Sakit pinggang biasanya dialami oleh seseorang yang menginjak usia 30 hingga 50 tahun, hal ini dikarenakan tulang sudah semakin rapuh dan kemampuan otot sudah menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi sangat rentan cedera dan sakit. Selain itu, hal ini dapat timbul karena gangguan organ tubuh salah satunya ginjal.

Sakit pinggang adalah salah satu penyakit yang sering ditemui oleh para dokter, dengan berbagai keluhan sakit pinggang kanan, kiri, dan belakang. Ironisnya, sebagian penderita mengira sakit pinggang terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat. Padahal, bisa jadi sakit pinggang adalah gejala awal penyakit di organ tubuh anda.

Terjadinya sakit pinggang sebelah kiri membuat penderita susah melakukan beberapa aktifitas contohnya : susah membungkuk dan bergerak sedikit terjadi kejang-kejang. Rasa nyeri akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada postur tubuh, jika sakit pinggang sudah pada tahap tersebut segerakan menemui dokter ahli.

Berikut ini 4 penyebab nyeri pada pinggang sebelah kiri :

 

1. Sciatica atau saraf kejepit

Sciatica atau saraf kejepit

Sciatica atau saraf kejepit via http://www.gudangkesehatan.com

Sciatica adalah kondisi dimana adanya nyeri pada bagian pinggan belakang ditandai mati rasa akibat cedera atau ada tekanan pada nervus skiatika. Hal ini dilanjuti dengan ciri-ciri penderita tidak bisa mengendalikan proses buang air besar dan kandung kemih. Sedangkan kepercayaan masyarakat mengenai skiatika adalah penyakit yang datang sendiri dengan penyebab yang bervariasi.

2. Spinal Spinosis

Spinal Spinosis

Spinal Spinosis via http://www.gudangkesehatan.com

Spinal spinosis adalah kondisi menyempitnya tulang belakang sehingga menyebabkan tekanan di bagian saraf tulang belakang. Penyebab ini biasanya diderita oleh orang tua yang sudah berumur 30 tahun keatas. Ciri-cirinya penderita mengalami gejala sakit punggung hingga mati rasa, tubuh melemah dan hilangnya energi. Pada kasus tertentu bila hal ini lebih parah maka penderita akan mengalami kesakitan dengan posisi berdiri.

Untuk perawatan awal pada penderita spinal adalah dengan menggunakan obat, antidepresan, dan relaxers otot. Dapat dibantu dengan terapi fisik untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh.

3. Gangguan pada ginjal

Gangguan pada ginjal

Gangguan pada ginjal via http://www.gudangkesehatan.com

Letak ginjal berdekatan dengan pinggang, maka jika ginjal terkena infeksi atau mengalami batu ginjal. Maka sedikitnya rasa sakit akan dirasakan didaerah pinggang dan panggul. Ketika anda mengalami infeksi ginjal, maka air kemih akan naik ke ginjal. Sehingga membuat ginjal meradang, dan akan membuat sakit pinggang sebelah kiri. Jika anda salah satu orang mengalami infeksi ginjal, lebih baik cepat konsultasikan ke dokter.

4. Otot tegang

Dengan aktivitas yang berlebihan dan tidak biasa akan menegangkan saraf otot. Hal ini seperti ketika olahraga, seseorang yang tidak biasanya olahraga akan merasa kaget bila dimulai olahraga lagi tanpa melakukan pemanasan. Buruknya otot pinggang yang tegang akan robek. Namun sangat beruntung karena kondisi ini dapat diatasi dengan istirahat yang cukup dan terapi fisik.

5. Periksa!!!

Pada umumnya sakit pinggang dapat diatasi dengan istirahat yang cukup, terkadang didiamkan saja, atau menggunakan salep hingga akhirnya rasa sakitnya menghilang dengan sendirinya tanpa harus konsultasi ke dokter. Namun ada beberapa kasus juga dimana sakit pinggang terasa luar biasa dengan ciri-ciri tidak bisa mengontrol buang air besar atau buang air kecil.

Kurangnya massa dan kekuatan otot juga harus diperhatikan. Dan jika anda mengalami sakit pinggang berkelanjutan dalam durasi panjang, lebih baik segera konsultasikan pada dokter.