Pernah nggak sih, kalian penasaran gimana rasanya kuliah sambil kerja? Sebetapa berharganya pengalaman yang bisa kita dapatkan ketika melakoninya? Sudah banyak bukti mengatakan bahwa, pengalaman dibaliknya sangat memberimu bekal yang luar biasa.

Mulai dari pengalaman mengatur waktu antara kuliah dan kerja, pengalaman bekerja secara tim bersama bos dan rekan kerja, pengalaman berkomunikasi secara resmi, pengalaman menghasilkan uang sendiri tanpa harus meminta-minta kepada orangtua.

Sederet pengalaman tadi hanyalah sebagian kecilnya, sedangkan masih ada ribuan pengalaman yang bisa kamu dapat darinya. So, bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang menakutkan. Dan berikut ini, alternatif kerjaan freelance buat kamu yang ingin kuliah sambil kerja.

1. Nulis konten berbobot

Hasilnya lumayan loh! via https://zobisnis.com

Profesi penulis kini menjadi yang populer di kalangan Gen Z. Gimana nggak, mereka yang senang browsing, mengamati perilaku orang di sekitarnya, dan menuangkan ide yang terkurung dalam kepala, menulis merupakan obat yang paling manjur.

Sekarang, dunia pemasaran online sudah semakin menjamur. Kini kesempatanmu untuk menjadi penulis konten yang berguna buat memasarkan produk sebuah perusahaan. Konten ini biasanya berupa konten blog, website, dan toko online.

2. Bikin video promosi produk

Tinggal berkreativitas kok! via https://www.pexels.com

Advertisement

Masih sama dalam ruang lingkup pemasaran online, produk yang dijual di internet juga butuh promosi lewat video. Hal ini untuk mengenalkan produk kepada audiens yang sedang berselancar di internet. Video biasanya lebih disukai karena tidak membosankan.

Bikin video promosi produk bisa jadi salah satu profesi kerja lepasmu. Fee yang didapat juga tidak kalah dengan menjadi penulis konten. Justru, kadang ada perusahaan yang membayar lebih berkat kualitas video promosi yang mampu menggaet calon konsumen menjadi pelanggan.

3. Urus toko online

Sekalian nyari pengalaman via https://www.pexels.com

Bisnis e-commerce juga tidak kalah menarik dibanding yang lainnya. Toko online pun kini sudah menjadi populer seperti toko fisik yang sekarang menjamur di sekitar kita. Karena toko online sifatnya fleksibel dan butuh diurus 24 jam, maka kamu bisa menawarkan kemampuanmu.

Kamu yang jago masalah bahasa pemrograman, pemasaran digital, dan fotografi produk, bisa mencoba untuk membantu para pengusaha dalam mengurus toko onlinenya. Lumayan lho, mengurusi toko online bisa memberikan pemasukan yang stabil.

4. Jadi influencer

Asik tau! via https://zobisnis.com

Buat kamu yang lagi nge-hitz di sosial media, boleh nih dicoba. Menjadi influencer atau figur, bisa mendatangkan pundi-pundi rejeki yang tidak terbatas. Kamu bisa mengandalkan akun-akun yang banyak followers-nya itu, untuk digunakan menjadi tempat endorse.

Dan kalau punya blog, lebih bagus lagi. Kamu bisa membuat review tentang sebuah produk, untuk kemudian kamu dibayar per post-nya. Asal, yang paling penting bagi influencer ialah frekuensi post. Harusnya, lebih banyak post yang menginspirasi dibanding endorse.

5. Nulis buku di University Press

Buat yang beneran fokus nih! via https://www.pexels.com

Terakhir namun bukan yang paling akhir, menulis buku di University Press bisa jadi solusinya. Banyak kok universitas-universitas yang memberikan royalti secara langsung tanpa melihat statistik penjualan. Jadi, dibayar kalau jadi satu buku.

Dan itu lumayan besar, satu buku bisa mencapai 12 juta sekali jadi. Asal, kualitas tulisan yang dibikin juga wajib berbicara. Beruntung buat kamu yang ada di universitas, dimana bisa menerbitkan karya novel atau fiksi.

Nah, sederet kerjaan freelance tadi juga muncul berkat perkembangan teknologi yang kian hari kian ganas. Manfaat lainnya, kamu bisa mengambil peluang bisnis dan berkembang selangkah lebih maju dibanding mereka yang tak pernah mencoba bekerja saat kuliah.