Indonesia memang terkenal dengan keragamannya, mulai dari adat, budaya, hingga suku bangsa. Hal itu pun kemudian melahirkan berbagai macam kuliner yang biasanya hanya akan dijumpai di satu daerah tertentu atau disebut juga dengan kuliner khas. Setiap kuliner memiliki cita rasa tersendiri sesuai dari asal daerahnya. Tak jarang hal itupun mengundang decak kagum dari para wisatawan dunia yang berkunjung ke Indonesia.

Meskipun makanan luar negeri kini sudah menjamur di Indonesia, tapi eksistensi kuliner Indonesia di rumah sendiri masih belum terkalahkan. Perkembangan industri kuliner tentu turut pula melestarikan kuliner khas Indonesia. Meski kuliner khas Indonesia sangat banyak, namun hanya sedikit yang memiliki popularitas tinggi.

Apa sajakah itu? Simak selengkapnya :

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng via http://selerasa.com

Ya, siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng. Makanan khas Indonesia yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner yang sering dijumpai di hampir seluruh penjuru negeri. Bagaimana tidak, banyak rumah makan yang selalu menyajikan nasi goreng sebagai salah satu menu. Bahkan warung bakso pun juga kerap menawarkan nasi goreng. Cara pembuatannya yang mudah  membuat siapa pun bisa mencobanya di rumah. Nasi goreng biasanya juga dapat dijadikan sebagai menu utama saat sarapan.

2. Sop Buntut

Sop Buntut via http://infokuliner.com

Sesuai dengan namanya, sop buntut dibuat dari potongan buntut atau ekor sapi yang telah dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar. Setelah itu, dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi dengan irisan kentang, wortel, daun bawang, tomat, seledri dan bawang goreng. Sop buntut ini banyak dijumpai di daerah sekitar Jawa. 

3. Gudeg

Advertisement

Gudeg adalah makanan yang dibuat dari olahan nagka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan. Kuliner khas Yogyakarta ini memiliki rasa manis pedas yang khas sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memburunya.

4. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan yang dibuat dari campuran potongan kentang, wortel, selada, bayam, tomat, taoge, dan jagung. Makanan ini biasanya disajikan dengan cita rasa yang pedas. Namun level kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Tidak hanya itu, gado-gado juga bisa disajikan dengan ragam variasi lainnya. Kita bisa menambahkan toping di atasnya sesuai dengan selera.

5. Sate

Sate merupakan salah satu jenis kuliner Indonesia yang kelezatannya susah ditolak. Makanan berupa potongan daging yang ditusuk lalu dibakar dan dilumuri bumbu ini memiliki beberapa varian. Varian ini tergantung dari mana asal daerahnya, cara memasaknya serta racikan bumbunya. Daging yang paling umum digunakan untuk membuat sate adalah daging sapi, kambing dan ayam. Meski begitu banyak pula sate yang terbuat dari daging lainnya.

6. Soto

Soto juga adalah makanan Indonesia yang memiliki banyak varian. Ada Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Banjar, dan masih banyak lagi. Meski begitu, ciri khas dari kuliner ini tetap ada, yaitu kaya akan rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

7. Opor Ayam

Opor ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang paling digemari, apalagi saat perayaan lebaran. Makanan berbahan dasar ayam yang dicampur dengan kuah bersantan ini memiliki aroma yang sedap dan menggugah selera. Aroma sedap ini datang dari campuran bumbu yang berbahan dasar kunyit, ketumbar, bawang merah dan santan.

8. Nasi Padang

Nasi Padang via https://www.pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, kuliner ini berasal dari Padang. Cita rasanya yang khas berasal dari bumbunya yang kaya rempah sehingga siapapun tentu tidak akan sanggup menolaknya.

9. Bakso

Siapa yang tidak tahu dengan bakso. Makanan ini kerap kita jumpai di sekitar kita, mulai dari gerobak kaki lima hingga restoran berkelas sekalipun. Makanan yang diolah dari campuran daging dan tepung ini disantap dengan kuah sop yang kaya rempah, kadang ditambahkan dengan mie atau bisa juga dengan bihun. Saking populernya bakso tentu kita tidak lupa dengan lagu anak-anak yang bercerita tentang bakso bulat.

10. Rawon

Rawon berasal dari Jawa Timur. Kuliner ini berbahan dasar daging sapi dan kluwek. Kluwek sendiri merupakan jenis bahan makanan yang berperan memberi warna hitam pekat pada kuah rawon. Kuah rawon sendiri biasanya kental dengan campuran berbagai rempah seperti daun bawang, ketumbar, bawang merah dan lain sebagainya. Maka dari itu, jangan heran jika rawon sangat sedap kala dinikmati, apalagi disantap bersama nasi putih hangat.

11. Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan rendang. Rendang bukan hanya terkenal di Indonesia saja melainkan sudah sampai ke luar negeri. Masakan asli Sumatra Barat ini terkenal karena kelezatan rasanya. Cita rasanya yang pedas dan campuran berbagai bumu dan rempah membuat rendang menjadi salah satu kuliner favorit.

12. Pempek

Pempek adalah makanan Indonesia yang berasal dari Palembang. Popularitasnya sudah tidak diragukan lagi berkat rasanya yang lezat. Makanan ini dibuat dari ikan yang diolah bersama dengan tepung. Biasanya pempek akan disantap dengan kuah encer yang merupakan campuran antara gula dan saus cuka. Makanan ini akan sangat pas jika disantap dalam keadaan masih hangat.

13. Bubur Ayam

Makanan yang satu ini biasanya dinikmati saat sarapan. Biasanya bubur ayam dinikmati dengan menambahkan berbagai taburan toping yang sesuai selera, seperti, taburan ayam suwir, bawang goreng, irisan telur dan sebagainya. Makanan ini juga sangat mudah dijumpai sehingga kita tidak akan kesulitan mendapatknnya. Penyajiannya juga terbilang praktis sehingga tidak butuh waktu lama untuk bisa menikmatinya.

14. Sop Konro

Sop Konro adalah masakan Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Masakan ini dibuat dari iga sapi atau daging sapi yang dinikmati dengan kuah berwarna coklat kehitaman. Sop konro ini paling pas jika disantap bersama dengan ketupat.