Sadar atau tidak sadar kita kecenderungan suka membandingkan masa sekolah dengan masa kuliah. Baik yang sekarang masih sekolah atau yang sekarang masuk bangku universitas. 

Keduanya saling merawang bagaimana enaknya ketika sekolah atau kuliah. Pada saat kamu masih sekolah, kamu bakal pengen cepet-cepet kuliah karena bebas dan bisa masuk siang. Sedangkan yang kuliah justru sebaliknya, mereka bakal kangen masa sekolah karena mau ngapa-ngapain ada temen jadi terasa gampang. Bukan berarti ketika kuliah nggak ada temen, hanya teman-teman kamu sudah mempunyai prioritasnya sendiri dan belum tentu sama dengan kamu.

Daripada penasaran mending liat ilustrasi ini saja. Ilustrasi ini akan menggambarkan bagaimana kehidupan pada masa sekolah dan kehidupan masa kuliah. 

 

1. Sewaktu Sekolah, Namanya Ujian Ya Belajar. Anak Kuliah Justru Fotokopi Catetan Dosen dan Kakak Tingkat

Sering lihat nggak saat menjelang ujian, kamu sibuk baca catatan dari rumah hingga sampai sekolah. Ketika sampai kamu langsung ngumpul sama teman kamu buat baca juga. Itu pemandangan yang biasa terjadi dan sudah turun-temurun hingga sekarang. 

Beda lagi kalau sudah kuliah, ujian nggak ujian pun kamu akan bersikap santai. Walau besoknya ujian juga belum tentu pada belajar. Namanya mahasiswa ya kategorinya macam-macam. Ada yang rajin, ada yang aktivis ada juga yang kerjaannya pacaran sepanjang kuliah. Walau begitu satu hal yang tidak bisa dihindari dari mahasiswa sewaktu ujian adalah fotokopi catetan dosen. 

Lantaran ujian di perguruan tinggi sistemnya diatur oleh dosen yang bersangkutan. Tak jarang materi ujiannya sama persis dengan apa yang ada dicatatan. Jadi ngapain belajar, toh pertanyaannya dan jawabannya sama persis.

2. Tingkat Pendidikan Juga Mempengaruhi Tingkat Kenakalan

Makan Dikelas Vs Mabok-mabokan di kampus

Makan Dikelas Vs Mabok-mabokan di kampus via https://www.scoopwhoop.com

Waktu sekolah berapa sering kamu makan pada saat pelajaran berlangsung? Sering atau sering banget. Bandelnya anak sekolah nggak cuma bolos lalu pergi ke kantin. Salah satu kategori kamu bandel waktu sekolah apabila kamu makan di kelas pada saat pelajaran. Biasanya makanannya yang kecil dan mudah disimpan. Baik itu disimpan di kantong seragan, jaket, bahkan laci meja. 

Lain sekolah, lain juga kuliah. Ketika kuliah kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan dan nggak ada guru yang ngomelin kamu. Lantaran kamu sudah dianggap bisa bertanggung jawab dengan dirimu sendiri. Dan salah satu hal favorit yang pengen dilakuin sewaktu kuliah adalah mabuk-mabukan. Nah, kapan lagi kamu bisa mabuk-mabukan dan dosen kamu nggak bakalan ngomelin. Bahkan di negara lain, seorang mahasiswa dianggap keren kalau udah mulai mabuk-mabukan dan berpesta sampai pagi.

3. Saat Sekolah Popularitas Adalah Segalanya. Begitu Mulai Kuliah Kamu Akan Mengesampingkan Popularitas

Ikutan ini-itu biar nge-hitz

Ikutan ini-itu biar nge-hitz via https://www.scoopwhoop.com

Waktu sekolah apa alasan kamu ikut tim basket, futsal atau menjadi pengurus OSIS. Apa coba kalau bukan karena ingin menjadi pusat perharian? Kamu boleh ngeles tentang hal ini, tetapi dulu kamu pasti ngebet banget bahkan rela ngelakuin apa saja agar bisa menjadi populer. Ya paling tidak selama sekolah kamu pasti ingin menonjol dari teman-teman kamu. Kamu juga pengen dilirik orang-orang, bahkan orang yang kamu taksir sewaktu sekolah. Karena pada saat itu ego kamu belum bisa dikendalikan penuh.

Kuliah menawarkan dunia yang berbeda daripada sekolah. Cara yang sama tidak bisa kamu terapkan pada kuliah. Sama halnya dengan tawaran gabung UKM. Kamu akan ditawarin banyak UKM yang mungkin ada yang nyantol dan juga nggak. Ketika kuliah populatitas bukanlah yang dicari ketika bergabung di UKM atau menjadi pengurus himpunan mahasiswa. Yang dicari oleh mahasiswa adalah poin yang menjadi syarat kelulusan selain studi dan adminstrasi.

4. Ketika Libur Telah Tiba Dipakai 100% Buat Liburan. Begitu Kuliah Tak Jarang Waktu Liburan Habis Untuk Magang Kesana-Kemari

Main Apa Magang

Main Apa Magang via https://www.scoopwhoop.com

Ketika masih sekolah, waktunya liburan memang buat liburan. Karena pada saat itu kamu nggak mikirin apa-apa. Semua udah diurusin, nggak perlu khawatir kehabisan kelas atau sekedar telat daftar ulang. Lantaran kebijakan sekolah tidak seribet kebijakan kuliah. Kamu pada saat sekolah memang belum dituntut macam-macam seperti ketika kuliah.

Pada saat kuliah, libur semester memang durasinya lebih panjang daripada sewaktu sekolah. Libur semester biasanya selama 2 bulan atau bahkan lebih. Namun bukan berarti waktunya bersantai ria. Karena waktu dua bulan itu sudah termasuk buat daftar ulang, remidial atau bahkan magang diperusahaan. Namanya mahasiswa akan ada masanya harus magang sebagai syarat kelulusan. Jadi apakah liburannya anak kuliah selalu lebih enak daripada anak sekolah. Think again!

5. Waktu Masih Berseragam, Ngebet Minta Pakaian Bebas. Begitu Dikasih Bebas, Malah Ribet Sendiri

Waktu Masih Seragam, Minta Bebas. Giliran Bebas, Malah Ribet Sendiri

Waktu Masih Seragam, Minta Bebas. Giliran Bebas, Malah Ribet Sendiri via https://www.scoopwhoop.com

Kalo yang satu ini jarang ada yang ngeluh. Apalagi ketika masih sekolah. Mau ngeluh bagaimana kalau memang sudah jadi kewajiban memakai seragam. Setiap hari harus menggenakan pakaian yang sama. Nggak peduli kucel atau kotor, asalkan nggak kena setrap sama guru BP.

Tetapi bukan berarti anak kuliah bebas dari masalah. Justru karena bebas yang menjadi masalah. Ketika kuliah kamu sudah bebas menentukan apapaun yang kamu mau. Mulai dari jadwal kuliah sampai dengan pakaian buat kuliah. Tak jarang karena saking bebasnya, kamu kebingungan sendiri mau pakai apa pas kuliah. Baju dari semester pertama sampai akhir itu-itu aja. Mau pake baju putih ntar disangka mau pendadaran. Pakai baju BEM, kesannya sok aktivis. Giliran pakai jas almamater, malah diteriakin mau demo dijalan. Jadi serba salah bukan?