Berbagai macam ragam tujuan orang mendaki gunung, ada yang ini dan itu. Pokoknya banyak dah. Ya contohnya aja sih untuk sekedar liburan diakhir pekan atau sekolah atau liburan kuliah, ada juga yang cuma untuk Olahraga, bahkan juga ada yang pengen keliatan Eksis di semua media sosialnya. Tak terlepas dari apapun tujuan kamu mendaki gunung, tak dipungkiri bahwa mendaki gunung adalah salah satu Kegiatan traveling yang berbahaya dengan segung resiko yang mengancam kita, Betul bukan?

Ketika kita mau mendaki gunung, apapun gunungnya asal jangan 'Gunung Kembar' aja haha lebih berbahaya dan lebih super ngeri dari semua gunung didunia ini! Oke lanjut, Seketika kita mau mendaki gunung maka persiapkan semuanya secara "masak-masak" agar semua lancar dan selamat sampai tujuan dan pulang kembali kerumah. bukan? Berikut 10 Persiapan mendaki gunung yang harus bin wajib binti kudu kamu lakukan.

 

1. Kantongi Doa Restu dari Orang Tua, restunya melebihi restu dari pacar, mantan dan camer #ehh

Mohon Doa kepada Orang Tua

Mohon Doa kepada Orang Tua via http://nomenmihiestnabila.blogspot.com

Sebelum kamu minta restu sama orangtua untuk mendaki gunung, berdoa dulu dengan khusuk lalu minta restu dari Sang Pemilik jagat raya, Tuhan. Gimana orang tua mau ngizinin kalo kamu aja belum minta izin sama Tuhan? setelah itu, lanjut minta doa restu dari orang tua kalo kamu mau mendaki gunung bersama teman-teman tercinta.

Ceritakan deh Planning kamu dengan yakin dan Gagah Perkasa sama orang tua.  Kasih tau juga apa tujuan kamu ya contoh kecil aja kalo tujuan kamu naik gunung untuk menemukan Jati diri kamu yang sebenarnya. Kenalin dan yakinin bahwa kamu akan baik-baik aja selama naik gunung. kalimat yakinin nya gini nih "Mak atau Bu atau Bhunda, naik Gunung itu Nggak sebegitu mengerikannya seperti yang emak pikirin. Nih, aku bawa semua alat keamanan naik gunung dan kalo emak takut aku kedinginan, tenang ya mak aku pasti bawa jaket tebel yang bisa bikin aku anget."

2. Stalking Informasi. Kumpulin Informasi sebanyak-banyaknya, Nggak mungkin kan mau Naik Gunung tapi nggak tau info apa-apa?

Mencari Informasi Pendakian

Mencari Informasi Pendakian via http://gunung-indonesia.com

Hal ini perlu kamu lakuin sebelum kamu mendaki gunung. Artinya begini, Kamu perlu Stalking Informasi dimana lokasi yang dituju, titik kumpulnya dimana, jam berapa untuk mulai mendaki, mau lakukan kegiatan apa aja disana, seperti apa trek pendakian yang akan kamu lalui dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Jika kamu udah dapetin semua informasi tersebut, pasti deh nantinya kamu akan lancar dan nggak kesulitan untuk mendaki gunung. Kamu bisa cari semua informasi itu dari Temen yang udah pengalaman naik gunung, bisa juga cari dari  google dan juga lewat komunitas pecinta alam juga bisa.

3. Lengkapi Perlengkapanmu sebelum Mendaki, Nggak banget deh kalo barang penting sekecil dompet aja sampe kelupaan dibawa.

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Pemula

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Pemula via https://maioloo.com

Nah yang ini nggak kalah penting dari stalking informasi. Caranya gampang, bikin aja list perlengkapan yang mau kamu bawa di gadget kamu atau seuntai kertas. yang pasti perlengkapan yang harus kamu bawa tuh yang penting daripada yang lain. Misalnya aja, Sepatu Gunung, Sendal Gunung, Tenda, Dompet beserta identitas diri, jaket, sleeping bag, kompor kecil buat masak puncak gunung, dan juga pakaian ganti pastinya. eh satu lagi, Plastik gede wajib kamu bawa. Gunanya apa? ikutin aja terus artikel ini, nanti juga kamu pasti kamu tau apa kegunaannya.

4. Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuhmu, masa iya kamu udah bikin Planning Naik Gunung tanggal segini ehh H-2 malah sakit.

Berolahraga dengan Jogging

Berolahraga dengan Jogging via http://www.habismanis.com

Satu hal yang wajib kamu perhatikan sebelum kamu mau naik gunung adalah Jaga Kesehatan dengan Berolahraga secara tetatur. hal ini kan menyangkut akan fisik kamu sendiri bukan? agar kita terbiasa mendaki gunung dengan sehat dan bugar, Olahraga secara teratur dan tetap lakukan pola hidup sehat agar nantinya pas udah mau mulai pendakian, tubuh kamu lebih Feet da sehat tentunya. Cukup dengan Jogging, Push Up, Sit Up, Back Up aja bisa bikin badan kamu terasa lebih segar.

5. Atur Manajemen Logistik dengan Bijak. Makanan dan Minuman wajib kamu bawa, dikira Naik Gunung tuh enggak capek.

Logistik Makanan dan Minuman

Logistik Makanan dan Minuman via https://www.maioloo.com

Nah, kalo semua Perlengkapan dan peralatan udah siap, sekarang kamu tinggal nyiapin makanan dan minuman yang secukupnya. Soalnya yang namanya Naik Gunung itu butuh tenaga yang cukup bahkan lebih. usahain deh bawa makanan dan minuman yang ada manis-manis nya gitu kaya Kamu, iya kamu. Biar mudah untuk diseram oleh tubuh kamu, bawa aja nasi bungkus, permen, madu 'kalo ada', Coklat, dan pastinya Air Mineral yang 1 atau 2 liter.

Selain dari Logistik makan dan minuman, kamu juga harus bawa pakaian yang bakal kamu pake nantinya sebelum pendakian dimulai. bagusnya kenakan pakaian dan celana yang Nggak menyerap keringat, gunakan jaket yang rada tipis dan jangan pernah pake pakaian yang berbahan Jeans atau tebal karena bakal bikin kamu susah gerak dan berat saat basah kuyup kena keringat.

6. Cari dan Dapatkan Surat Izin Pendakian. Masa iya udah sampe dititik kumpul, ehh kamu belum dapet Surat Izin Pendakian 'SIMAKSI'

Surat Izin Pendakian

Surat Izin Pendakian via http://takaitu.com

Hmm yang ini juga nggak kalah penting dari yang lainnya, masa iya udah mau mulai pendakian eh kamu belum punya surat izin ini. Surat izin Pendakian ini lebih dikenal dengan sebutan SIMAKSI dari tujuan si pendaki. hal ini tujuannya agar identitas kamu, kegiatan sebelum-sesudah pendakian gunung tercatat dengan baik. sehingga jika terjadi sesuatu hal yang enggak diinginkan, Pihak pengurus dan berwenang lainnya serta warga setempat cepat tanggap untuk membantu.

Simaksi ini juga sangat berguna untuk kamu membuat perjanjian tidak merusak alam dan buang sampah semabarangan, emang mau disentil sama penunggu gunung itu? Sebelum kamu mendapat Simaksi ini, kamu akan di briefing dulu oleh pengurus. sehingga kedepannya kamu jadi lebih siap.

7. Niat dan Berdoa sebelum Lakukan Pendakian. Minta kepada Tuhan agar kamu dan teman-teman terjaga dari Musibah yang menghadang.

Niat dan Berdoa kepada Tuhan

Niat dan Berdoa kepada Tuhan via http://ublik.id

Yang satu ini lebih sangat penting untuk kamu lakukan dari semuanya, karena semua yang ada di Alam adalah kekuasaan Tuhan bukan? Untuk kamu meminta Perlindungan, Keselamatan dan juga dihindarkan dari hal-hal yang nggak diinginkan telah menghadang tentu nya berdoa kepada Tuhan agar semua berjalan sesuai rencana serta tetap jaga diri kamu agar tidak terkena Hipotermia saat mendaki maupun puncak dengan menggunakan Jaket, Sarung Tangan dan lainnya yang tebal dan membuat seluruh tubuh menjadi lebih hangat dan terjaga dari ancaman Hipotermia.

