Dengan semakin berkembangnya teknologi dimasa kini, banyak sekali bisnis yang kian berkembang pesat dengan tersedianya teknologi pendukung. Adapun salah satunya yaitu melalui  media digital marketing Indonesia. Internet sendiri sudah menjadi hal terpenting dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam sistem marketing atau pemasaran. 

Ketika melakukan pemasaran secara digital, terdapat beberapa hal atau poin yang wajib diperhatikan sebagai berikut :

1. Konteks

Pixabay via https://pixabay.com

Di tahapan ini, nantinya ditentukan konteks untuk dituangkan berdasarkan pesan produk Anda maupun layanan yang Anda berikan. Seperti penentuan permasalahan sampai stakeholder tertentu yang telah terlibat. Dapat dibilang hal ini menjadi kunci paling utama dalam mempromosikan layanan maupun produk yang nantinya disampaikan secara berulang-ulang sehingga memperoleh kesadaran dari public atau khalayak.

2. Integrated Digital Marketing

Pixabay via https://pixabay.com

Konten dan media sosial tentunya mempunyai peranan paling penting dalam hasil pencarian. Dimana banyaknya jenis dari media sosial yang kini hadir dimasyarakat, mewajibkan sebuah brand mempunyai media sosial sebanyak mungkin demi menjangkau pelanggan dengan cakupan yang lebih luas lagi. Akan tetapi pemakaian media sosial yang banyak tersebut wajib untuk saling terintegrasi, dengan begitu tak terdapat informasi yang sifatnya tumpang tindih. Maka dari itu, harus memastikan setiap pendekaatan dilakukan dengan memberikan kemungkinan saling terikat secara bersamaan agar mencapai nilai efektivitas semaksimum mungkin.

3. Produk Berhubungan Dengan Khalayak

Advertisement

Pixabay via https://pixabay.com

Dalam poin ini biasa disebut juga sebagai Embrace Relationship Marketing, dimana sebuah brand atau produk wajib berhubungan secara langsung bersama pelanggannya. Dimana brand harus dapat membina hubungan dengan baik sehingga membuaat calon konsumen atau pelanggan merasa tertarik atas penawaran yang telah diberikan. Dalam hal ini, Anda harus memahami keinginan pelanggan serta dapat meyakinkan pelanggan dengan bahasa penyampaian yang mudah dimengerti, diingat serta menjanjikan.

4. Lakukan Personalized Marketing

Pixabay via https://pixabay.com

Biasanya pendekatan marketing dalam media televise dan media tradisional tampak kurang efektif sebab timbulnya kejenuhan media. Untuk itu, Anda harus melakukan personalized marketing dalam situs e-commerce, website dan email yang sesuai dengan user interface dan iklan demi kepentingan pelanggan atau konsumen secara relevan. Dalam poin strategi marketing digital Indonesia yang satu ini, tentunya lebih efektif memasarkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

5. Conclusion

Pixabay via https://pixabay.com

Hal-hal di atas merupakan proses yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk kesuksesan dalam pemasaran digital. Semoga bermanfaat 🙂