Hayo, sahabat Hipwee suka baca gak nih? Budaya membaca harus dibiasakan ya, soalnya banyak banget manfaat yang bisa kita dapet dari membaca loh. Yap, membaca bisa membuka wawasan kita tentang dunia bahkan tanpa kita perlu beranjak dari tempat tidur kita.

Ngomong-ngomong soal buku, penulis jadi pengen share nih 5 buku inspiratif yang wajib kamu baca. Simak ya!

 

1. The Alchemist - Paulo Coelho

www.google.com

www.google.com via http://www.goodreads.com

The Alchemist by Paulo Coelho.

Menurut beberapa sumber yang penulis dapetin, The Alchemist termasuk salah satu buku yang fenomenal di abad ini. Di cetak ulang hingga beberapa kali, diterjemahkan ke hampir 80 bahasa di seluruh dunia. Wow!

Kenapa sih buku ini bisa fenomenal?

Well, buat yang pernah baca buku ini pasti tau alasannya.

Buku ini menceritakan tentang perjalanan seorang pengembara muda bernama Santiago. Santiago berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya karena tergerak oleh mimpi yang ia dapatkan suatu malam.

Perjalanan menuju jawaban atas mimpi tersebut membawa pembaca larut ke dalam novel ini! Banyak banget pesan-pesan moral tentang makna hidup dan meraih mimpi yang menyentuh hati. Paulo Coelho menuliskannya dengan sangat apik hingga penulispun yang tadinya ga suka baca buku nih, betah baca buku ini! Salah satu kutipan favorit penulis dalam buku ini, "When you want something, all the universe conspires to help you achieve it."

2. Tuesdays with Morrie - Mitch Albom

www.google.com

www.google.com via https://en.wikipedia.org

Tuesdays with Morrie by Mitch Albom.

Nah, buku ini bagus banget, guys!

Penulis sampai-sampai nangis bacanya.

Buku ini menceritakan persahabatan antara Mitch, dengan profesornya dulu (Morrie) sewaktu dia kuliah. Setelah 16 tahun lamanya tak saling berkabar, Mitch tiba-tiba melihat sosok profesor kesayangannya itu di sebuah acara talkshow. Bukan main kagetnya karena Morrie divonis menderita penyakit ALS, yang berarti bahwa hidup Morrie tidak akan lama lagi.

Buku ini berisi pesan-pesan moral: makna hidup, hari yang sempurna, pernikahan, ketakutan, kekecewaaan, dan lain sebagainya. Buku ini mengingatkan penulis untuk selalu berusaha menikmati hidup dengan sebaik-baiknya, berhati-hati dalam melangkah, dan bersyukur atas anugerah-anugerah yang telah diberikan Tuhan. Salah satu kuitpan favorit penulis, "Invest in the human family. Invest in people. Build a little community of those you love and who love you."

3. The Power of Now - Eckhart Tolle

www.google.com

www.google.com via http://www.erisalouise.com

The Power of Now by Eckhart Tolle.

Well, buku ini bagus banget! Kenapa?

Buku ini meluruskan pemahaman yang keliru tentang kebahagiaan. Banyak orang mengira bahwa bahagia itu berarti kaya, terkenal, dan lain sebagainya. Banyak orang yang tidak bahagia dengan hidup yang ia miliki karena ia terlalu bergantung pada sesuatu di luar dirinya. Padahal, dalam buku ini dijelaskan, kebahagiaan, cinta, dan kedamaian berasal dari diri sendiri.

Buku ini juga merupakan buku panduan untuk pembaca bagaimana mendapatkan kedamaian batin, menikmati hidup tiap momennya, dan ga banyak mencemaskan tentang masa lalu maupun masa depan.

Salah satu kutipan favorit penulis, "True salvation is fulfillment, peace, and life in all its fullness. It is to be who you are, to feel within you the good that has no opposite, the joy of being that depends on nothing outside itself."

4. Adultery - Paulo Coelho

www.google.com

www.google.com via http://www.goodreads.com

Adultery by Paulo Coelho.

Lagi-lagi, Paulo Coelho berhasil menerbitkan novel yang menyentuh hati saya. Adultery (2014) adalah buku terbaru dari Paulo Coelho.

Buku ini adalah sebuah novel yang menceritakan tentang seorang wanita bernama Linda yang merasa hampa dengan hidupnya. Padahal, ia memiliki suami yang kalo boleh dibilang, membuat iri wanita lain. Ia juga memiliki dua orang anak yang lucu. Kebutuhan finansial juga sangat terpenuhi, bahkan bisa jadi warisan untuk generasi-generasi berikutnya. Tapi, ia merasa hampa dengan hidupnya.

Novel ini apik, dibalut dengan pesan-pesan moral yang sangat menyentuh hati, menjadikan Adultery menjadi buku terlaris tingkat internasional.

Salah satu kutipan favorit penulis dari buku ini, "Going after a dream has a price. It may mean abandoning our habits, it may make us go through hardship, or it may lead us to dissappointment. But, however costly it may be, it is not as high as the price paid by people who didn't live. Because one day the will look back and hear their own heart say: I waste my life."

5. The Last Lectures - Randy Pausch

www.google.com

www.google.com via https://en.wikipedia.org

The Last Lectures by Randy Pausch.

Yap, hampir mirip sama Tuesdays with Morrie, buku ini berisi pesan-pesan moral kehidupan dari seorang Profesor di salah satu universitas.

Buku ini berisi kisah hidup sang profesor dan beberapa pelajaran hidup yang ia petik di masa lampau hingga kini.

Salah satu kutipan dari buku tersebut, "Showing gratitude is one of the simplest yet most powerful things human can do for each other."