Selain hal diatas juga bakal kamu jadi lebih Tentram didalam hati yang bisa membuat hati dan pikiran kamu jadi lebih Tenang, Nyaman. Sehingga kamu bisa lebih berpikir Logis, Rasional dan Jernin serta Dingin akan kekuasan Tuhan dan Alam yang Indah ini.

8. Taati dan Ikuti semua Prosedur Safety First yang Berlaku, seperti kamu mematuhi larangan Orang Tua biar Selamat sampe Tujuan dan Pulang.

Hal ini juga penting untuk kamu lakukan saat mendaki gunung dengan sejuta keindahan, namun dibalik keindahan tersebut tersimpan banyak hal diluar akal sehat manusia yang memperhatikanmu. Ada baiknya kamu taati Prosedur Safety First yang berlaku dan disarankan oleh para Pendaki Profesional. Terlebihnya lagi jika kamu mendaki gunung dengan rombongan yang cukup banyak. Secara Nggak langsung, kamu bakal memperhatikan rombongan tersebut bukan?

Akan lebih baik jika sudah lelah jangan segan atau malu untuk bilang kepada rombongan kalau kamu sudah lelah ataupun jika ada masalah lainnya. Jangan diam saja saat kamu mengalami kendala, sehingga kedepannya kamu tidak merepotkan rombongan.

9. Jangan Lupa membawa Sampahmu turun dari Puncak Gunung. Tolong, jangan Rusak Alam oleh sampahmu yang malas kamu bawa turun.

Membawa Sampah Non Organik

Membawa Sampah Non Organik via https://imajiliaranakmuda.blogspot.co.id

Pada saat kamu lagi istirahat untuk makan dan minum, Tolong kumpulin semua sampahmu untuk kamu bawa saat turun gunung, Sampah yang wajib kamu bawa turun adalah Sampah Non Organik aja ya, Contohnya Kertas Nasi Bungkus, Botol Air Mineral, dan lainnya yang pasti kamu udah tau.

Yang perlu kamu tau, saat ini sudah banyak para pendaki yang tega dengan alam dengan membuang dan meninggalkan sampah sembarangan, akibat dari hal itu Rusaknya Ekosistem Alam dan Buruknya Pemandangan. Jika kamu mampu dan mau berbuat kebaikan, jangan hanya sampahmu saja yang dibawa melainkan juga sampah pendaki lain yang kamu temui berceceran di jalur pendakian. Niscaya bukan cuma tanggapan positif dari pendaki lain yang akan kamu dapat, Nilai Pahala juga akan kamu peroleh dari Tuhan atas kebaikan yang kamu lakukan.

10. Kamu harus Tetap Hidup. seperti janji kamu kepada Orang Tua, bahwa kamu akan Selamat sampe tujuan dan Kembali pulang Kerumah.

Tetap Hidup dan Sehat

Tetap Hidup dan Sehat via http://harian.analisadaily.com

Tujuan kamu Mendaki Gunung adalah Puncaknya. Namun yang perlu kamu tau bahwa Tujuan utama adalah Pulang kerumah dengan Selamat. Bukan hanya untuk Pemula saja, bahkan untuk para Pendaki yang udah Berpengalaman pun mempunyai keinginan untuk tetap hidup sebelum dan sesudah mendaki hingga selamat sampai dirumah. Yang harus kamu ingat, Puncak Gunung adalah Bonus dan Pulang Kerumah adalah Tujuan Utama dari Segalanya.

Jangan sampe pada saat Pendakian maupun Turun kamu mengalami masalah yang mengakibatkan Kematian. Mengingat Mendaki Gunung adalah sebuah Kegiatan Pecinta Alam yang membahayakan dan juga termasuk Olahraga Ekstrim.

itulah Ulasan 10 Persiapan yang sangat Penting kamu lakukan sebelum Mendaki Gunung agar nggak ada hal-hal yang terjadi kepada kita semua para pendaki dalam Menikmati Pesona Alam yang Indah Ciptaan Sang Maha Kuasa Pemilik Jagat Raya, Tuhan. dan Jadilah Seorang Pendaki yang Menjaga Alam milik Sang Pencipta Allah Swt.