BluePrint dalam hidup itu sangat penting. Bukan hanya dalam Bisnis, dalam setiap aspek kehidupanpun sebaiknya kita memiliki cetak biru atas apa yang ingin kita capai. Mungkin hal ini akan terlihat sangat konyol dan sebuah pekerjaan yang aneh, namun perlu kita ketahui bahwa BluePrint dalam bisnis itu ibarat Otak yang ada pada manusia.

BluePrint itu ibarat kita akan membangun sebuah rumah. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan ? Benar, sebelum membangun sebuah rumah dapat di pastikan kamu harus memiliki rancangan mengenai design rumah seperti apa yang akan dibangun. Kamu tidak bisa hanya membayangkan saja tanpa memvisualisasikannya secara nyata. Kamu harus memiliki rancangan, baik tentang bentuk, ukuran, bahan yang hendak di gunakan, siapa yang akan membantu kamu mewujudkan rumah tersebut bahkan besaran biaya yang nantinya akan kamu keluarkan untuk membangun rumah impian tersebut.

Tanpa adanya rancangan apakah rumah bisa di bangun? Tentu saja bisa, namun dapat di pastikan bentuknya tidak akan sempurna. Bisa jadi ukurannya tidak pas, akan terlihat miring ke kiri, miring ke kanan, condong ke depan bahkan bisa jadi condong ke belakang. Beruntung jika rumah tersebut bisa berdiri kokoh, lah kalau baru di bangun beberapa tiang saja sudah rubuh, apa yang akan kamu lakukan ?

 

Adanya BluePrint memang tidak menjamin bahwa kamu akan mencapai seperti apa yang kamu rancang dan visualisasikan di atas kertas. Namun BluePrint ini ibarat sebuah visi yang akan menuntun langkah kamu untuk lebih dekat dengan Impian. Hal ini akan membantumu untuk lebih focus terhadap tujuan dan membuat kamu tidak mudah berubah serta berganti – ganti tujuan.

 

 

1. Visi – Apa niat terdalam Anda membangun bisnis / Impian tersebut

Belajar Menetapkan Visi Hidup

Belajar Menetapkan Visi Hidup via http://mebiso.com

"Jika, dalam hati, Anda tahu telah melakukan yang terbaik, tidak ada yang namanya kegagalan. Itulah sebabnya usaha maksimal sangat penting. Anda selalu menang ketika berusaha maksimal." Ruben Gonzalez.

Manusia hidup memiliki tujuan. Sayangnya, sebagian besar dari kita bingung dengan tujuan hidup ini. Sebenarnya tujuan dan visi berbeda, tapi untuk memudahkan pemahaman kita, ada baiknya kita menganggap visi sama dengan tujuan.
Visi adalah pandangan yamg jauh ke depan alias tujuan tanpa akhir. Contoh sebuah visi adalah manusia bisa terbang, malam hari menjadi terang seperti siang hari. Visi pertama tadi dimiliki oleh Wright brother yang akhirnya berhasil menciptakan pesawat terbang. Sedangkan visi kedua berhasil diwujudkan oleh Thomas Alfa Edison dengan menciptakan lampu pijar.  Yang pasti, jaman dimana Wright dan Edison hidup, visi mereka adalah omong kosong alias mimpi di siang bolong, yang tidak mungkin bisa terwujudkan ! Saat ini kita bisa hidup nyaman berkat visi kedua orang tersebut !

Bukan hanya untuk Impian Masa Depan, Dalam segala Aspek kehidupanpun baik pendidikan, Karier, Bisnis, bahkan Spiritual kamu harus memilki Visi yang Jelas. Hal ini tentu penting, selain sebagai motivasi juga dapat di jadikan pedoman ketika kamu kehilangan Arah dan tak tahu hendak melangkah kemana. Pastikan kamu memiliki Visi Hidup yang jelas, Tetapkan satu visi yang besar, dan segera lakukan Action. Tidak perlu Melakukan Langsung sekaligus, kamu hanya perlu melakukan hal kecil yang konsisten yang mengarah kepada Visi hidupmu tersebut.

Nah, Apa Visi Pribadi Kamu ?  

2. Misi – Bagaimana cara mencapai Niat Anda

Apa saja yang sudah, sedang dan akan kamu lakukan untuk mencapai visimu?

Visi dan misi adalah 2 hal yang sangat penting bagi seseorang dalam menjalankan kehidupan. Visi dan misi ibarat komitmen yang menentukan langkah langkah yang akan diambil dalam kehidupan. Visi dan misi membuat seseorang akan senantiasa berbenah dalam menjalani kehidupannya. Tidak adanya visi dan misi hanya membuat kehidupan seakan tanpa tujuan.

Jika pada Point pertama Kamu sudah menetapkan apa visi Hidupmu, maka langkah selanjutnya kamu harus menentukan langkah apa saja yang akan kamu lakukan dalam mencapai Visi tersebut. Tindakan yang kamu susun tentunya yang terjangkau dan bisa kamu lakukan. Jangan terlalu memaksakan diri menetapkan tindakan yang sebenarnya mustahil kamu lakukan. Kamu boleh bahkan harus memiliki Visi hidup yang besar, namun dalam prosesnya kamu juga harus melihat seberapa besar kemampuanmu. Yang terpenting diniatkan untuk konsisten dan disiplin dalam melaksanakan semua yang telah kamu rancang.

