Tiada yang lebih nikmat apalagi masakan asli Indonesia. Bahkan beberapa masakan asli Indonesia menjadi salah satu makanan terbaik di dunia versi CNN, tetapi tahukah kamu bahwa masakan Indonesia memiliki berbagai kesamaan dengan masakan Jepang? Simak dulu reviewnya di sini:

1. Ramen – Mie Ayam

Ramen dan mie ayam serupa tapi tak sama. Kedua makanan ini memiliki kesamaan, di mana mie basah disajikan dengan kuah hangat. Tak lupa beberapa pelengkap sayur maupun daging untuk menambah cita rasa.

2. Gyoza – Pangsit

Gyoza vs pangsit via http://www.youngsterpro.co.id

Gyoza adalah makanan yang terbuat dari udang cincang, kemudian dibungkus dengan lembaran kulit tepung terigu. Hampir sama dengan pangsit yang kerap kamu temui ketika menyantap mie ayam maupun bakso. Cara pembuatan gyoza dan pangsit adalah sama-sama direbus. Kendati demikian, ada juga yang menggorengnya.

3. Dango – Klepon

Advertisement

Dango dan klepon sama-sama memiliki bentuk dan rasa. Kedua makanan ini terbuat dari tepung beras dengan tekstur kenyal dan berasa manis. Jika biasanya isian dango diberi kacang merah, sedangkan klepon berisi gula merah dan ditaburi kelapa parut.

4. Yakitori – Sate

Makanan asal Jepang yang ditusuk ini mirip dengan sate. Keduanya disusun dari potongan daging dan ditusuk, kemudian dilumuri bumbu dan dibakar. Kendati demikian, terdapat perbedaan di antaranya pada bumbu atau sausnya. Yakitori dilumuri dengan kecap asin dan bumbu lainnya, sedangkan sate dilumuri dengan saus kacang.

5. Dorayaki – Apem

Siapa sih yang nggak kenal sama makanan kesukaan Doraemon? Yak Dorayaki! Dorayaki ini bentuknya mirip seperti pancake, kalau di Indonesia lebih mirip dengan apem. Bentuk bulat dan terbuat dari tepung beras, santan, dan telur ini biasa dibuat dengan cara dikukus atau dibakar.

6. Yakisoba – Mie Goreng

Mirip mie goreng kalau di Indonesia via http://www.youngsterpro.co.id

Makanan Jepang Yakisoba ini sama halnya dengan mie goreng di Indonesia. Sama-sama berbahan dasar tepung yang dipilin menjadi mie. Mie tersebut kemudian digoreng dan dicampur dengan berbagai bahan dan bumbu. Hasilnya sama-sama enak.

7. Sushi – Lemper

Sushi vs lemper via http://www.youngsterpro.co.id

Kalau ngomongin Jepang, pasti langsung keinget Sushi? Sushi memang identik dengan kuliner Jepang. Makanan satu ini terbuat dari nasi yang dibentuk dan digulung dengan sebuah isi di dalamnya. Sushi ini serupa dengan makanan khas Indonesia, lemper. Kendati demikian, perbedaannya terletak pada komposisi makanan, seperti isian sushi maupun lemper. Sementara itu, sushi biasa dibungkus dengan nori atau kertas rumput laut. Sedangkan lemper hanya dibungkus dengan daun pisang. Jika sushi menggunakan nasi, lemper menggunakan ketan yang cenderung lebih lengket.

8. Mochi – Kue bugis/Onde-onde

Kue imut mochi bukan hal baru di dunia kuliner Indonesia. Makanan asal Jepang ini ternyata punya kemiripan dengan dua camilan di Indonesia. Camilan berbahan dasar tepung beras berasa manis ini mirip dengan kue Bugis dan onde-onde.

9. Onigiri – Lontong

Onigiri adalah makanan berbahan dasar nasi atau biasa dikenal dengan nasi kepal. Nasi yang hangat dibentuk sedemikian rupa hingga berbentuk kepalan. Kemudian dipadukan dengan kertas nori. Nasi kepal ini jika di Indonesia mirip banget dengan lontong. Salah satu makanan pokok pengganti nasi yang biasa disajikan dengan opor maupun makanan lainnya.

10. Yakimeshi – Nasi Goreng

Yaki vs nasi goreng via http://www.youngsterpro.co.id

Jika Indonesia dikenal dengan nasi goreng yang mendunia, di Jepang ada yakimeshi. Sama-sama nasi yang diolah dengan digoreng. Keduanya enak untuk dicicipi. Penasaran kah?

11. Chanpuru – Sayur Tumis

Chanpuru ini adalah makanan dari sayuran yang dicampur dengan telur ayam, tahu, maupun daging. Chanpuru ini di Indonesia punya kembaran lho. Orang Indonesia biasa menyebutnya seperti sayur tumis, di mana sayur yang dimasak mirip banget sama Indonesia.

12. Okonomiyaki – Martabak asin

Okonomiyaki mirip dengan martabak asin. Penyajian dua makanan ini sama-sama pipih dan nikmat ketika masih hangat. Okonomiyaki dan martabak ini pembuatan dan bahan dasarnya sama, yaitu tepung, irisan kol, daging, dan lain-lain. Meski sama, okonomiyaki kerap disajikan dengan toping maupun saus. Sedangkan martabak cenderung disajikan dengan acar. Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu, irisan kol, telur ayam, dan daging kemudian digoreng di atas penggorengan datar, yang juga digunakan untuk menggoreng martabak telur. Tapi martabak telur tidak terbuat dari tepung terigu, melainkan hanya campuran telur dan daging serta irisan daun bawang.

13. Aburage – Tahu Isi

Aburage adalah makanan Jepang yang bentuknya seperti tahu. Kendati demikian, tahunya dibuat tipis-tipis. Biasa digunakan untuk sup.

Close enough bukan? Ngomong ngomong jadi laper nih, jangan lupa share yah ^^.