Saya percaya yang membedakan manusia yang satu dengan manusia yang lain terletak pada ide (pikiran) yang dimiliki orang tersebut. Penting untuk mengelilingi hidup kita dengan ide-ide yang brilliant karena tindakan manusia umumnya dipicu oleh apa yang Anda pikirkan. Jika Anda merupakan orang yang sedang mencari apa makna di dalam hidup Anda, apa alasan Anda untuk bangun setiap hari, mengapa Anda tidak bisa disiplin untuk berolahraga demi kesehatan Anda sendiri, dan terlebih lagi, Anda tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi dalam diri Anda supaya dapat mengatasinya. Saya yakin 3 buku dan 3 video ini dapat menggerakkan otot-otot di otak Anda untuk mulai menata hidup dan yang paling utama adalah mengubahnya menjadi tindakan. Tindakan yang gagal tetap lebih baik dari rencana yang sempurna. Tentunya banyak buku yang beredar di luar sana dengan kualitas yang bagus. Namun yang saya sajikan disini adalah buku yang spesifik berkaitan tentang bagaimana memahami alasan Anda melakukan sesuatu, apa yang menjadi pemicu dan cara untuk mengatasinya.

 

1. The Power of Habit

Buku The Power of Habit

Buku The Power of Habit via http://charlesduhigg.com

The Power of Habit, buku ini sangat spesial karena mampu menjelaskan mengapa seseorang melakukan sesuatu. Dalam buku ini, pengarang menyatakan bahwa ada 3 langkah umum dalam terbentuknya kebiasaan.

Cue >>> Routine >>> Reward

Tiga langkah ini yang terulang terus menerus akan menghasilkan suatu kebiasaan. Cue ini terdapat dalam banyak bentuk misal kebiasaan untuk mengunyah sesuatu. Hal ini membuat Anda ingin pergi ke dapur untuk mencari cemilan lalu sebagi reward, Anda akan merasa kenyang. Cue selalu akan ada dalam diri manusia hal itu tidak dapat diubah. Yang dapat diubah adalah routine-nya supaya tetap mendapat reward yang sama. Misalkan saat mengemil Anda selalu mencari cemilan yang tidak sehat seperti gorengan, dkk. Tentu Anda beralasan bahwa hal itu yang paling mudah untuk ditemukan, Anda dapat mengantisipasinya dengan membawa buah dari rumah sehingga ketika cue itu muncul. Anda bisa memakan buah tersebut. Reward yang didapatkan adalah kita merasa kenyang. Anda baru saja mengubah kebiasaan yang buruk menjadi baik. Hal ini dapat diterapkan pada seluruh kebiasaan yang kita anggap buruk untuk mengubahnya menjadi hal yang baik.

2. Triggers

Tidak semudah itu melakukan perubahan, buku Triggers mau menyampaikan bahwa kita selalu beranggapan bahwa perubahan perilaku hanya akan dilakukan jika terjadi suatu hal yang besar, misal ada kejadian-kejadian luar biasa terhadap hidup Anda, seperti jika saya menjadi orang kaya maka saya akan … , jika saya memiliki sepatu lari yang bagus maka saya akan … Seolah-olah Anda perlu segala sesuatu menjadi keinginan Anda atau sempurna, untuk mulai melakukan sesuatu. Kepercayaan Anda yang seperti ini tidak akan merubah apapun. Tidak sampai di sana, Anda juga diajarkan bagaimana mengecek seberapa baik Anda menerapkan perubahan setiap hari nya dengan memberi pertanyaan Active questioning. Misalnya Anda punya resolusi untuk hidup sehat, pertanyaan yang harus Anda jawab bukannya apakah Anda sudah makan makanan bergizi hari ini? Karena Anda tentu saja bisa memberikan excuse bahwa tidak punya waktu, tidak disediakan, dsb. Namun pertanyaan yang harus Anda jawab setiap hari adalah apakah saya sudah mencoba yang terbaik untuk makan makanan bergizi hari ini? Dengan begitu, usaha Anda yang dilihat bukannya hasil yang dicapai. Layak untuk dicoba?

