Hidup terus berjalan. Ketika sudah selesai menyelesaikan studi, fase hidup berikutnya yang akan kita masuki adalah fase pekerjaan. Ini jadi fase yang sangat mengesankan, mungkin hanya kalah dari fase pernikahan. Mungkin? kan belum ngerasain hehe. Tapi yang jelas, rasanya akhirnya punya pekerjaan itu macam-macam. Banyak di antaranya yang tak pernah kita rasakan saat kuliah.

Apa saja sih? Misalnya:

 

1. Setengah nggak Percaya sudah sampai ditahap ini.

Setengah nggak Percaya sudah sampai ditahap ini.

Setengah nggak Percaya sudah sampai ditahap ini. via http://www.bdo.bh

hal ini yang paling pertama dirasakan karna kita sadar bahwa setiap moment itu berjalan bagitu cepat dan ngak jarang pula kita berfikir : ah rasanya baru kemaren aku diantar sekolah sama ortu, ah rasanya baru kemren kita bolos sekolah rame. dan sekarang kamu harus menjalani satu fase yang sangat beda dari sEbelumnya.

2. Ternyata mencari uang tak semudah yang dibayangkan.

Ternyata mencari uang tak semudah yang dibayangkan.

Ternyata mencari uang tak semudah yang dibayangkan. via http://www.gettyimages.com

kita tak akan pernah lupa bagaimana rasanya transferan ketika awal bulan dimasa kuliah, dimana kita merasa jadi orang paling bahagia didunia dan tak pernah kehabisan ide untuk menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang kalau saat ini kamu rasakan sebagai hal yang terkesan tak berbakti kepada ke orang tua, bagaimana tidak jadwal nongkrong dikafe dan jalan-jalan yang justru lebih banyak menghbiskan dana lebih banyak dibanding membeli buku dan mencetak tugas kuliah. sekarang kita bisa meraskan betapa kita tak menghargainya bagaimana orang tua mencari uang, sekarang lebih bisa memahami kata-kata "ternyata mencari uang tidak gampang" jadi lebih berfikir panjang menghabiskan uang begitu saja.

3. Waktu tak sebanyak dulu

 Waktu tak sebanyak dulu

Waktu tak sebanyak dulu via http://www.co-optimus.com

dimasa kuliah kamu akan merasakan banyaknya waktu luang yang bahkan kita sampai bingung mau dipakai untuk apalagi bahkan banyak juga yang hanya dipakai untuk tidur seharian, galau dikamar, main games ataupun nongkrong bareng, nah sekarang jangankan untuk melakukan hal-hal itu lagi berangkat kerja dari pagi sampai sore sampai dirumah langsung terlelap.

4. Kangen kebersamaan dengan teman-teman dan sahabat masa kuliah/sekolah.

Kangen kebersamaan dengan teman-teman dan sahabat masa kuliah/sekolah.

Kangen kebersamaan dengan teman-teman dan sahabat masa kuliah/sekolah. via http://naplesherald.com

siapa yang tak rindu orang-orang yang biasanya ada bersama kita disaat ada dan duka, menghabiskan waktu bersama untuk hal-hal yang bahkan hanya berupa kekonyolan

5. Ingin kembali ke masa-masa "itu"

Ingin kembali ke masa-masa

Ingin kembali ke masa-masa "itu" via http://www.whittier.edu

Iya ternyata nggak hanya susah move on dari pasangan yang udah ninggalin ternyata move on dari masa-masa indah dimasa lalu juga terasa sedikit menyesakkan, dan tak jarang ketika melihat segerombolan anak berseragam putih abu-abu jadi terbesit didalam hati " betapa mudanya mereka,padahal (betapa tuanya kita dibanding mereka), betapa bebasnya mereka iya aku rindu dimana saat-saat masalah terberat hanya PR Matematika dan fisika. hehe

6. Oh ternyata kita sudah tumbuh dewasa (Tak lagi muda)

Oh ternyata kita sudah tumbuh dewasa (Tak lagi muda)

Oh ternyata kita sudah tumbuh dewasa (Tak lagi muda) via http://www.mensfashionmagazine.com

ya sperti itulah sejujur-jujurnya kita bilang kita muda tapi usia sudah tidak bisa berbohong "jadi ingat tulisan-tulisan sebelumnya yang mengisahkan usia 20an atau bahkan mendekati krisis usia seperempat abad. hehe

7. Banyak perubahan yang terjadi dan berjuang menyesuaikan diri

Banyak perubahan yang terjadi dan berjuang menyesuaikan diri

Banyak perubahan yang terjadi dan berjuang menyesuaikan diri via https://tokiotours.files.wordpress.com

Ya sesungguhnya perubahan itu perlu, perlu banget malahan, kita jadi banyak belajar tentang perbedaan terutama perbedaan masa dulu dan sekarang. perbedaan lingkungan (yang cenderung menjadi jauh lebih serius), teman-teman kerja yang kekonyolannya sedikit level di bawah teman-teman masa kuliah(karena seringnya kita adalah yang termuda diantara lain), tapi disini kita belajar jauh lebih kuat menghadapi setiap hal baru dan membentuk kita menjadi bunglon yang siap survive dimana pun berada.

