbagai peneliti baik dari indonesia maupun luar negeri.

geopark yang memiliki luas 20.360 kilometer persegi ini bisa kita tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota bangko atau 9 jam dari kota jambi, geopark merangin merupakan salah satu taman bumi terlengkap di Indonesia bahkan disejajarkan dengan geopark besar dunia yang ada di china dan Amerika dan akan segera menjadi salah satu Jaringan Geopark Global UNESCO, di sini pun bisa kita temukan berbagai fosil langka dari fosil hewan laut, batuan vulkanis,sedimen, metamorf dan bahkan fosil endemik pohon purba (Araucarixylon) yang dieprirakan berusia 300 juta tahun. tapi sayang dengan adanya trend batu akik beberapa waktu terakhir ini sedikit mengganggu ekosistem disini.

2. Arung Jeram Geopark

Arung Jeram Geopark

Arung Jeram Geopark via http://Flickr.com

Nah sebenarnya ketika kita mengunjungi geopark merangin saying rasanya kalau tidak mencoba arung jeramnya, Wisata Arung Jeram di kawasan Geopark Merangin memacu adrenalin dan menawarkan sensasi yang sulit dilupakan karna sepanjang jalur akan disuguhi pemandangan alami dan beberapa air terjun dikanan kiri sungai, selain jalur yang cukup panjang sekitar 15 km kamu akan melewati jeram yang ekstrim dan hal ini membuktikan bahwa arung jeram ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan tempat ini pun sudah beberapa kali di adakan lomba arung jeram nasional

3. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh via http://assets.kompasiana.com

Danau Gunung tujuh terletak disekitar kayu aro kabupaten kerinci , danau ini merupakan danau kaldera/kawah tertinggi di asia tenggara (2100 mdpl) sesuai dengan namanya dunau ini terbentuk Karena proses vulkanis dan dikelilingi 7 gunung yang sudah tak lagi aktif, danau ini dapat ditempuh dengan melakukan pendakian kurang lebih 2 jam dari desa terdekat. Untuk keindahannya danau ini tak kalah dari danau ranukumbolo di semeru ataupun danau batur di bali karena akan menwarkan sensasi yang berbeda dengan menawarkan ke eksotisan hutan tropis disekitarnya, mengarungi danau dengan sampan, camping gembira bersama teman atau keluarga dan yang pasti sunset di sore hari, untuk luasnya pun mencapai 9,6 km² bisa kamu bayangkan berapa kali lipat dari luas ranukumbolo yang sekitar 15 hektar. Untuk masuk ke desa di awal pendakian pun kamu akan disuguhi perkebunan the yang indah dan luasnya persawahan.

4. Gunung Masurai

danau kumbang yang berada di Gunung Masurai

danau kumbang yang berada di Gunung Masurai via http://s1286.photobucket.com

Gunung Masurai (2935 Mdpl) terletak di kabupaten merangin, sesuai filosofi namanya yang berasal dari “emas yang terurai” disini akan kamu temukan keindahan yang berbeda, sekain memiliki jalur yang alami dan akan kamu temui jenis tanaman endemic sperti kantung semar, di gunung masurai terdapat 3 danau yang sangat menggoda, salah satunya adalah danau kumbang yang bisa dijadikan spot camping paling menyenangkan, bahkan sesekali kamu bisa menemukan hewan liar minum didanau yang sangat alami ini

5. Candi muaro Jambi

salah satu bangunan candi di komplek Candi muaro Jambi

salah satu bangunan candi di komplek Candi muaro Jambi via http://4.bp.blogspot.com

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaansriwijaya dan melayu. Kompleks percandian ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, sekitar 26 kilometer arah timur kota jambi. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar (26 km x 7 km) dan yang paling terawat di pulau Sumatera.

6. Menara Gentala Arasy dan jembatan padestrian

Menara Gentala Arasy dan jembatan padestrian

Menara Gentala Arasy dan jembatan padestrian via http://d27bf9iy63vb4h.cloudfront.net

Jembatan Pedestrian merupakan jembatan untuk pejalan kaki. Bentuknya yang menyerupai huruf "S" ini terbentang berkelok-kelok di atas sungai Batanghari yang kira-kira panjang jembatannya sekitar 530 meter. Jembatan ini dibuat bukan untuk kendaraan, tapi hanya khusus untuk pejalan kaki. Sangat cocok untuk yang mau jogging. 

Menara Gentala Arasy merupakan sebuah museum dimana secara umum merupakan museum yang menceritakan tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di kota Jambi. Bentuk menara ini pun sangat unik dan sangat "islami'. Bahkan awalnya saya mengira kalau itu adalah bangunan masjid.

7. Air terjun Sigerincing di Merangin

Air terjun Sigerincing di Merangin

Air terjun Sigerincing di Merangin via http://harianjambi.com

Air terjun yang memiliki ketinggian lebih kurang 30 hingga 40 meter ini berada di Desa Tuo kecamatan lembah Masurai kabupaten Mrangin Jambi tersebut dengan menempuh dua jam perjalanan dari kota bangko untuk mengunjungi lokasi yang memilki pemandangan eksotik tersebut.

Dinginnya air yang mengalir dari sela-sela beratuan tersebut dan sejuknya udara di sekitar lokasi membuat para pengujung menjadi  betah memanjakan  diri berada  di lokasi wisata alam. Kamu pun dapat menikmati suasana pedesaan yang sangat kental dan kebun-kebun serta pertanian masyarakat setempat,dan yang pasti keramahan penduduknya.

8. Danau Kaco

Danau Kaco merupakan danau yang terlentak di Kabupaten Kerinci.Tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung RAYA. Danau ini berada di kawasanTaman Nanional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO. memiliki luas sekitar 90 meter persegi dan memiliki kedalaman yang belum diketahui. Danau kaco dapat memancarkan cahaya terang di malam hari pancaran cahaya itu semakin terang pada saat malam bulan purnama atau malam tanggal 15 penanggalan Hijriah

9. Hutan Mangrove di tanjung jabung

Hutan Mangrove di tanjung jabung

Hutan Mangrove di tanjung jabung via http://www.kabar-jambi.com

Walaupun jambi identik dengan dataran yang luas tetapi dijambi juga memiliki garis pantai sekitar 228,13 km yang merupakan pantai timur dari sumatera, tidak ada salahnya mencoba hal berbeda dengan menyusuri wilayah konservasi mangrove di kabupaten tanjung jabung barat dan tanjung jabung timur di daerah ini pun kamu akan bisa mencoba berbagai kuliner laut yang beraneka ragam.

10. Wisata Asap

Wisata Asap

Wisata Asap via http://www.bijaks.net

Yah kalau ini wisata yang cukup unik, mungkin di antara kita tahu ada musim tahunan yang tidak kami harapkan atau bahkan kami anggap sebagi musibah dan ujian disumatera yaitu musim asap yang disebabkan pembakaran hutan secara besar-besaran , dan tidak dapat kita temukan di jawa atau daerah lainnya.

semoga kedepannya tidak akan kita temukan musim ini lagi (asap) karena menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat dan daerah kami “colek pak presiden”

 

Itulah bebarapa wisata dijambi yang tak banyak orang tau tapi memiliki sisi menarik yang sangat patut dicoba semoga dengan tulisan ini kita lebih mengerti wilayah kita, wilayah Indonesia dengan kekayaan alamnya dan memacu kita untuk segera menyusun ransel dan beranjak menikmati indahnya ciptaan tuhan,

selamat datang di jambi