Siapa yang disini pernah membatik? hayo ngaku. Dijaman yang serba modern ini hanya orang orang tertentu saja yang mau belajar membatik padahal batik sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia lho. Banyak alasan orang enggan belajar membatik karna prosesnya yang lama, caranya yang rumit, padahal sebenarnya membatik itu seru lho, ini dia alasanya kenapa membatik jadi lebih seru. cek yuk!

1. Warisan Budaya

jaziratul muluk via https://www.facebook.com

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan pada jaman dahulu. Sejak tanggal 2 Oktober 2009 batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya indonesia yang harus kita jaga kelestariannya

2. Beragam Motif

motif batik via https://www.facebook.com

Kata batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang mempunyai arti menulis dan “titik” yang berarti titik. Batik berarti menuliskan titik titik kedalam selembar kain melalui perantara malam yang tersusun sehingga membentuk motif yang berbeda-beda. Seperti motif kawung, parang, titotejo, sekar jagad dan masih banyak lainnya. Perbedaan motif ini dikarenakan setiap motif mempunyai makna filosofis dari para leluhur secara turun temurun.

3. Belajar Sabar

Advertisement

Membatik juga mengajarkan arti kesabaran karna dibalik setiap motif yang cantik membutuhkan proses yang rumit dan memerlukan waktu yang lumayan cukup lama. Dari titik ke titik kemudian menjadi garis dan membentuk suatu motif yang akan menghasilkan nilai seni yang tinggi. Dengan melewati proses yang panjang ini juga mengajarkan untuk lebih menghargai proses.

4. Mengembangkan Kreatifitas

kreatifitas via https://www.facebook.com

Awalnya batik memiliki motif yang terbatas namun karna pengaruh bangsa asing kini motifnya pun jadi beragam dengan warna warna cerah, motif bebungaan. Dengan belajar membatik kamu bisa menuangkan ide dan cerita dalam selembar kain melalui perantara malam.

5. Lebih Menghargai Karya

Karena prosesnya yang merlukan waktu lumayan lama, setiap kerumitan dalam goresan canthing yang membentuk motif ini akan lebih dihargai tak hanya oleh pembuatnya namun juga masyarakat luas. Tak heran jika batik tulis dengan motif yang khas dijual dengan nominal yang tinggi.

Nah ini dia keseruan yang bakal kamu alami saat belajar membatik, mengisi waktu luang dengan lebih mengenal budaya bangsa dan melatih kreatifitas, kenapa tidak?