Membaca seringkali dianggap membosankan. Jangankan untuk memulai membaca, membayangkan tumpukan buku di perpustakaan saja rasanya sudah pusing. Sejak kecil kita mengenal ungkapan "Buku adalah jendela dunia". Melalui buku kita bisa menggenggam dunia.

Melalui buku wawasan kita akan bertambah. Namun sebenarnya, masih banyak lho manfaat dari membaca buku. Berikut penjelasnnya!a

 

1. Membaca akan secara tidak langsung membuatmu 'lari' dari kenyataan

Books and reality

Books and reality via https://id.pinterest.com

Kenyataan seringkali tak sesuai dengan ekspektasimu dan membuatmu sedih, kecewa, atau bosan. Dengan membaca kamu bisa lari dari kenyataan. Kamu bisa sejenak melupakan pacarmu yang sedang menyebalkan, nilai ujianmu yang jelek, atau orang asing cerewet yang kamu temui di jalan. Pilihlah buku favoritmu yang bisa membuatmu senang dan melupakan kekecewaanmu.

2. Membaca membuatmu lebih peka terhadap segala sesuatu, termasuk hal-hal yang akan merugikanmu

Books and emotional

Books and emotional via https://id.pinterest.com

Setelah menonton film, biasanya kamu akan susah move on dari ceritanya. Sama halnya dengan membaca. Kamu masih larut dalam ceritanya. Kamu membicarakan kisah di novel yang kamu baca ke teman-temanmu sampai mereka bosan mendengarnya. Membaca novel atau cerpen yang menyentuh perasaanmu memang bisa membuatmu menjadi orang yang lebih peka. Tapi hati-hati ya karena terlalu peka juga tidak baik. Hehehe.

3. Membaca membuatmu menjadi seorang petualang yang berwawasan

Adventurous

Adventurous via https://id.pinterest.com

Kamu tidak harus berkeliling dunia untuk menjadi petualang. Dengan membaca, secara tidak langsung kamu bisa menjelajah dunia hanya dalam hitungan jam. Kamu bisa melintasi puluhan negara dan ratusan kota yang ingin kamu kunjungi. Kamu juga tidak perlu repot menyiapkan sepatu dan tas ranselmu.  Asik kan menjelajah dunia dengan bukumu, apalagi ditemani secangkir kopi? Hehehe.

4. Membaca membuatmu tak pernah sendirian, karena bacaan itu ibarat hadirnya seorang teman

Dalam hidup, kamu pasti pernah merasa kesepian. Kamu merasa tak punya siapa-siapa dan menganggap kamu sendirian di dunia ini. Atau kamu mungkin lelah masuk dalam sandiwara pertemanan yang melelahkan. Teman yang menusukmu dari belakang, bosmu yang banyak mau, atau dosen pembimbing yang susah ditemui. Jangan sedih, kamu punya buku.

Meskipun buku tidak bisa kamu ajak ngobrol, tapi dia bisa mengajakmu menjelajah imajinasimu dan melupakan masalahmu. 

5. Kelak jika kau bertemu dengan pujaan hati, pengetahuanmu tentang banyak hal akan sangat menguntungkan

Book and love

Book and love via http://www.gettyimages.com

Pada saat tertentu, obrolan dengan pasanganmu mungkin membosankan. Kamu lagi apa? Udah makan? Jangan lupa makan nanti kamu sakit. Gimana kuliahmu? Gimana kerjaanmu? Membicarakan kegiatan sehari-hari dengan pasanganmu lama-lama membosankan, bukan?

Nah, kalau kamu dan pasanganmu suka membaca, kalian bisa pergi ke toko buku atau perpustakaan dan membicarakan buku favorit kalian. Atau kalian juga bisa chatting tentang buku apa yang sudah kalian baca. Menyenangkan, bukan?