3. Goal – Tujuan jangka pendek yang harus dicapai dalam rentang 1-2 Tahun

Goal Setting

Goal Setting via http://puteralengkong.net

"Sebuah Tujuan (Goal) yang dirancang dengan baik, adalah setengah jalan dari pencapaian." ~ Abraham Lincoln

Sun Tzu menegaskan : barangsiapa mampu menyusun rencana dengan sangat seksama, akurat, dan detail, dia akan memenangkan peperangan..! Sebaliknya, barang siapa gegabah dan tidak fokus dalam perencanaan, pasti akan kalah dalam perang.

Jadi, dari cara menyusun rencana saja, kita sudah dapat meramalkan, apakah kita akan meraih kemenangan, atau dikalahkan lawan.

Ditambahkan pula oleh Sun Tzu tentang konsep "Che Chi Chie Bie, Pai Chan Pai Sen". Artinya, Mengetahui kekuatan maupun kelemahan diri sendiri, sekaligus mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Hasilnya, 100 kali berperang, 100 kali menang!

Referensi : http://www.naqsdna.com/2013/02/penetapan-sasaran-goal-setting.html

Setelah kamu menetapkan Visi dan Misi, selanjutkan tetapkan Goal / Tujuan Jangka Pendek. Hal ini penting sebagai bentuk Evaluasi terhadap apa saja yang telah kamu capai. Dengan memiliki Goal dalam jangka waktu 1 atau 2 Tahun, kamu bisa melihat apakah langkah kamu sudah sesuai dengan Visi dan Misi yang kamu tetapkan di awal atau justru melenceng dari jalurnya. Dengan Memiliki dan menetapkan Goal/Tujuan Jangka Pendek kamu lebih mudah dalam mencapai Visi Hidupmu. Pastikan tujuan yang kamu buat ini selaras dengan visi yang kamu tetapkan di awal. 

4. Action Plan – Rencana detil harian, Mingguan, dan bulanan agar goal tercapai dengan lebih terprediksi

Perencanaan adalah persiapan awal menuju tindakan. Setidaknya secara analitis, perencanaan harus dipisahkan dari implementasi sehingga pengambilan keputusan atas kebijakan sangat penting dapat diambil dan implikasinya dapat dipahami lebih awal sebelum tindakan.

 Mendisiplinkan diri adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena selama ini kita sudah terbiasa melakukan semuanya tanpa perencanaan yang jelas dan mudah menunda segala sesuatunya. Action Plan adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan agar kegiatanmu setiap hari lebih terarah. Dengan membuat detil dari setiap kegiatan yang akan kamu lakukan baik untuk kegiatan haria, bulanan bahkan tahunan maka kamu akan lebih mudah mencapai setiap goal dan tujuan yang telah kamu buat. Action Plan ini berfungsi sebagai langkah dan tindakan nyata yang harus kamu lakukan setiap harinya. Dengan memiliki Action Plan yang jelas, maka waktumu tidak akan terbuang sia - sia.

Memang berat, namun apa salahnya di coba. Menjalani proses memang terasa jenuh dan sangat melelahkan, namun percayalah ada harga yang harus di bayar dari setiap langkah yang kamu kerjakan. Tetap Optimis dan Yakin untuk berubah kearah yang lebih baik setiap harinya.

5. Attitude – Perilaku Anda dan team yang disepakati secara terbuka agar goal tercapai dengan koordinasi yang solid.

People May Hear your Words, but they fell your attitude

People May Hear your Words, but they fell your attitude via http://www.whatsapp360.com

Dalam Kehidupan pribadi Anda harus lebih banyak menjalin Silahturahmi yang baik dengan lingkungan sekitar. (Tom MC Ifle)

Sebaik Apapun Visi, Misi, Goal dan Action Plan yang kamu Rancang namun tanpa di lengkapi dengan Sikap yang baik semua itu tidak akan memberikan manfaat bagi Hidupmu. Kamu bisa mencapai keberhasilan namun mungkin tidak akan mendapatkan keberkahan dari yang kamu peroleh.

Selain mencapai Kesuksesan pribadi, kamu juga harus bisa menjadi sosok yang memberikan manfaat bagi kehidupan sekitarmua. Visi dan Misi boleh besar, namun tindakan nyata yang kamu lakukan harus sesuai dengan norma dan nilai - nilai yang ada di lingkunganmu. Tetaplah rendah hati, terus belajar dan bangun Networking yang baik dengan teman - temanmu dan tetangga sekitarmu. Bagaimanapun sebagai makhluk sosial kita hidup dalam lingkungan masyarakat yang beraneka ragam, pastikan kamu tidak merugikan orang lain ketika kamu berhasrat dan sedang bersemangat dalam mencapai semua visi hidupmu.

 

Pada akhirnya, semua kembali kepada Kamu. Apa yang sudah Kamu persiapkan sejauh ini dalam mencapai semua impian Kamu baik dalam Bisnis, Hubungan Personal, Karier, Sosial bahkan Keluarga ?

Sudahkan Kamu memiliki BluePrint atas semua mimpi – mimpi Kamu selama ini ?

BluePrint tidak menjamin Kamu dapat mencapai 100% apa yang Kamu impikan, namun tanpa adanya BluePrint apakah Kamu tahu apa yang akan Kamu lakukan dalam 1 Tahun ke depan ? bahkan dalam 1 minggu ke depan pun Kamu tidak tahu apa yang harus Kamu persiapkan.