8. Kita semakin mengerti dan paham tujuan hidup

Kita semakin mengerti dan paham tujuan hidup

Kita semakin mengerti dan paham tujuan hidup via http://now-here-this.timeout.com

semakin beranjak usia, semakin beranjak fase kita maka semakin banyak pemahaman tentang hidup dari pengalaman yang sudah terlewati bahkan sepertinya kita lebih menjadi diri kita yang sesungguhnya, mengerti apa yang harus dan tidak untuk dilakukan

9. Idealisme yang kadang memudar

Idealisme yang kadang memudar

Idealisme yang kadang memudar via http://anaksholeh.net

keras kepala diusia muda berbeda konsep tentang pemahaman sampai pada idealisme yang cukup kuat kali ini pun bisa menjadi sedikit memudar karna disini kita harus memberi banyak toleransi pada pemikiran dan pandangan orang lain apalagi dipandang sebagai fresh graduate yang masih bau kencur dan belum banyak makan asam garam, padahal dalam hati ngatain "situ oke !!!" hehe

10. Tuntutan profesional yang kadang menghilangkan sedikit kenakalan

Tuntutan profesional yang kadang menghilangkan sedikit kenakalan

Tuntutan profesional yang kadang menghilangkan sedikit kenakalan via http://i.huffpost.com

masih ingat bolos, titip absen, atau permisi ketoilet pada saat kuliah padahal nggak balik-balik lagi hehe, ini contoh sedikit kenakalan kuliah tapi sekarang sadar diri tentang profesionalisme boro-boro bolos, tanggung resiko sendiri dengan tugas yang menumpuk karna ulah sendir, tapi mungkin ada kenakalan model baru ... hehe

11. Lebih memahami pentingnya arti keluarga

Lebih memahami pentingnya arti keluarga

Lebih memahami pentingnya arti keluarga via http://www.lifeinthebluffs.org

Impian semua orang tua adalah melihat anaknya mendapatkan hal terbaik dalam hidupnya, kita pun menyadari dengan bahwa orang tua telah memberikan hal terbaik untuk kita mulai menyekolahkan hingga kita amily"pada tahap ini perhatiannya justru semakin meningkat, sampai terbayangkan oleh kita apa yang bisa kita lakukan untuk mereka dengan kita menjalani pekerjaan dengan senang hati mereka jauh lebih berbahagia dari yang kita rasakan "big hug for family"

12. Hobby yang ternyata semakin mahal

Hobby yang ternyata semakin mahal

Hobby yang ternyata semakin mahal via http://s3-eu-west-1.amazonaws.com

dalam ruang lingkup pekerjaan kita semakin mengerti dengan siapa saja kita berhubungan dan berinteraksi sehingga menemukan hal-hal baru dan kadang hobi baru yang mulai kita kenali dan ternyata sesuai dengan passion kita,kalo berbicara tentang passion dan hobby mungkin ini sedikit melawan relitas, begitu juga dengan kepenatan pekerjaan yang terkadang membuat kita membangkitkan lagi naluri petualangan yang pasti juga tidak murah.

13. Menjadi Semakin tenang walaupun kadang galau

Menjadi Semakin tenang walaupun kadang galau

Menjadi Semakin tenang walaupun kadang galau via http://www.howtomotivation.com

semakin bertambahnya hal-hal yang kita lewati membuat kita semakin kuat dan tenang karena menjadi terbiasa, walupun tidak bisa dipungkiri kadang kegalauan menghampiri, bisa jadi masalah percintaan ataupun mulai-mulai melirik pekerjaan baru.

14. Memimpikan pekerjaan yang sesuai passion atau setidaknya bekerja tapi passion tetap tersalurkan

Memimpikan pekerjaan yang sesuai passion atau setidaknya bekerja tapi passion tetap tersalurkan

Memimpikan pekerjaan yang sesuai passion atau setidaknya bekerja tapi passion tetap tersalurkan via https://upload.wikimedia.org

mengingat lagi masa-masa kuliah kita yang seolah-olah tak ada penghalang untuk bergerak semau kita, melakukan hal yang kita suka, disini kita jadi tersadar bahwa secara tidak langsung hobi dimasa lalu mempengaruhi pola pikir sehingga terbersit menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan passion,dan setidaknya pekerjaan tidak menghalangi hobi, tapi percayalah apa yang kita lakukan saat ini adalah yang terbaik untuk kita saat ini...

 

 

15. Pandangan jauh kedepan "terutama masalah pendamping hidup" dan angan-angan di hari tua

Pandangan jauh kedepan

Pandangan jauh kedepan "terutama masalah pendamping hidup" dan angan-angan di hari tua via http://www.canonsbrookweddings.co.uk

Tidak bisa dipungkiri Usia-Usia ini layaknya manusia umumnya sudah mulai berfikir jauh kedepan atau bahkan bagaimana hidupnya 50 tahun yang akan datang (kejauahan kali ya hehe ) dimulai dari bagaimana kesiapan finansial untuk masa yang akan datang dan merencanakan masa depan dengan orang tercinta (bagi yang sudah ada calon) kalau yang belum ya cari dari sekarang... hehe

 

tetap semangat untuk para fresh graduate dan para pekerja muda , jalan masih panjang banyak hal-hal menarik yang kamu rasakan saat ini yang akan membentuk kita menjadi orang yang lebih dewasa, menikmati sebaik-baiknya setiap proses dan malakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini, karena pa yang kita lakukan sekaranglah yang akan membentuk kita dimasa depan.