3. Rejection Proof

Buku Rejection Proof

Buku Rejection Proof via http://ecx.images-amazon.com

Seberapa sakit sebuah rasa penolakan? Sakit ya. Namun pengarang buku ini justru memiliki ide untuk mencari penolakan itu sebanyak mungkin. Pepatah mengatakan bisa karena biasa. Dia mengatakan bahwa bagaimana setiap anak kecil umumnya memiliki keinginan untuk menjadi sesuatu yang ia kagumi tanpa memiliki pertimbangan seperti orang dewasa. Saat menjadi anak kecil kita bisa senantiasa bilang bahwa kita ingin jadi presiden, astronot, dokter, dll. Namun ketika kita beranjak dewasa, dunia di sekitar kita membentuk kita. Rasa penolakan terhadap ide-ide yang tidak lazim membentuk apa yang kita alami sekarang. Kita begitu takut untuk ditolak sehingga terus menjalani apa yang masyarakat inginkan demi menjauhi penolakan orang lain. Di buku ini, pengarang mencoba melakukan 100 kali percobaan penolakan dan memahami bagaimana mengubah penolakan menjadi persetujuan dan penolakan ternyata tidak seburuk itu. Benarkah?

4. Video dari Anthony Robbins

Video ini menjelaskan apa yang membedakan seseorang dalam menghadapi ketakutan mereka. Setiap orang memiliki ketakutan masing-masing. Bagaimana kita merespons terhadap hal itu yang membedakan kita. Ada orang yang menunggu sampai dunia memberikannya jalan yang pasti sukses mendapatkan hasil itu baru ia mau bertindak. Tidak! Hal itu tidak akan terjadi. Percaya pada diri Anda dan potensi Anda yang ditunjukkan dalam action akan menghasilkan hasil yang akan memperkuat kepercayaan Anda.

Berikut link terhadap video tersebut https://www.youtube.com/watch?v=zoN0D337GaA

5. Video Ted.com dari Simon Sinek

Video Simon Sinek ini ditonton oleh lebih dari 23 juta pengguna internet di seluruh dunia. Penjelasannya mengenai golden circle sungguh luar biasa. Beliau mengatakan bahwa untuk menjadi sukses, seseorang atau perusahaan harus punya "why", apa yang membuat Anda melakukan sesuatu? Bagaimana Wright bersaudara lah yang menemukan pesawat bukan saingannya yang lebih memiliki dukungan dana, akses teknologi, dll. Beliau menjelaskan bahwa Wright bersaudara percaya bahwa dengan menemukan benda terbang yang kita sebut pesawat ini akan mengubah hidup banyak orang.

Berikut link terhadap video tersebut http://www.ted.com/talks/simon_sinek_how_great_leaders_inspire_action

6. Video Ted.com dari Scott Dinsmore

Scott Dinsmore

Scott Dinsmore via http://trulyamazinglife.com

Scott Disnmore percaya bahwa setiap dari kita harus melakukan hal yang kita suka (passion). Ia sangat percaya jika kita melakukan pekerjaan sesuai passion kita maka kita akan dapat menciptakan hidup yang lebih bermakna. Hanya menyimpan uang untuk masa depan bukan hal yang bijak. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan bertemu dengan ajal. Oleh karena itu, memastikan setiap harinya kita melakukan hal yang kita cintai adalah hal yang terpenting. Tentu dia tidak mengesampingkan bahwa kita harus mendapatkan penghasilan pula dari passion kita tersebut. Beliau memiliki metode untuk menemukan passion Anda dan terlebih membantu Anda menghasilkan uang dari passion Anda tersebut.

Berikut link terhadap video tersebut http://www.ted.com/talks/scott_dinsmore_how_to_find_work_you_love

 

Segera temukan apa Fokus Anda?, Apa arti fokus tersebut terhadap hidup Anda?, Apa yang Anda harus lakukan untuk mencapai hal itu?