Banyak mahasiswa saat ini yang di akhir bulannya harus kelaparan karena menunggu kiriman dari orangtua karena kehabisan uang. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi kalau diri kita mau mengatur gaya hidup dan pengeluaran setiap harinya. Apalagi kebiasaan konsumtif seperti kebanyakan nongkrong di kafe yang harga makanan dan minumannya bikin menguras kantong banyak, hal tersebut membuat mahasiswa kehabisan uang bulanannya di tanggal muda. Nah, agar tidak terjadi pada kamu, berikut tips yang bisa kamu lakukan selaku mahasiswa agar di akhir bulan masih sejahtera!

1. Menabung dengan efektif

Savings via http://pexels.com

Menabung bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghemat pengeluaran bulanan, namun masih banyak mahasiswa yang tidak terbiasa menabung. Hal ini biasanya karena “khilaf” akibat “laper mata” yang akhirnya membeli barang yang sebenarnya tidak butuh-butuh banget.

Sebenarnya, menabung ngga perlu nominal besar walaupun nominal kecil namun konsisten kamu akan menjadi mahasiswa yang sejahtera di akhir bulan. Misalnya sering kali setiap membeli makanan atau minuman dari kantin kita menerima kembalian berupa “recehan”. Uang koin seperti ini lebih baik dikumpulkan saja setiap harinya, nanti saat akhir bulan lihat deh ternyata jumlahnya sudah lumayan dan membantu banget untuk hidup di akhir bulan.

2. Investasi

Investasi Emas via http://pexels.com

Advertisement

Biasanya masyarakat menganggap kegiatan investasi hanyalah untuk orang-orang bermodal besar yang memiliki nilai ratusan juta. Namun sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Saat ini, investasi sudah sangat mudah dan bahkan semudah berbelanja makanan sehari-hari. Hal ini dikarenakan produk investasi sangat beragam dan sudah sangat dipermudah misalnya investasi emas, deposito, ataupun saham.

Tapi perlu diingat, banyak juga investasi yang “bodong”, bukannya untung malah jadi buntung. Oleh karena itu pilihlah investasi yang aman serta pas untuk budget kamu.

3. Berbisnis online

Ecommerce via http://pexels.com

Semakin canggihnya teknologi informasi dan berkembangnya dunia ecommerce membuat berbisnis semakin mudah dan murah. Selain itu, berbisnis di bidang ini tidak perlu harus memiliki kemampuan manajemen dan modal yang besar cukup dengan koneksi internet dan jaringan kamu sudah bisa memulai bahkan dengan modal 0 rupiah.

Berbisnis online ini bisa membantu menghasilkan pendapatan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari kamu dan tidak harus selalu menunggu kiriman dari orangtua. Dengan mendaftar akunmu di situs ecommerce, kemudian posting barang-barang yang bagus dan layak dijual kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan. Jika kamu tidak memiliki barang untuk dijual ternyata di situs tersebut terdapat banyak penjual yang bersedia untuk dropship atau membantu barang jualan mereka untuk dijual oleh kita jadi tidak perlu modal sama sekali bahkan 0 rupiah.

4. Mengikuti perlombaan berhadiah

Kompetisi via http://pexels.com

Saat ini perlombaan atau kompetisi banyak beredar di internet. Mulai dari perlombaan yang hanya murni mencari pengalaman hingga perlombaan berhadiah bernilai jutaan. Kita bisa mencari informasi tersebut di berbagai kanal media seperti media sosial ataupun informasi internal kampus seperti bagian kemahasiswaan. Selain dapat mengasah kemampuan ternyata perlombaan dapat menjadi alternatif untuk mencari uang tambahan lho. Yuk mulai sekarang mulai cari kompetisi yang sesuai dengan minat dan bakatnya!

5. Kerja part time

Part time job via http://pexels.com

Untuk menambah penghasilan untuk mahasiswa salah satu caranya adalah dengan mencari kerja sambilan. Bentuknya bisa beragam, bisa membuat jasa desain grafis, copywriting, atau mengajar privat. Walaupun tidak sebesar layaknya gaji kantoran tapi dijamin dengan kerja sambilan kita mampu memperpanjang masa sejahtera hidup kita dan mampu hidup layak di akhir bulan. Jadi tunggu apalagi, segera cari ya melalu relasi yang kamu punya bisa melalui teman kampus, bimbel atau mencari di internet.

Yuk, mulai sekarang jangan cuma jadi mahasiswa yang konsumtif namun juga perlu belajar bagaimana mengatur keuangan serta mencari penghasilan, agar kita tahu betapa besar perjuangan orangtua agar mampu menghidupi diri kita!