Saat ini penyedia beasiswa untuk mahasiswa sangatlah banyak, terlebih untuk beasiswa golongan sarjana. Banyaknya beasiswa berbanding terbalik dengan sosialisasi penyedia terhadap masyarakat, akibatnya banyak masyarakat yang belum mengetahui beasiswa tersebut. Padahal jika mahasiswa aktif mencari, maka akan ditemukan beasiswa yang sangat banyak, baik dari pemerintah maupun dari perusahaan swasta.

Penyedia beasiswa tersebut banyak yang memberikan biaya yang relatif kecil, akan tetapi tidak sedikit juga penyedia beasiswa yang membiayai mahasiswa dengan dana yang tidak sedikit.

Berikut akan dibahas mengenai 5 beasiswa yang dapat memberi seluruh biaya kuliah, plus uang saku yang mencapai 9 juta per tahunnya.

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi via http://beasiswa-id.net

Baiklah, beasiswa pertama yaitu beasiswa bidikmisi. Beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi ini sangat familiar di kalangan mahasiswa. Di samping karena Pemerintah membiayai seluruh SOP mahasiswa, beasiswa ini juga memfasilitasi penerima beasiswa dengan uang saku sebesar 9 juta per tahunnya. Artinya, selain ditanggung seluruh biaya kuliahnya, penerima bidikmisi juga akan mendapat biaya hidup sebesar 750.000 per bulan.

2. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia via http://beasiswa-id.net

Beasiswa selanjutnya datang dari Bank Indonesia. Beasiswa yang berasal dari BUMN tersebut mulai tahun 2017 ini telah menaikkan tunjangan hidup kepada penerima Beasiswa BI. Di tahun lalu, pihak Bank Indonesia menyediakan fresh money sebesar 6 juta per tahunnya sebagai tunjangan hidup. Akan tetapi, di tahun ini Bank Indonesia menaikkan hingga 50%, sehingga mahasiswa menerima 9 juta per tahunnya.

Advertisement


Itu artinya,, setiap bulan penerima akan mendapat uang saku sebesar 750.000, serta dibiayai kuliahnya hingga lulus nanti.


3. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa Pertamina Foundation via http://beasiswa.pertaminafoundation.org

Pemberi beasiswa selanjutnya juga datang dari BUMN, yaitu Pertamina Foundation. Beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa program sarjana S1 ini sebelumnya dinamai dengan Beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Saat ini Pertamina membuat beberapa program beasiswa, di antaranya Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.


Dengan menjadi penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini, maka penerima beasiswa tak perlu lagi pusing memikirkan biaya kuliah, karena pembayaran seluruh biaya kuliah (maksimal 5 juta per semester), dan uang saku sebesar 6 juta per tahun akan diberikan oleh PT Pertamina (Persero).


4. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance via http://beasiswa-id.net

Penyedia beasiswa selanjutnya datang dari perusahaan swasta, yaitu Bank BCA. Bank BCA melalui program BCA Peduli telah memulai membantu mencerdaskan kehidupan bangsa sejak tahun 2009. Tiap tahunnya, Bank BCA selalu menaikkan total biaya untuk dialokasikan ke program BCA Peduli ini.


Tahun 2009, total biaya yang dikeluarkan sebesar 305 juta, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 1,62 milyar, maka dapat disimpulkan, dalam 7 tahun ini BCA Finance telah menaikkan total biaya hingga lebih dari 5 kali lipatnya.


Di tahun 2016 lalu, mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa BCA Finance mendapatkan fresh money sebesar 6 juta per tahunnya, akan tetapi bukan tidak mungkin di tahun-tahun mendatang, BCA Finance akan terus menaikkan biayanya.

5. Beasiswa Astra International

Beasiswa Astra International via http://beasiswa-id.net

Beasiswa yang terakhir datang dari perusahaan Toyota Astra. Beasiswa yang diberikan kepada golongan sarjana S1 ini memberikan dana yang tak sedikit. Bagi mahasiswa S1 yang menjadi penerima beasiswa dari PT Astra International, Tbk ini akan didanai hingga 10 juta per tahunnya, dengan rincian 833.000 per bulannya dan akan dibayarkan tiap semesternya.

Bukan hanya itu, pihak panitia Beasiswa Astra International juga menyediakan fasilitas program pengembangan kepribadian, kesempatan magang/kerja praktik di seluruh perusahaan dan anak perusahaan Astra International. Bahkan apabila penerima beasiswa ini sangat berbakat, pihak Astra akan memberikan kesempatan project dengan dana menjapai 5 juta per orang tiap projectnya.

Sekian pembahasan 5 beasiswa S1 dalam negeri yang membiayai seluruh uang kuliahmu dan uang saku hingga 9 juta per tahun. Menarik bukan? Yuk jangan lupa apply!