Menonton secara langsung konser band favorit merupakan impian besar bagi banyak pecinta musik, terutama band-band internasional papan atas yang seringkali mengadakan tur dunia ke berbagai negara. Sebut saja Coldplay yang kebetulan pada bulan April ini keliling negara-negara Asia untuk menggelar tur dunianya. Sayangnya, Indonesia bukan salah satu negara yang dihinggapi oleh band legendaris yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun tersebut.

Euforia menonton konser di luar negeri mendadak heboh karena orang-orang Indonesia berlarian ke Singapore, Thailand, Korea Selatan, dan negara lainnya demi melihat langsung band impian mereka. Termasuk saya pribadi yang rela menabung untuk menonton konser Coldplay di Bangkok, Thailand pada 7 April lalu. Hal menarik yang saya temui adalah nampaknya orang-orang yang rela terbang jauh demi menonton konser adalah para first jobber dan pegawai dari kaum millennial.

Tentunya sebagai seorang karyawan entry-level, kita memiliki waktu dan budget yang terbatas untuk menonton konser impian apalagi jika konser tersebut diadakan di luar Indonesia. Dengan inilah, saya ingin berbagi tips bagi para pekerja millennial seperti kita untuk bisa menikmati konser di luar negeri dengan nyaman.

 

1. Beli tiket dan cari teman untuk nonton bareng

Persiapan paling awal dan krusial saat berniat menonton konser adalah membeli tiket konsernya terlebih dahulu. Di antara kalian pasti pernah mengalami hunger games saat membeli tiket Coldplay di Singapore dan Bangkok pada bulan Desember 2016 lalu. Saya pribadi berpikiran “Beli dulu tiketnya! Ke depannya bisa dipikirin nanti”. Selain itu, usahakan kita memiliki teman untuk menonton konser bareng agar perjalananmu semakin seru dan bisa berbagi ongkos tempat menginap.

2. Rancang itinerary perjalanan

Rencana Perjalanan

Rencana Perjalanan via https://www.pexels.com

Setelah mendapatkan tiket konser, hal lain yang harus diperhatikan adalah membeli tiket pesawat jauh-jauh hari. Karena semakin mendekati hari-H maka harga tiket pesawat akan semakin melunjak. Tentukan tanggal pulang-pergi sebelum membeli tiket pesawat dan pikirkan berapa hari kita akan mengajukan cuti dari kantor. Saat membeli tiket PP, tentukan juga niat kita di negara tersebut akan melakukan apa saja selain konser, apakah setelah konser kita langsung balik ke Indonesia atau ingin jalan-jalan dulu.


3. Ajukan cuti lebih awal

Setelah merancang itinerary perjalanan dan membeli tiket pesawat, mengajukan cuti adalah tahap selanjutnya yang perlu dilakukan. Sebagai karyawan, apalagi karyawan baru pasti sedikit mengalami rasa sungkan atau tidak enak hati ketika akan mengajukan cuti. Tapi jangan terlalu dipikir pusing, kita bisa mengajukan cuti dari jauh-jauh hari dengan cara yang sopan kepada atasanmu. Berilah alasan cuti dengan sejujurnya dan mengapa kita sangat membutuhkan cuti tersebut. Usahakan kita tidak mengajukan cuti lebih dari dua hari agar tidak mengganggu pekerjaanmu. Tanggung jawab tugas kantor adalah yang utama.

4. Survei tentang negara tujuan

Sebelum menginjakkan kaki di negara orang, tentu kita harus melakukan survei yang mendalam tentang negara tersebut. Hal-hal penting yang harus kita riset adalah akomodasi seperti penginapan dan akses transportasi, peta, serta nilai tukar mata uang negara tersebut, Melalui survei yang tepat, kita dapat sekaligus merancang budget yang kita butuhkan saat di sana. Selain itu, persiapkan visa perjalanan jauh-jauh sehari jika kita hendak bepergian ke negara lain di luar Asia Tenggara.

5. Berhemat sebelum berangkat

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pegawai millennial sebelum bepergian adalah menghemat. Sering kali kita laper mata ketika melihat benda-benda lucu. Sementara, tahan dulu kebiasaan belanjamu. Bagi kita yang belum memiliki perlengkapan travelingjangan habiskan uangmu untuk membeli peralatan baru. Perlengkapan seperti backpack atau koper bisa kita pinjam ke orang lain untuk menghemat biaya. Jika kita akan bepergian ke negara empat musim dan kebetulan suhu di sana sedang dingin, kita juga bisa menyewa coat atau jaket daripada harus membelinya dengan harga yang cukup mahal.

6. Selesaikan semua tugas kantor sebelum berangkat

Kerjaan Kantor

Kerjaan Kantor via https://www.pexels.com

Beberapa hari sebelum berangkat, pastikan kita telah menyelesaikan semua tugas kantormu agar tidak menjadi beban saat bepergian. Atasan senang, kita pun tidak dikejar deadline.

7. Estimasi perjalanan menuju lokasi acara

Lama perjalanan

Lama perjalanan via https://www.pexels.com

Saat hari konser tiba, pastikan kita mengestimasi perjalanan dari bandara/ hotel menuju venue dan usahakan untuk tidak tersasar pada hari-HJika kita membeli tiket berdiri dan ingin berdiri sedekat mungkin dengan panggung, sebaiknya datang lebih awal sebelum gerbang dibuka agar kita mendapat antrian awal saat memasuki lokasiPengalaman saya saat menonton konser Coldplay di Bangkok, saya baru mendarat di bandara Don Mueang pukul 3 sore padahal saya memiliki tiket berdiriAlhasil, saya terlambat memasuki lokasi dan tidak mendapatkan tempat strategis saat menonton.

8. Nikmati konser dengan tertib

Nonton Konser

Nonton Konser via https://www.pexels.com

Hal utama saat menonton mega konser dari band internasional adalah nikmatilah dengan tertib! Usahakan tetap menjaga prilaku, terutama ketika kita sedang di negeri orang. Ketika mereka sedang memutar lagu kebangsaan negaranya, usahakan untuk menghormatinya. Jangan berperilaku rusuh seperti tertawa keras-keras, berisik, bergoyang berlebihan dan perilaku mengganggu lainnya. Terutama bagi kalian yang membeli tiket berdirialangkah baiknya jika sama-sama menghormati kenyamanan orang lain dengan tidak mendorong-dorong, sikut-sikutan dan sengaja menghalangi pandangan orang lain.

9. Bawa laptop untuk berjaga-jaga

Dikejar-kejar tugas oleh atasan tentu sangat tidak nyaman, apalagi ketika kita sedang asik menikmati atraksi turis di negara lain. Alangkah baiknya jika kita membawa laptopmu ke manapun kita pergi untuk berjaga-jaga ada tugas lain dari atasanmu. Dapat mengerjakan tugas dengan tepat kapan pun dan di mana pun tentu memberikan nilai positif di mata atasan. Kita pun bisa mengerjakan tugasmu tanpa mengganggu liburan.

10. Beli oleh-oleh untuk teman kantor

Tips terakhir adalah membeli oleh-oleh untuk teman kantormu. Oleh-oleh sederhana seperti satu bungkus cokelat atau merchandise dari konser tentu akan membuat teman-teman kantormu kegirangan. Dengan memberikan sedikit oleh-oleh menunjukkan kita tetap peduli dengan mereka meskipun kita telah bersenang-senang di negara orang.

Demikian tips-tips yang bisa saya bagi untuk kita para pekerja millennial kekinian! Semoga bermanfaat dan selamat menikmati konser impianmu selanjutnya!