2016 sudah kita jalani beberapa hari… liatin kalender baru ternyata banyak banget long weekend! Otak udah mulai kelayapan mikirin liburan mau kemana.. tapiii budget terlalu mepet buat jalan-jalan seru..

Nih tips biar liburanmu tetep asik tanpa over budget..

 

1. Nabung, nabung, nabunggggg!!

liat libur banyak banget gini, yakin ga mau nabung?

liat libur banyak banget gini, yakin ga mau nabung? via http://onyx887fm.com

Ga ada cara lain, kamu harus menabung untuk persiapan jalan-jalanmu… Kamu mau ke luar kota? ke luar pulau? Mau ke Luar Negeri? Atau mau sekedar jalan-jalan santai di pinggir pantai? Berapa banyak kamu harus nabung? Targetkan untuk ongkos PP (Pergi pulang), Akomodasi dan konsumsi..

2. Berburu tiket dari sekarang. Go go go!

kalo bisa dapet murah kenapa harus cari yang mahal?

kalo bisa dapet murah kenapa harus cari yang mahal? via http://ardianita.wordpress.com

Nabung udah, jika tujuanmu adalah luar kota/luar pulau/luar negeri, sekarang waktunya kamu membeli tiket. Cek melalui online harga tiket kereta, cari yang termurah.. Tiket kereta api tujuan kota tertentu biasanya sold out 3 bulan sebelum hari H pada saat liburan long weekend. Jangan mau kalah, siap-siap sikut-sikutan online buat rebutan tiket kereta api. Harga tiket Kereta Api Ekonomi bisa kamu dapatkan dari mulai harga Rp 65.000 atau Rp 90.000 tergantung tujuanmu. Sedangkan tiket pesawat termurah bisa kamu dapatkan seharga Rp 300.000 saja. Makin jauh hari kamu beli tiket, makin murah kamu bisa dapatkan.. What are you waiting for?

3. Nginep dirumah teman bisa jadi pilihan

nginep dirumah/kost teman

nginep dirumah/kost teman via http://tutorialbelajarblogger.blogspot.com

Kamu bisa memangkas pengeluaran akomodasi dengan menumpang inap beberapa hari di rumah/kost temanmu yang menjadi lokasi tujuanmu berlibur. Kamu pun bisa mencari penginapan-penginapan murah seharga mulai dari Rp 75.000. bahkan Kamu juga bisa mendaftar ke situs yang menawarkan rumahnya sebagai tempat menginap secara gratissss.. ini 2016, cuy! :D

4. Makanan murah, enak, ngenyangin? Adaaaaa..

warung lesehan depan taman KB Semarang

warung lesehan depan taman KB Semarang via http://dotsemarang.com

Makanan lesehan biasanya murah meriah dan enak. Tentu saja dimana-mana ada. Seperti makan nasi kucing atau nasi pecel.. Toh, kamu bisa makan enak dan murah tanpa takut uangmu habis sebelum waktunya…

5. Pantai, Gunung.. kemanapun.. Here we go!

riak ombak selalu menenangkan. Dokumen pribadi :

riak ombak selalu menenangkan. Dokumen pribadi : via http://fb.com

Kamu sudah tiba di lokasi tujuan, sudah ada tempat stay untuk menghabiskan masa liburan. Sekarang waktunya melangkahkan kaki ke tempat tujuan wisata. Jika kamu bareng teman, Kamu bisa bareng temanmu menggunakan kendaraan. Jika kamu sendirian, coba deh gabung ke grup-grup Facebook, tanyakan apakah ada yang dilokasi yang sama dengan tujuan yang sama? Kalian bisa sharing cost. Tentunya ini akan jadi lebih murah kan?? Yak kan, Ya dong??

6. Kasih penghargaan untuk diri sendiri

kaos daerah bisa jadi pilihan.Dokumen pribadi :

kaos daerah bisa jadi pilihan.Dokumen pribadi : via http://fb.com

Tanpa terasa waktunya pulang.. Uang yang sengaja kamu persiapkan untuk jalan-jalan ternyata masih tersisa beberapa ratus ribu. yeaaaaaaay.. kamu berhasil hemat!! Jika mau beli oleh-oleh, hadiahkan dirimu sesuatu yang memorable dari sana.. kamu juga bisa membelikan oleh-oleh untuk orang terdekatmu. Tetapi ingat, oleh-oleh hanya dibeli saat semua misi terpenuhi. Kamu harus tetap teguh pada prinsip “No over budget”.

Murah kan?! Sebenarnya, semua kembali ke diri masing-masing.. kamu ingin melakukan wisata premium atau wisata murah? Karena pada akhirnya semua bermuara pada bagaimana perjalanan ini bisa dinikmati.. bagaimana wisata kali ini menjadikan kamu lebih mengenal dirimu sendiri, mengenal daerah baru, mengerti arti sebuah perjalanan.. dan tentunya kamu akan pulang dalam keadaan fresh dan kaya pengalaman!

Kamu akan tersenyum karena kamu telah mengalahkan ketakutanmu untuk bepergian sendiri, untuk melangkahkan kaki ke tempat yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi. kamu tentunya menjadi pribadi baru.

Bukankah setiap perjalanan adalah pengalaman yang tak ternilai harganya?

Tunggu apa lagi? Yuk, angkat ranselmu!