1. Rasa Penasaran Bisa Bikin Kamu Lupa Sama Patah Hati

AIESEC Indonesia via http://aiesec.or.id

Ketika kamu travelling lewat program exchange, hal yang harus kamu tahu adalah, disana kamu gak akan spending your time for only jalan-jalan gak berfaedah. Tapi di negara tempat kamu exchange, kamu bakal menjalankan sebuah projek sosial. Menjalankan projek di negara orang, tentu akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih positif, karena selain positive impact dari projek yang kamu jalankan, di negara tempat kalian exchange, kamu akan bertemu dengan orang-orang asing dari negara itu sendiri dan sesama peserta exchange dari seluruh belahan dunia yang mempunyai mimpi yang sama untuk merubah dunia! Dan juga, kamu akan belajar bagaimana budaya yang mereka jalani hingga bisa menyenangkan diri sendiri dengan menjelajah tempat-tempat baru yang menyenangkan tanpa melupakan sosial projek yang kamu jalankan sembari mencicipi kuliner disana. Sudah pasti banyak kesenangan yang akan kamu dapat ketika traveling lewat exchange programnya dan secara perlahan mampu menyembuhkan luka di hati. So, what are you waiting for, dude?

2. Feel Free, No Boundaries

AIESEC Indonesia via http://aiesec.or.id

Feel free disini bukan berarti kamu feel free udah gak ada pacar lagi alias jomblo hehehe. Tapi, like normally in relationship, pasti ada pacar dari kita yang suka buat rules gak jelas dan ngelarang kita untuk begini dan begitu. Nah saat kamu sudah putus dari si doi dan berusaha untuk menghilangkan patah hati yang kalian rasakan, travelling lewat program exchange adalah pilihan yang pas! Karena gak bakal ada yang melarang kamu untuk pergi exchange dan bebas memilih negara beserta project mana yang kamu inginkan. Hal ini juga akan membuat kamu semakin realize masih banyak orang yang lebih sayang kamu daripada si mantan. Masih ada keluarga dan sahabat tentunya yang akan selalu support hal positif yang kita lakukan. Selama exchange juga, kamu akan merasakan real life yang sesungguhnya dan akan mampu secara perlahan menyembuhkan luka yang ada di hati…

3. Mengenal Diri Kamu Lebih Jauh

AIESEC Indonesia via http://aiesec.or.id

Advertisement

Selama kamu exchange dan menjalankan project di negara orang, banyak hal yang tak terduga yang akan kita dapatkan. Bertemu orang-orang baru, lingkungan baru, dan suasana baru, akan memberikan kita pengalaman lainnya yang lebih berharga, dan akan mengajarkan kita tentang seberapa penting kita harus menghargai hidup dan tidak hanya fokus dengan satu orang yang telah melukai hati kita. Dari pengalaman menjalankan projek selama exchange, tentu akan membuat kita fokus untuk selalu melakukan hal positif dan membuat kita belajar tentang arti kita hidup sebenarnya. Hal-hal itu mampu mendewasakan hati kita. Bonusnya, kamu menjadi tau tentang diri kamu, apa passion kamu dan apa strenght and weakness kamu.

4. Ketemu Orang Baru? Bisa Jadi Dia Jodoh Kamu

AIESEC Indonesia via http://aiesec.or.id

Ketika kamu menjalankan program exchange, pastinya kamu akan bisa networking. Mulai dari sesama exchange participant yang bakal jadi temen kamu selama disana, host family tempat kamu tinggal dan menjadi keluarga kedua, dan juga random people atau stranger yang kamu kenal selama disana. Ga menutup kemungkinan kamu akan tetap keep contact setelah program exchange kamu selesai!

Ada dua kemungkinan nih, bisa jadi kamu nemu jodoh kamu disana atau kalau engga bisa aja temen baru kamu ngenalin kamu ke temen- temen doi. Siapa tau salah satunya jodoh kamu? Intinya perbesar networking kamu dan nothing to lose aja. Ketika kamu berada di lingkungan orang- orang pinter dan sosial, kemungkinn besar kamu akan bertemu dengan jodoh yang pintar dan sosial juga!

5. Kamu Siap Membuka Hati Lagi

AIESEC Indonesia via http://aiesec.or.id

Sepulang dari exchange, kamu seperti menjadi pribadi yang baru. Kamu memiliki perspective baru tentang banyak hal. Tentunya, kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu siap nge-share pengetahuan dan wawasan yang kamu dapatkan selama exchange ke orang- orang sekitar kamu. Apalagi ketika kamu melakukan volunteer abroad, kamu jadi terdorong untuk ikutan berbagai kegiatan serupa di Indonesia. Dan itu bisa jadi daya tarik sendiri untuk calon pacar kamu nantinya. Kadang ketika kamu enggak sedang mencari, doi datang! Jadi kuncinya adalah becoming a better you everyday and the right person will come along. Jangan terlalu larut dalam kesakitan, karena kebahagiaan itu akan tercipta bukan karena campur tangan si doi, tapi dari diri kitalah yang mampu menciptakan kebahagiaan itu sendiri.