Bagi pecinta film romantis seperti The Notebook (2004) dan  A Walk to Remember (2002) wajib banget nonton rekomendasi film dibawah ini. Dua film adaptasi novel karya Nicholas Sparks ini sukses menggetarkan hati penonton dan berhasil meraih rating diatas 7 dari IMDb (The Internet Movie Database).

Selain menyuguhkan cerita romantis, film-film ini juga menampilkan aktor-aktor yang aktingnya bikin nagih, seperti Hugh Grant, Ethan Hawke, Ezra Miller dan Sam Claflin.

1. The Before Trilogy

Before Sunrise via http://www.filmlinc.org

Film ini terdiri dari 3 film yang dirilis secara realtime setiap 9 tahun sesuai cerita tokohnya, Before Sunrise (1995), Before Sunset (2004), dan Before Midnight (2013) serta setting berbeda di setiap filmnya, yaitu Vienna, Paris dan Yunani. Bercerita tentang dua orang strangers Jesse dan Celine yang bertemu secara tidak sengaja di dalam kereta dan memutuskan menghabiskan satu malam untuk traveling bersama mengelilingi Vienna dan berjanji akan bertemu lagi suatu hari. Kisah dua manusia inipun berlanjut 9 tahun kemudian. Romantisme dalam film ini terletak pada bagaimana Jesse dan Celine saling berkomunikasi sekalipun apa yang mereka bicarakan adalah realita kehidupan sehari-hari.

Ada yang bilang kalau film ini membosankan karena menyuguhkan dua tokoh yang hanya mengobrol sepanjang film, but, seriously dialog film ini menarik bahkan sampai bisa bikin terhanyut dengan apa yang mereka bicarakan. Cocok banget buat kamu yang sedang belajar bahasa inggris, dialognya natural.

2. Love, Rosie (2014)

Love, Rosie via http://cdn2.thr.com

Advertisement

Kisah persahabatan antara Alex dan Rosie yang membutuhkan waktu sampai 12 tahun untuk bersatu. Film ini cukup bikin greget karena tarik ulur pada sebuah hubungan friendzone yang dibumbui komedi. Disisi lain, film ini juga menampilkan pengorbanan single parent yang masih terus berjuang meraih mimpinya. Tapi tenang saja, ending film ini disajikan secara manis dan pemandangan menawan. Oia, jangan lupa download OST film ini karena banyak lagu bagus.

3. The Perks of Being a Wallflower (2012)

The Perks of Being a Wallflower via https://media1.popsugar-assets.com

Kisah pahit manisnya seorang remaja introvert dalam menghadapi kehidupan di sekolah, tentang hubungan senior-junior. Awalnya nonton film ini karena ada aktris favorit gue, yaitu Emma Watson ditambah lagi ada Ezra Miller dengan karakter yang gak biasa (as always hehehe). Ternyata film ini banyak memberi pelajaran psikologi remaja dan child sexual abuse yang memang tidak secara gamblang dipaparkan. Banyak memorable quotes di film ini, salah satu yang gue suka. "And In This Moment, I Swear We Are Infinite"

4. Love Actually (2003)

To Me You Are Perfect via http://i.huffpost.com

Di Film Love Actually, pertama kali kenal Hugh Grant dan langsung jatuh hati. Awalnya sedikit pusing sama plot film ini, ceritanya kompleks karena terlalu banyak pasangan. Dan kisah David, si Perdana Menteri ini yang paling gue suka. Film ini penuh dengan bintang british, yup I love their accent. Poin penting adalah endingnya, yang bener-bener bisa nyatuin semua tokoh-tokohnya. Drama komedi romantis ini highly recommended!

5. Notting Hill (1999)

Paling suka film berlatar Inggris. Kisahnya cukup sederhana, yaitu seorang aktris terkenal, Anna yang bertemu dengan Will, pria pemilik toko buku travel di Notting Hill. Sosok Will digambarkan sebagai pria baik yang tampan namun selalu gagal dalam kehidupan asmaranya. Di film ini Hugh Grant beradu akting dengan Julia Robert.

6. About Time (2013)

Time travel movie, bercerita tentang Tim yang bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahannya. Konfliknya tidak begitu kompleks, tetapi banyak pelajaran tentang keluarga yang bisa diambil dari film ini, terutama ayah.

7. The Best of Me (2014)

The Best of Me via http://www.heyuguys.com

Kisah klasik ala Nicholas Sparks tentang memori mantan terindah (Cieee…). Film ini memiliki alur maju mundur tentang kisah dua manusia yang dipertemukan kembali, kemudian saling mengenang dan masih memendam cinta lamanya setelah 20 tahun tidak bertemu. Meskipun endingnya sudah bisa ditebak, gue masih menikmati jalan cerita cinta Dawson dan Amanda ini.

8. One Day (2011)

Film ini menjadi film yang memiliki ending paling tragis menurut gue, Perjalanan kisah cinta Emma dan Dexter diperankan dengan apik oleh si cantik Anne Hathaway dan si ganteng Jim Sturgess. Kisah mereka bermula pada pertemuan tanggal 15 Juli dan berlanjut pada 15 Juli ditahun berikutnya terus menerus selama belasan tahun. Akhirnya, suatu hari mereka disatukan dengan pernikahan, tetapi ternyata Tuhan berkehendak lain, dan ini yang sukses bikin gue ngelap air mata.

9. Brooklyn (2015)

Brooklyn Movie via http://www.theculturemom.com

Berkisah tentang kehidupan Eilis Lacey, seorang gadis polos dari Irlandia yang merantau ke Brooklyn, USA. Masa suram Eilis berakhir setelah ia menjalin hubungan dengan pria keturunan Italia. Suatu hari Eilis harus kembali ke kampung halamannya dan saat itulah ia mengenal Jim, pria baik dari kalangan atas. Konflik film ini hanya sebatas kegundahan hati Eilis untuk memilih. Tapi disisi lain, Eilis digambarkan sebagai sosok wanita lemah yang kemudian berubah menjadi kuat dan dewasa

10. Me Before You (2016)

Sebuah pekerjaan mempertemukan Lou si gadis cheerful dengan Will, seorang pria kaya yang temperamen dan pesimis. Bukan tanpa alasan Will menjadi pribadi yang menutup diri, sebuah kecelakaan membuat Will berubah. Will merasa hidupnya tidak berguna lagi dan disitulah dia berniat untuk "bunuh diri dengan terhormat" melalui organisasi DIGNITAS, To live with dignity – to die with dignity (dan saya baru tau kalau organisasi itu benar-benar ada di dunia nyata). Salah satu film yang endingnya bikin nyesek, apalagi kalau baca surat yang ditulis Will buat Lou.

"Just live well, Just live."