Siapa yang tak ingin mendaki gunung tertinggi di Negara Malaysia, tepatnya untuk menjajal trek Gunung Kinabalu dengan 4.095 mdpl-nya. Gunung tertinggi di Negara Malaysia dan merupakan Summit of Borneo menjadikan Kinabalu menjadi alternatif pilihan wisatawan domestik dan luar negeri. Meskipun gunung ini memiliki ketinggian yang cukup "wah", namun kamu tak perlu khawatir karena beberapa info menarik ini akan membuka pandanganmu tentang Gunung Kinabalu. Apa saja sih itu? Yukkita cek satu per satu!

 

1. Prestise

Kinabalu Mountain

Kinabalu Mountain via https://www.flickr.com

Gunung Kinabalu punya predikat UNESCO World Heritage Site. Artinya apa? Kinabalu dilindungi dan dipelihara oleh PBB. Dianggap sebagai warisan dunia yg harus dilestarikan keanekaragaman flora dan faunanya. Predikat ini belum diperoleh satu pun gunung di Indonesia.

2. Ketinggian

Kinabalu Descent

Kinabalu Descent via https://www.flickr.com

Ketinggian Gunung Kinabalu mencapai 4.095 mdpl yg membuatnya menjadi salah satu gunung tertinggi di ASEAN. Kapan lagi nginjak ketinggian 4ribuan dengan mudah. Jauh lebih mudah dan murah dibandingkan Cartenz Piramid sekalipun di Jayawijaya.

3. Management

Laban Rata Resthouse Mount Kinabalu Sabah North Borneo

Laban Rata Resthouse Mount Kinabalu Sabah North Borneo via https://www.flickr.com

Gunung Kinabalu dikelola antara pemerintah dan swasta. Sangat tertata rapi dan orientasi pelayanan kepada pendaki. Jadi jangan kaget disana disediakan makan prasmanan terus, pos pendakian yang ada kamar mandinya, hotelnya di ketinggian 3200an mdpl, sampai ada helipad di atas gunung. Sangat mengutamakan pelayanan kepada pendaki. Jangan kaget kalau sepulang dr kinabalu kalian dapat Certificate of Achievement. Keren kan.

4. Kebersihan

Summit Trails Mount Kinabalu

Summit Trails Mount Kinabalu via https://www.flickr.com

Di sepanjang jalur pendakian, tak ada satupun sampah yang terlihat. Setiap pos ada tempat sampah dan guide harus mengambil sampah untuk dibawa turun. Selain itu karena ada toilet dan air bersih ga ada tuh cerita tisu-tisu basah bekas buang hajat bertebaran di sepanjang jalur pendakian.

5. Ramah Pemula

Mount Kinabalu Check Point

Mount Kinabalu Check Point via https://www.flickr.com

Baru pertama kali naik gunung? Kinabalu ramah buat kamu. Oke meskipun ketinggiannya 4.095 mdpl tapi jalurnya sudah dibuat senyaman mungkin dengan tangga-tangga dan pegangan. Kita juga tidak boleh bawa tas yang berat. Cukup tas kecil (daypack) saja untuk baju dan kamera. Lah gimana, makanan sudah tersedia di atas. Prasmanan lagi. Tenda? Kita tak butuh tenda. Ada hotel di Pos Laban Rata. So, kita akan lebih bisa menikmati perjalanan.

 

Nah, itu dia 5 alasan kamu harus ke gunung kinabalu. Kita bisa dapat experience baru mendaki gunung yang dikelola dengan sangat profesional. Oh iya, dibanding gunung berketinggian 4000 meter yang lain, biaya ke kinabalu jauh lebih murah. Kita juga berkesempatan belajar dari pengelolaan gunung yang cukup keren ini. Siapa tau gunung di Indonesia ke depan bisa mengikuti jejak kinabalu.

Yuk ke kinabalu!