You tell me this is for the best, so tell me why am i in tears? - Justin Bieber

Sudahlah, tak ada guna penyesalan, tak ada guna masih memikirkannya. Masa depanmu masih ada di depan mata. masa depanmu pun layak diperjuangkan. Masa depanmu layak diperindah. Terlalu memurungkan diri nggak baik untuk masa depan, bahkan kesehatanmu.

Biar kamu nggak penasaran bagaimana caranya agar kenangan pahit di masa lalu nggak balik-balik lagi, ini nih trik jitunya!

1. Sebisa mungkin, kamu harus pandai menyibukkan diri!

i'm very busy via https://www.pexels.com

Tips ini udah basi banget kali, ya? pasti teman-teman kamu banyak yang ngasih saran ini. Namun harus diakui bahwa ini saran ini cukup tepat. Kenapa? Karena sibuk itu membuat pikiran kamu teralihkan. Coba deh kalo nggak ada sesuatu yang mau dikerjain, pasti keinget-inget terus kan?

Memang sih galau itu membuat kita jadi nggak mood ngapa-ngapain, tapi kamu harus bangkit! Hidupmu harus terus berjalan dan jangan disia-siakan. Bingung harus sibuk ngapain? Lagi nggak ada kerjaan? Coba deh bersih-bersih rumah biar jadi anak yang berbakti, atau coba kegiatan yang menyenangkan seperti shopping ataupun traveling.

2. Jangan sendirian! Kamu masih ada sosok pendegar yang baik, yakni teman

sendirian berpotensi galau via https://www.pexels.com

Advertisement

Ini serius! Saat kamu sedang sendirian, kadar kegalauan bisa bertambah bahkan akan menjadi berlebihan. Lakukan kombinasi antara cari kesibukan dengan ajak teman untuk jalan-jalan. Intinya jangan sendiri apalagi merasa kesepian.

3. NO KEPO-KEPO atau STALKING. Ini bahaya!

biar kucing aja yang stalkingin mantannya, kamu?jangan via http://www.opnlttr.com


Stalking is killing you softly


Stalking bikin kamu keinget-inget terus tentang dia, bikin mood-mu yang tadinya bagus jadi jelek. belum lagi kalo ternyata dia udah ada yang baru. uhh pasti sedih banget deh rasanya. mending jangan deh. Tahan hasratmu untuk stalking. Kalau memang sudah nggak tahan, pastikan kamu stalkingnya nggak sendirian, biar langsung ada yang buru-buru menyadarkanmu dari kegalauan.

4. Haram hukumnya kamu mem-follow akun-akun berisi kegalauan, yang ada harimu akan semakin suram!

cari kata-kata motivasi via http://dewikata.blogspot.co.id

Coba cek daftar following-mu, mungkin yang membuatmu susah move-on adalah karena kamu terlalu banyak follow akun menye-menye. Itu tentu saja akan menghambat kamu untuk maju. Lebih baik kamu follow akun-akun hiburan atau motivasi, bisa juga kamu tempel kata-kata motivasi favoritmu di dinding kamar. itu berguna banget buat bikin kamu semangat ketika udah ngga ada lagi yang menyemangatimu!

5. Coba ganti playlist galaumu dengan lagu-lagu ceria dan nge-beat

Galau? gak la yau.. via http://langkahmudah.com

Ini sih sama saja kayak follow akun-akun galau, bikin nggak semangat dan makin menye-menye. Mending kamu denger lagu yang menggugah semangat atau lagu EDM bisa juga.

6. Buang segala hal atau benda yang sekiranya bakal bikin memori pahitmu kembali lagi

Entah dalam bentuk barang, foto, SMS, chat, apapun yang bisa membuatmu mengingatnya, mending singkirin deh. Mungkin kalau barang, bisa diamalkan kalo masih layak. Foto atau chats mending dihapus aja, biar nggak dibuka-buka lagi, daripada ujung-ujungnya baper lagi.

7. Sunggingkan senyum di mana pun kamu berada. Tunjukkan, bahwa kamu pun berhak bahagia

senyumnya jangan pas lagi difoto doang dong neng via http://tumblr.com

Prove him! Kamu tetep happy tanpa adanya dia. Pasti dia bertanya-tanya kenapa kamu nggak sedih sih. Kamu harus balas dia dengan kebaikan, dengan senyuman. Boleh kemaren nangis sepuasnya, sekarang yuk tarik napas, maafkan, lalu tersenyum. Itu akan jadi langkah awal hidupmu lebih bahagia.

8. Belajar memafkan, meski sangat sulit untuk dilakukan

Semakin kamu menumpahkan kebencian maka akan semakin sulit kamu melupakan, cobalah untuk memaafkan, maka pelan-pelan kamu akan dapat melupakannya.


Forgive. Such a small word. Only seven letters but they carry the weight of the world.

- A. Meredith Walters, Light in the Shadows



When you forgive, you heal. When you let go, you grow.

- Anonymous


9. Mendekatkan diri dengan yang di Atas, akan membuatmu lebih dekat dengan jodohmu kelak

percayalah, dibalik cerita sedihmu ini ada skenario indah dari Tuhan kok via http://undipstrip.blogspot.co.id

Kamu masih selalu merasa galau? Mungkin kamu masih terlalu jauh dari Tuhan. Cobalah mendekatkan diri kepada-Nya, curhkan apa yang kamu rasakan. Sebaik-baik tempat berlindung, tempat mengadu adalah Dia Yang Maha Esa. Ketika kamu diberkahi, saat itulah perasaan tenang datang kepadamu. 

10. Jadikan pelajaran berharga!

semua yang telah terjadi pasti ada hikmahnya via http://tumblr.com

Semua yang sudah terjadi, biarkanlah menjadi kenangan. Senang dan sedih itu datangnya satu paket kok, jadi nggak perlu khawatir. Sekarang kamu sedih? Besok waktunya kamu senang, that's life. Intinya, buang semua yang membuatmu sedih, just make a room for something yang bikin kamu happy, kuncinya harus selalu bersyukur.

Jadikan kenangan pahit itu menjadi pelajaran yang istimewa. tetap bukalah hatimu untuk dia yang benar-benar tulus kepadamu. Cara taunya gimana? Nah itu dia, kalo kamu nggak pernah belajar ya kamu nggak akan tahu bagaimana melihat orang yang bener-bener tulus padamu. Anggap saja, dia masa lalumu ini sebagai orang yang dititipkan Tuhan untuk menguatkanmu, untuk membuatmu menjadi lebih baik. Semangat! semoga cepet move-on ya 🙂

11. Kalo masih susah move-on, ketahuilah bahwa patah hati bisa berbahaya untuk jantungmu dan berpotensi KEMATIAN

sakit hati abang dek via http://Pinterest.com

Dalam jantung kita ada benang-benang (tendon), benang-benang tersebut kadang-kadang bisa rusak kalau kita terlalu emosi. Nah kalau benang-benang itu rusak, jantung kita akan kehilangan bentuk. Akibatnya, jantung nggak bisa memompa darah dengan baik, itulah kenapa kita bisa mati hanya karna broken heart. Jadi, kurang-kurangin deh galaunya. Yakin mau mati muda hanya karena gagal move-on?

Nyatanya, move-on nggak sesulit yang dibayangkan. Asal ada niat, semuanya bisa jalan!