Bisnis online sudah marak dilakukan diera industri kreatif ini baik dilakukan secara serius maupun sampingan. Bagi Ibu rumah tangga khususnya, bisnis online dapat menjadi pilihan yang menjanjikan karena tidak terikat waktu seperti karyawan dan bisa dikerjakan dengan tanpa keluar rumah. Agar usaha lancar dan keluarga tetap terurus, berikut 10 tips yang harus dipraktekkan para ibu rumah tangga serta bagi pemula dalam berbisnis online :

 

1. Prioritaskan keperluan anak dan suami

Keluarga, anak dan suami sudah barang tentu menjadi tanggung jawab utama. Prioritaskan keperluan dan kebutuhan mereka. Kenali rutinitas harian anak dan suami, kapan mereka membutuhkan anda dan kapan waktu mereka lepas dari anda (misal kekantor, sekolah, atau waktu tidur bagi balita). Hal ini memudahkan bunda untuk mengatur jam kerja.

2. Mandatkan beberapa urusan teknis rutin rumah tangga

Anak Mencuci Piring

Anak Mencuci Piring via http://garut.co

Jika kondisi memungkinkan, mandatkan beberapa urusan teknis rutin rumah tangga seperti membersihkan rumah, mencuci piring dan baju atau bahkan memasak. Khusus memasak, usahakan jangan dimandatkan secara penuh ya, tetapi sekedar alternatif saja jika bunda tak sempat. Bisa melalui asisten rumah tangga atau jasa profesional misalnya laundry, cleaning service, dan rumah makan. Perlu diingat, segala sesuatu yang berkaitan dengan keperluan personal anak dan suami tetap bunda yang mengerjakan.

3. Kurangi kebiasaan stalking.

Stalking atau mengintip medsos orang lain tentunya sangat menyita waktu. Disamping itu, kebiasaan mengikuti seluruh postingan yang muncul juga menghabiskan banyak waktu dan kurang efisien. Sapa beberapa teman medsos secukupnya hanya untuk membangun interaksi.

4. Gunakan postingan terjadwal

To Do List

To Do List via http://www.123RF.com

Membuat postingan dan beriklan menjadi rutinitas wajib bagi pebisnis online via medsos. Yang sering terjadi adalah bunda banyak menghabiskan waktu memikirkan apa yang akan diposting. Karena itu, buat daftar postingan terlebih dahulu menggunakan aplikasi note. Bunda tinggal meng-copypaste-kan saja pada saat akan posting. Cara lainnya yang lebih praktis adalah dengan memanfaatkan fitur postingan terjadwal misal pada fanpage.

 

5. Tetapkan jam membalas chat konsumen

Chat Konsumen

Chat Konsumen via http://tipsjualonline.com

Sama halnya dengan toko yang menetapkan jam buka pelayanan, toko online juga bisa menerapkan sistem yang serupa. Buat jadwal khusus untuk membalas semua chat konsumen dan jangan lupa pastikan semua calon konsumen tahu jadwal tesebut. Jam tersebut menjadi jam buka toko online anda.

6. Tetapkan jam khusus rekap order dan packing

Lakukan pada malam hari. 1-2 jam cukup untuk rekap seluruh transaksi yang sudah tercatat hari ini serta packing. Ambil kesempatan pada saat anak sudah terlelap. Dengan demikian dapat menghindari kesalahan pengiriman maupun order yang luput tidak terkirim.

7. Mandatkan urusan pengiriman

Manfaatkan layanan jemput paket oleh perusahaan jasa ekspedisi. Tanyakan pada ekspedisi terdekat untuk mengetahui persyaratan layanan tersebut. Jika bisnis online kita belum besar, bunda dapat meminta bantuan orang lain, misal suami, untuk mengirimkan paket-paket orderan yang sudah siap kirim.

8. Rutin luangkan waktu untuk upgrade ilmu

Upgrade Ilmu

Upgrade Ilmu via https://id.aliexpress.com

Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu. Apapun bisnisnya, lebih terarah jika dilakukan dengan mengetahui ilmunya. Oleh karena itu, meng-upgade ilmu menjadi hal wajib bagi siapapun. Bisa dengan baca buku, bergabung dengan komunitas, atau mengikuti kelas-kelas bisnis, seminar, dan workshop.

9. Fleksibel

Menjadwalkan dan mengorganisir segala sesuatu memang sangat penting bagi kemudahan dan kelancaran bisnis online. Tetapi, fleksibel pada diri sendiri juga tidak kalah penting terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Hal ini kaitannya dengan menyelaraskan urusan keluarga dan urusan bisnis karena kepentingan keluarga yang tak terduga itu selalu ada. Ingat, biasanya niat awal ibu rumah tangga terjun di dunia bisnis online adalah agar lebih leluasa mengurus keluarga. Jangan sampai karena kesibukan bisnis malah menelantarkan keluarga.

10. Weekend untuk familytime dan me-time.

Familiytime

Familiytime via http://www.123RF.com

Luangkan waktu tiap akhir pekan khusus untuk keluarga. Informasikan kepada konsumen jika akhir pekan semua chat dan orderan lambat direspon.