Action camera itu ukurannya kecil, awal kemunculannya dimulai oleh GoPro pada tahun 2002. Di luar negeri action camera sudah sering digunakan pada kegiatan olahraga, seperti surfing hingga downhill. Di Indonesia, action camera justru baru dikenal secara luas pada akhir tahun 2014.

Tentu kalian penasaran, kenapa sih action camera sangat disukai? Apa saja kelebihannya dibandingkan kamera-kamera lain sekelas Mirrorless atau DSLR? Berikut 5 alasan kenapa action camera sangat populer saat ini.

1. Ukurannya kecil, bisa dibawa kemana aja

Businessinsider.com via http://static6.businessinsider.com

Ukuran kamera action yang kecil dan ringan, membuat kamera ini sangat mudah diletakan pada bidang apapun. Produsen action camera biasanya menjual kameranya lengkap dengan beragam aksesoris mounting dan waterproof case sehingga kita bisa menempatkan action camera di pergelangan tangan, di atas helm seperti para Motovlogger bahkan di dalam air sambil menyelam. Coba bayangkan, jika kamu menggunakan kamera DSLR yang ditaruh pada helm atau papan selancar kamu? Bisa kamu bayangkan bagaimana jadinya kan? Pasti …

2. Hasil video menakjubkan

Wide Angle Footage via https://www.youtube.com

Meskipun ukurannya kecil, namun action camera berkualitas akan mampu menghasilkan foto dan video yang menakjubkan. Biasanya action camera memiliki lensa wide (di atas 150 derajat), sehingga kamera ini mampu menangkap banyak cahaya dan menghasilkan video atau foto yang sangat luas. Luar biasa bukan?

3. Stabil tingkat tinggi

Tingkat stabilitas action camera tinggi via https://www.youtube.com

Advertisement

Action camera berkualitas pada umumnya sudah dilengkapi dengan built in electronic image stabilization, di mana EIS ini berfungsi untuk mereduksi getaran atau guncangan pada setiap hasil video yang kita ambil menggunakan action camera. Fitur ini sangat wajib dimiliki oleh action camera karena pada dasarnya, kamera jenis ini digunakan pada aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan. Hasilnya, video footage dari kamera aksi akan sangat lembut layaknya menggunakan camera stabilizer.

4. Tahan banting dan tahan air

Tahan air dan banting via http://www.popularmechanics.com

Proses pembuatan action camera berbeda dengan kamera lainnya. Action camera dibuat dengan sangat compact, menggunakan single board sehingga tidak banyak komponen yang terpisah di dalamnya. Hal ini membuat selain kamera aksi berukuran kecil, kamera ini juga tahan banting.

5. Action camera punya banyak pilihan merek loh! Sudah tahu belum apa saja?

GoPro Hero 4 Session via https://ngelag.com

Tentu ketika mendengar action camera, kalian akan langsung membayangkan GoPro, GoPro, dan GoPro. Namun nyatanya, sudah banyak produsen lain seperti: Xiaomi, SJCAM, Toshiba, Sony, dan masih banyak lagi action camera lainnya yang memiliki kualitas dan ketahanan seperti GoPro.