Buat kalian para cewek yang sudah mulai menginjak masa pubertas, pasti banyak banget nih di antara kalian yang nggak begitu percaya diri menggunakan make up. Kenapa? Tentunya kalian nggak mau diejekin orang sekampung kalau make up kalian itu terlalu tebal, 'kan? 

Nah di sini, kita bakal bahas apa aja sih hal–hal yang bisa meningkatkan kepercayaan dirimu saat menggunakan make up. Check this out!

 

1. Seperti cewek-cewek Korea, menyelupkan wajah ke air dingin selama 30 detik bisa bikin riasanmu tahan lama. Gini penjelasannya!

Merendam Wajah

Merendam Wajah via http://cms.centroone.com

Bukan oreo aja lho yang bisa dicelupin!

Kok malah bahas oreo? Tenang girls, kita nggak lagi salah topik, kok.

Memang bener, nyatanya bukan oreo saja yang bisa dicelupin, melainkan muka kamu juga! Jadi gini, di Korea ada sebuah tren unik. Setelah mengaplikasikan make up, cewek Korea mencelupkan wajah mereka ke dalam baskom berisi air dingin selama 30 detik.

Nah, efeknya adalah, riasan yang kamu pakai bisa terlihat lebih natural dan tahan lama. Penjelasan ilmiahnya, karena suhu dingin pada air dapat membuat partikel-partikel bedak padat yang kamu gunakan meresap ke wajah kamu. Itulah yang membuat muka kamu jadi terlihat lebih natural walau menggunakan bedak cukup tebal sekalipun.

2. Sebagai pemula, hindari penggunaan pensil alis berwarna hitam, kalau wajahmu nggak mau terlihat seram!

Ini bener, girls. Menggunakan pensil alis berwarna hitam dan mengaplikasikannya terlalu tebal dapan membuat riasan di wajah kamu terlihat sedikit berlebihan. Sebaiknya, kamu menggunakan warna alis yang sesuai untuk usia kamu, jika kamu masih teenagers, atau masih berusia di awal 20 tahunan, kamu cukup mengaplikasikan alis berwarna dark brown atau light brown secara tipis. Hal itu dapat memberikan kesan bahwa alis kamu tumbuh natural tanpa sentuhan make up.

3. Nggak semua orang cocok dengan warna lipstik 'nude' atau cokelat muda. Coba, lihat dulu jenis kulitmu seperti apa

Lipstick Nude

Lipstick Nude via http://cambon.id

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan warna nude dapat membuat riasan di wajah kamu terlihat natural. Presepsi ini salah besar. Kok gitu? Iya dong, sebenernya warna ini mempunyai kelemahan, yaitu nggak semua warna kulit cocok dengan warna nude. Kalau kamu berkulit agak gelap, pastinya riasan kamu akan terlihat pucat, 'kan? So, hindari penggunaan warna nude sebisa mungkin.

4. Membuat gradasi pada bibir membantumu menyamarkan segala kekurangan pada kulit bibir. Hmmm, gimana ya caranya?

Gradasi bibir

Gradasi bibir via http://3.bp.blogspot.com

Jika kalian punya masalah dengan warna bibir kalian, pasti kalian tertarik menggunakan lipstick. Ahsayangnya lipstick malah membuat riasan kalian berlebihan kadang.

Sebagai solusinya, hindari mengaplikasikan lipstick secara keseluruhan sampai memenuhi seluruh sudut bibir kamu. Penggunaan lipstick yang benar yaitu, pengaplikasian lipstick pada area bibir dalam kamu saja. Hal ini dapat menimbulkan kesan bahwa bibir merah kamu itu alami.

5. Untuk menghindari kulit muka terlalu putih dan leher hitam, sebaikya pilih warna bedak atau foundation yang tepat

Warna Foundation

Warna Foundation via http://2.bp.blogspot.com

"Ih, cewek itu mukanya putih tapi kok lehernya hitam?"

Sering denger kalimat kayak gitu? Nah, biar sindiran itu nggak dilontarkan juga ke kamu, maka kamu sebagai cewek, wajib dan harus bijak memilih warna foundation untuk wajah kamu. Pilih yang warnanya sama dengan warna wajah kamu, atau satu tingkat di atasnya. Jangan lupa aplikasikan juga ke area lehermu supaya warnanya rata 🙂

Nah, kalau ke-5 trik tadi bisa banget kamu aplikasikan supaya wajahmu yang belum terlalu tua lebih terlihat fresh dan cantik. See, nggak perlu beli make-up mahal atau ke dokter kecantikan 'kan?