Banyak sekolah kedinasan yang menerapkan sistem semi militer dalam pendidikannya, namun setiap sekolah memiliki istilah masing-masing yang akrab di telinga. Buat kamu taruna-taruni Sekolah Tinggi Perikanan maupun alumninya pasti familiar banget sama istilah-istilah ini.

1. Basis

persiapan basis, orientasi dulu via http://stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id

Semacam proses adaptasi diri dengan dunia Sekolah Tinggi Perikanan, lamanya basis tergantung kebijakan yang diterapkan pada tahun ajaran tersebut. Selama masa basis taruna-taruni nggak diperbolehkan keluar kampus dan nggak boleh juga nerima tamu. Harus siap pisah tiga bulan dari orang tua dan pacar. Huhuhu…

2. Remaja, Madya, Perdana, Utama

Taruna STP Jakarta via https://tarunafadli.wordpress.com

Lamanya menempuh pendidikan yaitu 4 tahun.

Advertisement

Tingkat I disebut Remaja.. mungkin karena masih unyu imut-imut gitu ya..

Tingkat II disebut Madya

Tingkat III disebut Perdana

Tingkat IV disebut Utama

Biasanya kakak-kakak Utama paling baik, nggak pernah menghukum dan suka belain adik-adiknya. Mungkin udah sibuk sama urusannya sebagai mahasiswa tingkat akhir jadi pengennya jika ada salah ga perlu ada hukuman. Hihihi…

3. Teko

teman sekamar via http://pexels.com

TEKO?  Bukan! Bukan teko tempat naruh air minum. Teko disini artinya teman kondominium alias temen sekamar. 

4. Tede

ini tede akuhhh via http://pexels.com

Selain teko, adapula istilah tede, yaitu teman satu daerah. Biasanya sih ini sebutan buat yang se-provinsi atau satu wilayah, karena sama-sama berasal dari Kalimantan. Atau sama-sama berasal dari tanah Sumatra, Jakarta, Jawa Barat, dst.

5. WeSTPAk

Akuakultur Budidaya via http://pexels.com

Bukan…Ini bukan istilah dalam Bahasa Inggris.

WeSTPAK adalah sebutan untuk kumpulan taruna-taruni jurusan Akuakultur Budidaya. We-STP-Ak, kami anak STP Jurusan AK, gitu. 

Biasanya sih di sosial media suka dikasih tagar #WeSTPAkangkatan contoh : #WeSTPAk45 artinya anak STP, Jurusan Akuakultur Budidaya Angkatan 45, gitu..

6. Padjas

anak padjas nih.. via http://pexels.com

Padjas itu singkatan dari Persaudaraan Anak Daerah JAkarta dan Sekitarnya. Jadi ini merupakan kumpulan taruna-taruni yang tinggalnya di daerah Jakarta dan sekitarnya sih.

7. Taman Diana

taman diana via http://google.com

Taman Diana ini diambil bukan dari nama wanita cantik, melainkan kepanjangan dari Taman Madya Perdana. Taman Kenangannya kita semua sih ini. Huhu…

Istilah-istilah tadi masih belum bikin senyum sendiri? Yuk lanjut ke istilah lainnya!

8. Cintaku Sebatas Gerbang

Cintanya cuma sampe gerbang 🙁 via http://pexels.com

Nah ini istilah yang paling bikin baper sih. Merajut cinta sama-sama selama menempuh pendidikan di asrama, eh.. pas lulus harus berakhir karena nggak mampu LDR. Sedih banget kan?

9. Jarum Belum Jatuh Pun Sudah Terdengar

belum jatuh aja udah kedengeran… via http://pexels.com

Pernah dengar istilah "Jarum jatuh ditumpukan jerami pun terdengar"?

Ini nih yang paling jempolan di STP, setingkat lebih ahli dari mendengar jarum jatuh ditumpukan jerami.Belum jatuh pun sudah terdengar saking kebersamaannya tinggi-tinggi sekali (nada lagu 'Naik-naik ke Puncak Gunung'), kabar (umumnya percintaan) begitu cepatnya melesat ke seluruh penjuru mata angin.  Hihihi...

10. KIPA (Karya Ilmiah Praktek Akhir)

ke perpus dulu cari bahan… via http://pexels.com

KIPA Kami nggak mengenal kata skripsi. Walau kami nggak mengenal kata skripsi, bukan berarti kami nggak pusing. Kami punya bahasa lain untuk Skripsi. Yaitu KIPA. Karya Ilmiah Praktek Akhir. Istilahnya aja sih yang beda. Kenalan sama dosen pembimbing dan revisi ya podo wae karo skripsi..

11. Koral STP

Koral Korps Alumni STP Ini nih yang bikin cerita-cerita selama di asrama ga pernah berakhir. Ini pula yang bikin saling kenal dari angkatan ke angkatan berikutnya, karena selalu ada reuni rutin regional atau nasional dan ada momen dimana ceritain lagi dan lagi pas kumpul sesama alumni. Masa-masa itu sungguh indah dikenang, tapi tidak untuk diulang.

12. Pesiar

libur tlah tiba, horay! via http://pexels.com

Pesiar itu bukan naik kapal pesir, tapi sebutan lain untuk menikmati "waktu bebas"

Sabtu-Minggu libur, jadi bisa jalan-jalan deh, mau pulang kampung atau cuma jalan ke mall, denger kata pesiar aja udah bikin hati seneng ga karuan. Hehehe…

13. Abun

ngintip via http://pexels.com

Abun, sebutan lain untuk membolos atau ngabur. 

14. Ibu Dapur

Ibu Dapur tercinta… via http://pexels.com

Ibu Dapur adalah sebutan bagi ibu-ibu yang tugasnya memasak di Asrama. Biasanya sih taruna-taruni dekat sama ibu dapur, soalnya selain bisa belajar masak dari ibu dapur, sambil bantuin sambil nyicip. Hahaha… Hayo siapa nih yang begini?

Itulah istilah-istilah dalam Sekolah Tinggi Perikanan. Udah cukup bikin kamu kangen belum? Hehehe…

Kamu mau nambahin, mungkin? Tulis di kolom komentar ya!