Segala Puji bagi Allah yang Maha Kuasa, serta shalawat dan salam kita panjatkan ke hadapan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Pasti ada sesuatu di balik kesuksesan. Pasti ada sesuatu di balik kehebatan. Pasti ada sesuatu di balik segala apa yang telah bisa kita rasakan saat ini. Tentulah segala sesuatu itu datangnya dari Sang Pencipta, tak dapat dipungkiri yang demikian. Namun di balik itu semua, siapakah sosok sosok yang bersama mereka Sang Pencipta senantiasa memberikan rahmat kepada seluruh manusia yang ada di dunia ini?

Sehingga dalam tulisan ini, saya mengkategorikan ada 4 orang yang paling berpengaruh di dunia.

Berbicara tentang hal demikian, terlintaslah nama nama tokoh-tokoh terkenal dunia layaknya seorang Albert Einstein, Isaac Newton, Nelson Mandela, dan lainnya seperti yang banyak diceritakan di buku-buku sejarah maupun artikel-artikel. Adakah demikan orang-orang itu termasuk dari 4 orang paling berpengaruh di dunia? Jika bukan, lantas siapa? Mari kita simak. 

Lebih jauh dari situ, Nabi kita Muhammad SAW telah lebih dahulu menerangkan siapakah sosok-sosok tersebut.

Maka berikut ini ialah keempat orang tersebut.

 

1. Ibu

Seorang ibu

Seorang ibu via https://www.google.co.id

Seseorang datang menghadap Rasulullah SAW dan bertanya, 

"Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku pergauli (hormati) dengan baik?". 

Rasulullah pun menjawab,

"Ibumu."

Coba dikira-kira, seberapa luar biasanya perjalanan hidup seorang ibu di kala membesarkan kita, anak-anaknya? Kadang kita sering menutup mata, sering tidak peka kepada 'Super Hero' dunia nyata ini. Tanya kepada diri sendiri, seberapa sering kita menyakiti perasaan beliau? Sedangkan seberapa banyak curahan cinta beliau kepada kita? 

2. Ibu

Kasih ibu sepanjang masa

Kasih ibu sepanjang masa via http://molbuk.ua

Kemudian orang itu bertanya lagi kepada Rasulullah:

"Siapa lagi ya Rasulullah?"

Rasulullah pun menjawab,

"Ibumu."

Sudah mulai sadarkah kita, siapa sosok orang yang paling berpengaruh itu? Ini baru dua, masih sisa dua orang lagi.

3. Ibu

Pelukan Ibu yang selalu menenangkan

Pelukan Ibu yang selalu menenangkan via http://www.isis-med.ro

Orang itu kembali bertanya kepada Rasulullah untuk ketiga kalinya,

"Siapa lagi ya Rasulullah?"

Kemudian Rasullah menjawab,

"Ibumu."

Wow! Betapa terkejutnya bukan? Sudah tiga kali pertanyaan itu dijawab Nabi kita dengan jawaban yang sama pula. Hmmm, mari kita lihat selanjutnya!

4. Ayah

Kemudian orang itu kembali bertanya kepada Rasulullah,

"Siapakah lagi ya Rasulullah?".

Kemudian barulah di pertanyaan keempat ini, Rasulullah menjawab,

"Ayahmu."

Hadirnya seorang Ayah tentu membawa suatu rasa kebahagiaan tersendiri, betapa harus diidolakanlah beliau jika melihat perjuangannya dalam mencari nafkah untuk menghidupi kita sehari-hari. Bersama seorang ibu, mereka benar-benar membawa pengaruh yang luar biasa bagi kebaikan hidup kita.

Di sinilah berhentinya pertanyaan, siapakah keempat sosok paling berpengaruh di dunia tersebut. Tidak lain, tidak bukan ialah orang tua kita. Betapa tidak berarti apa-apa kita ini jika tanpa orang tua, baik itu Ibu atau pun Ayah. 

Ibu sendiri memiliki kedudukan yang paling mulia hingga Rasulullah menyebutkannya sebanyak tiga kali sebagai seorang yang pantas dihormati. Kemudian disusul seorang ayah di bagian keempatnya. Hadis riwayat Abu Hurairah ra, ia berkata:

Seseorang datang menghadap Rasulullah SAW dan bertanya: Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku pergauli dengan baik? Rasulullah saw. menjawab: Ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah saw. menjawab: Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah saw. menjawab: Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah saw. menjawab lagi: Kemudian ayahmu. (Shahih Muslim No.4621)

Berkenaan dengan keutamaannya seorang ibu, tentu kita harus tetap mencintai keduanya sebagaimana mereka berdua mencintai kita, sebagaimana dalam hadist Rasulullah yang lain. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra., ia berkata:

Seseorang datang menghadap Nabi SAW. memohon izin untuk ikut berperang. Nabi SAW. bertanya: Apakah kedua orang tuamu masih hidup? Orang itu menjawab: Ya. Nabi SAW. bersabda: Maka kepada keduanyalah kamu berperang (dengan berbakti kepada mereka). (Shahih Muslim No.4623)

Mari mulai dari sekarang, lebih tingkatkanlah rasa cinta kita kepada kedua orang tua kita, tak peduli bagaimana pun keadaannya. Ada sebuah ungkapan yang cukup menarik,

"Ingat Ayah yang telah banyak kehilangan apa pun demi kita dan Ibu yang selalu siap menggantikan rasa sakit yang kita rasakan."

 

Alhamdulillahhirobbil aalamiin.

5. Muhammad SAW

Muhammad SAW

Muhammad SAW via https://www.google.co.id

Nabi Muhammad SAW ialah suatu panutan bagi umat manusia. Betapa mulia akhlak Beliau sehingga ada banyak macam pelajaran yang dapat kita ambil untuk kehidupan kita sehari-hari agar menjadi pemuda pemudi yang cerdas dalam bertindak, berkata kata, dan berjiwa mulia.

 

Wassalamu'alaikum.