Kebahagiaan bukanlah milik orang yang mempunyai banyak uang, tapi kebahagiaan adalah milik mereka yang memiliki banyak kasih sayang dari orang-orang di sekelilingnya.
Tapi, apakah kasih sayang bisa dibeli dengan uang?
Tidak, uang bisa saja menyogok orang lain untuk menemanimu, tapi uang tidak bisa membeli rasa kasih sayang orang itu.
lantas apa yang akan membuatmu disukai banyak orang?
Sikap, sikaplah yang akan menentukan, apakah kamu akan membuat orang lain nyaman saat berada di sampingmu atau sebaliknya, orang-orang akan terganggu dengan sikapmu.
Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa sikap yang akan membuatmu disayangi oleh banyak orang, yang akan disebutkan di bawah ini.

 

1. Kamu harus banyak mendengar daripada berbicara

lebih banyak mendengar dari pada berbicara

lebih banyak mendengar dari pada berbicara via http://mudamudik.blogspot.co.id

Belajarlah menjadi pendengar yang handal, karena dengan hal itu, orang-orang akan senang berbicara dan berbincang denganmu sehingga dengan berjalannya waktu orang-orang akan menyayangimu.
berbeda dengan orang yang banyak berbicara, pasti kamu akan merasa bosan saat berbincang dengannya.

2. Janganlah sering mengomentari hidup orang lain.

membicarakan orang lain

membicarakan orang lain via http://mudamudik.blogspot.co.id

Ada sebagian orang yang hanya sibuk membicarakan orang lain, mengomentari kehidupan orang lain sehingga mereka lupa bahwa dari diri merekapun masih banyak yang harus dikomentari dan diperbaiki.
Oleh sebab itu, janganlah kamu bergabung dengan mereka, para komentator kehidupan orang lain.

3. Janganlah membicarakan orang lain dari belakang.

membicarakan orang dari belakang

membicarakan orang dari belakang via http://mudamudik.blogspot.co.id

Saat kamu melihat seseorang yang suka banget membicarakan orang dari belakang maka bisa kamu pastikan bahwa orang itu mempunyai hati yang sempit, hati yang tidak bisa berbuat sebagaimana mestinya.
Maka dari itu hindarilah membicarakan orang lain di belakangnya, jikalau ada masalah sekalipun, selesaikanlah masalah itu secara ksatria, bicarakanlah percis di hadapan orang yang bersangkutan.

4. Mintalah kepada teman baikmu supaya dia mau mengingatkanmu saat melakukan kesalahan.

selalu ingatkan saya

selalu ingatkan saya via http://mudamudik.blogspot.co.id

Setiap manusia memang ditakdirkan untuk berbuat kesalahan tapi tidak ada satu manusiapun yang ditakdirkan untuk berbuat salah terus-terusan karena dengan kesalahan pertama setiap manusia dituntut untuk belajar darinya. Jika kamu tidak bisa memenuhi tuntutan tersebut maka akan menjadi lebih baik jika kamu meminta teman dekatmu untuk mengingatkanmu atas kesalahan-kesalahan yang telah kamu perbuat dan supaya kamu tidak mengulanginya lagi.

5. Contohlah orang baik di sekelilingmu.

kebaikan yang harus ditiru

kebaikan yang harus ditiru via https://malesbanget.com

Carilah orang yang terbaik, entah itu akhlaknya, sikapnya, sifatnya atau wataknya, supaya kamu bisa menirunya. Jikalau kamu tidak sama percis dengannya maka setidaknya kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum kamu menirunya.

6. Bahagiakanlah dirimu sendiri

Menurut penelitian mengatakan bahwa orang yang selalu tersenyum lebih mudah menemukan teman dari pada orang yang selalu bermuram durja. Orang-orang yang tersenyum akan mengirimkan aura positif kepada orang-orang di sekitarnya. Tapi senyuman seperti apa yang akan mengirimkan energi positif?
Tentunya adalah senyuman yang datang dari hati, senyuman yang tulus, senyuman yang menggambarkan kebahagiaan dari pemilik senyuman itu.

7. Janganlah menjadi pribadi yang bertingkah sombong.

jangan sombong

jangan sombong via https://wwwmalesbanget.com

Sombong, dari membaca tulisannya saja sudah tidak enak apalagi harus melihat orangnya. Begitulah orang sombong tidak akan ada orang yang sudi mendekatinya. Maka janganlah kamu menjadi pribadi yang selalu dan melulu membanggakan diri sendiri atau membanggakan harta benda yang kamu miliki. Lagi pula hanya Tuhan yang patut bersombong, atau jangan-jangan kamu mau menjadi tuhan dengan kesombongan itu? lebih baik jangan.

8. Jangan sungkan meminta maaf dan jangan ragu untuk memaafkan.

Maaf adalah pereda peperangan, maaf adalah penghindar keributan, maaf adalah kalimat damai. Dengan minta maaf kamu akan terbebas dari kebencian orang lain, dengan memaafkan kamu akan terbebas dari rasa benci yang sudah menyiksa banyak orang sebelum kamu..

9. Janganlah berprasangka buruk.

stop berprasanka buruk pada orang lain

stop berprasanka buruk pada orang lain via http://mudamudik.blogspot.co.id

Menurutku prasangka buruk adalah hasil dari pemikiran yang terlalu takut dan pemikiran yang terletak pada manusia setengah jadi. Dia menuduh orang lain karena dia takut kalau dia yang dituduh. Dia menuduh orang lain melakukan keburukan karena mereka tidak pernah memikirkan tentang kebaikan orang lain. Sungguh jauh dari kebaikan apalagi kasih sayang.

10. Percaya dirilah dalam keadaan apapun.

percaya dirilah!.

percaya dirilah!. via http://mudamudik.blogspot.co.id

Saat kamu kehilangan kepercayaan diri, kamu merasa tidak mampu melakukan hal yang harus kamu lakukan.
Kalau kamu aja gak percaya pada dirimu sendiri, bagaimana orang lain akan percaya padamu?

Itulah 10 sikap yang akan membuatmu disukai banyak orang, semoga setelah membaca tulisan sederhana ini, kamu jadi sosok yang disayangi oleh banyak orang ya.