Jika resolusi kamu dari tahun ke tahun adalah dapat jodoh traveling keliling Indonesia atau bahkan keliling dunia namun selalu gagal karena tersandung masalah biaya/waktu, jangan ubah dulu resolusi kamu di tahun 2016. Selalu ada jalan menuju ke Roma. Mau tahu jalan itu? Simak di bawah ini.

 

 

1. Tiket2

Tiket2.com Indonesia

Tiket2.com Indonesia via https://www.tiket2.com

Tiket2 adalah website ticketing dengan fasilitas pembanding harga tiket pesawat pertama di Indonesia. Situs ini bekerjasama dengan seluruh maskapai utama di Indonesia dan maskapai kecil lainnya. Di sini kamu bisa mencari tiket termurah dengan menggunakan fasilitas Promo Flight Tracker yang dapat melacak promo tiket dari seluruh maskapai populer di Indonesia.


Asyiknya lagi, kamu bisa memenangkan kesempatan terbang gratis dengan hanya men-submit email kamu ke website Tiket2!

2. Indoneo

Indoneo Home Page

Indoneo Home Page via http://www.indoneo.com

Jika backpacking tidak begitu cocok buatmu, coba saja booking perjalanan dengan Indoneo. Di Indoneo, kamu bisa memilih berbagai paket perjalanan sesuai budget dan lokasi yang kamu inginkan.

Istimewanya, setiap perjalanan memiliki pemandu lokal yang dapat menunjukkan beragam lokasi atau event lokal yang dijamin berbeda dengan itinerary paket-paket wisata pada umumnya. Kamu pun bisa merasakan pengalaman berinteraksi dengan warga lokal sekaligus menikmati kenyamanan sebuah perjalanan.

 

3. AirBnB

Homepage airbnb

Homepage airbnb via https://www.airbnb.co.id

Website ini cocok buat kamu yang traveling dengan budget terbatas. Di sini kamu bisa menyewa apartemen, bungalow, kamar atau bahkan rumah orang - penduduk lokal - di tempat tujuan. Kamu hanya perlu sign in di Airbnb dan setelah menemukan tempat menginap yang cocok, hubungi sang tuan rumah untuk mengonfirmasi tanggal kedatangan, kemudian kamu tinggal bayar sewa tempat melalui Airbnb. Kamu juga bisa menawarkan tempat tinggal kamu di website ini.

Website ini banyak diminati karena menawarkan pengalaman tinggal bersama warga lokal sehingga kamu akan merasa berada di rumah sendiri dan, tentunya, karena biaya sewa yang rata-rata lebih rendah dari penginapan konvensional.

 

4. Couchsurfing

Couchsurfing homepage

Couchsurfing homepage via https://www.couchsurfing.com

Memiliki teman itu banyak untungnya. Apalagi jika teman-teman kamu tersebar di pelosok nusantara atau dunia. Di Couchsurfing, kamu dapat menemukan sesama traveler yang mencari tempat untuk menginap atau menawarkan tempat tinggal gratis.

Karena Couchsurfing adalah jaringan sosial dan bukan sekedar hotel gratisan, kamu perlu bertata krama. Pemilik rumah dimana kamu menginap tertarik untuk menjamu kamu di rumahnya karena mereka ingin bersosialisasi, bertukar cerita, dan bertukar budaya. Untuk itu, kamu perlu menjadi tamu yang baik dan sopan seperti misalnya membawakan oleh-oleh untuk si pemilik tempat tinggal, memasakkan makanan khas Indonesia (ingat, ini jaringan global) atau mentraktir mereka ke rumah makan.

Selain itu, kamu juga bisa sekedar janjian ketemu dan tidak menginap di rumah mereka, hanya kopdar saja. Singkatnya, jaringan ini menekankan interaksi sosial. Kamu bisa juga menawarkan tempat tinggal di website ini.

5. Backpacker Indonesia

Homepage backpackerindonesia

Homepage backpackerindonesia via http://www.backpackerindonesia.com

Jika Couchsurfing adalah jaringan traveler global, Backpacker Indonesia, sesuai namanya, adalah forum para backpacker di Indonesia. Di sini kamu bisa menemukan backpacker lain yang mencari partner untuk trip-trip ke berbagai tujuan dalam maupun luar negeri dan dalam jangka waktu tertentu.

Namanya forum, kamu juga bisa tanya-tanya tentang segala hal yang berkaitan dengan backpacking atau traveling. Mulai dari panduan memilih ajakan trip, solo traveling hingga menghitung budget backpacking bisa kamu temukan di sini.

6. Agoda

Homepage Agoda

Homepage Agoda via http://www.agoda.com

Agoda adalah website yang menyediakan layanan booking hotel. Website ini direkomendasikan karena pilihan penginapan yang lumayan lengkap dan layanannya yang cepat. Kamu bisa menemukan beragam penginapan mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah semalam. Agoda juga dilengkapi dengan review masing-masing penginapan untuk memberi gambaran mengenai layanan maupun fasilitas yang diberikan.

Tentunya, jika kamu traveling dengan budget terbatas, kamu perlu memasukkan range harga yang sesuai dengan kantongmu. Jangan lewatkan pula diskon 30% bagi kamu yang sign in di website mereka.

 

7. Travelindependent

Homepage travelindependent

Homepage travelindependent via http://www.travelindependent.info

Website ini sangat lengkap dan informatif! Jika kamu baru saja memulai backpacking dan masih clueless dengan apa yang akan kamu hadapi di perjalanan nanti, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan membaca panduan-panduan di sini (insert link travelindependent.info)

Mulai dari merencanakan perjalanan, tips packing sesuai konsep travel light, cara memilih rute, asuransi untuk traveler hingga cara mengawasi barang bawaan agar terhindar dari pencopet di perjalanan.

Website ini meng-cover tips dan catatan perjalanan para traveler independen dari 135 negara di dunia.

 

8. Duaransel

Homepage duaransel

Homepage duaransel via http://www.duaransel.com

Duaransel adalah travel blog milik Dina, seorang traveler independen yang bersama suaminya memulai perjalanan backpacking mereka di tahun 2009. Jika kamu malas baca tips-tips dalam bahasa inggris di travelindependent, kamu bisa membaca cerita dan tips dalam bahasa Indonesia di Duaransel ini.

Blog Duaransel cukup lengkap dan memuat tips mulai dari memilih backpack, mencuci baju saat traveling hingga mengatasi kendala bahasa saat melakukan perjalanan di luar Indonesia. Kamu juga bisa tanya-tanya ke Dina Duaransel yang cukup informatif dalam menanggapi setiap pertanyaan atau komentar di blognya.

 

9. Wikitravel

Homepage wikitravel

Homepage wikitravel via http://wikitravel.org

Kalau kamu biasanya cuma buka Wikipedia, coba buka Wikitravel untuk mencari info traveling atau sekedar browsing rencana liburan selanjutnya. Website ini memberi gambaran cukup mendetil mengenai tempat yang akan kamu tuju.

Di website ini dijelaskan cara menuju kota, akomodasi dari yang budget hingga yang cukup mahal, lokasi-lokasi wisata, tempat makan, pusat belanja dan bahkan sambungan internet/telepon selular. Wikitravel juga menyertakan nomor telepon dan email dari tempat-tempat yang direkomendasikan.

 

10. Google

Homepage google

Homepage google via https://www.google.com

Ini dia website andalan kita semua! Jika kamu kebingungan atau sedang mentok, kamu ketik saja hal yang kamu cari di kotak search engine :)

Selamat traveling!