Setiap orang pastinya pernah mengalami yang namanya putus cinta, yang sudah menikah saja bisa cerai apalagi yang masih pacaran. Masa pacaran tentunya memberikan kenangan yang indah, namun kenangan itulah yang akan membunuh sobat secara perlahan, apalagi kalau sobat sudah putus dan tidak bisa melupakan semuanya, ah bahaya. Jika sobat pernah membaca sebuah artikel "Cara Move On Dengan Cepat", jangan langsung percaya deh. Sebab tidak ada cara yang membuat melupakan mantan pacar dengan cepat, namun ada banyak cara untuk melupakan mantan secara perlahan tapi pasti. 

 

1. Terima apa yang terjadi dan jangan berlarut dalam kesedihan

Jangan berlarut dalam kesedihan

Jangan berlarut dalam kesedihan via http://www.artikelpenting.id

Ketika kamu diputusin, maka marah, sedih dan kecewa adalah hal normal. Semua orang pasti akan merasa sakit hati. Tapi masalahnya, banyak orang yang terlalu berlarut-larut dengan sakit hati itu. Kadang ada dari mereka, ada yang jadi gila. Marah dan stres hanya akan membuat duniamu terasa lebih kecil. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah "menerima". Penerimaan adalah awal yang bagus untuk kamu pelan-pelan melupakan mantan.

Jangan berpikir terlalu banyak. Ini memang tidak mudah. Tapi kamu pasti bisa. Terus-terusan larut pada kesedihan yang sama hanya akan membuat kamu terlihat menyedihkan.

2. Belajar melepaskan

Lepaskan saja

Lepaskan saja via http://www.bk-area.ga

Melepaskan adalah langkah kedua yang dapat sobat lakukan setelah putus. Melepaskan adalah fase yang sangat sulit, apalagi jika sobat benar-benar mencintainya. Tentu saja ada terlalu banyak kenangan yang sulit dilupakan. Tapi cobalah sedikit demi sedikit untuk melepaskan, dan pahami bahwa tidak selamanya apa yang sobat genggam akan terus jadi milikmu.

Jangan bertahan pada seseorang yang tidak mengerti nilai cinta yang sobat miliki. Itu hanya akan sia-sia. Jadi marilah belajar melepaskan, meski itu rasanya seperti bunuh diri.

3. Pergilah ke luar dan bergeraklah

Semua orang ingin sendiri ketika ia terluka, itu pasti. Ketika sendiri kita dapat memikirkan banyak hal dengan lebih tenang, tapi ingat jangan berlebihan. Jangan tinggal di dalam rumah terlalu lama, atau mengurung diri di kamar berhari-hari. Keluar, nikmati alam. Bergaullah dengan teman-teman. Pacar memang tidak mengharapkanmu, tapi masih banyak yang mengharapkanmu. Hidupmu bukan untuk satu orang. Sobat masih punya orang tua dan sahabat.

4. Jangan lihat kembali atau bayangkan "bagaimana jika..."

Leave the past

Leave the past via http://www.shutterstock.com

Ketika sobat baru diputuskan dan sobat berpikir untuk melihat ke belakang seolah tak ada pasangan lain di dunia ini yang lebih baik dari dia. Perlu sobat tahu, ada alasan mengapa sebuah hubungan harus berakhir, mungkin Tuhan sedang mengatakan padamu, bahwa dia tidak baik. Ada alasan bahwa hubungan tidak bekerja untuk yang kedua kalinya.

Jangan membayangkan bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu. Karena memikirkan semua yang telah terjadi hanya akan membuatmu tersiksa. Hidup adalah masa depan meski berawal dari masa lalu.

5. Jatuh cinta lagi

Meski hubungan masa lalu sobat menyedihkan, itu bukan berarti sobat tidak harus jatuh cinta lagi. Jangan menutup hati sobat terlalu rapat. Masih ada orang yang mencintai sobat dengan tulus untuk cinta yang lebih baik, lebih besar dan lebih berani.

Bersyukurlah dan belajar dari masa lalu untuk orang orang yang benar-benar mencintai sobat. Semua yang telah terjadi dapat menjadi sebuah pelajaran. Cintai dirimu lagi, maka cinta yang lain akan datang.