1. Ambilah waktu istirahat sejenak dan tidurlah.

Sleep the Single Most Important Determinant in Predicting Longevity via http://www.huffingtonpost.com

Ketika tidak bisa menemukan ide untuk melakukan sesuatu. Coba istirahatkan otak kamu dan relaksasi dengan tidur. Bisa jadi tandanya kamu dan otak kamu sudah lelah dan membutuhkan istirahat untuk menyegarkannya. Semakin lelah badan dan otak kamu, semakin ide dan inspirasi itu tidak muncul.

2. Berjalan-jalan keluar rumah.

Restore Your Brain Take a Walk Outside via http://watchfit.com

Kita tidak akan menemukan hal yang baru saat kita hanya melakukannya di dalam rumah. Bisa jadi kamu merasa jenuh untuk melakukan dan melihat apa yang ada di dalam rumah sehingga kamu perlu refreshing dengan pergi keluar. Siapa tahu tiba-tiba di luar rumah, kamu bisa menemukan hal kecil yang bisa menjadi inspirasi.

3. Mendengarkan musik.

What Everybody Ought to Know About Active Music Listening via http://wiltonelder.com

Advertisement

Kamu bisa mendengarkan musik untuk mendapatkan perasaan relaks ketika kamu jenuh. Ternyata musik juga bisa menjadi terapi untuk mengurangi stress lho. Apapun jenis musiknya selama kamu merasa menyukainya tidak masalah. Sebuah studi dari McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin (dikutip dari kompas.com).

4. Membaca buku kesukaan

Reading Books Makes You Smarter, Richer and Surprisingly Healthier via https://www.entrepreneur.com

Ternyata membaca buku juga bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang tidak menemukannya. Karena terkadang buku yang kita baca, menawarkan jalan keluar atas permasalahan dari masalah kita. Selain itu, membaca buku yang kamu senangi juga bisa membuat pikiran dan juga perasaan kamu menjadi santai.

5. Mencari suasana baru untuk mengerjakan tugas.

College students using laptop while doing h via https://www.dreamstime.com

Selama ini kamu mengerjakan tugas di tempat yang sama setiap harinya, kebuntuan yang kamu rasakan bisa jadi itu bentuk rasa jenuh dan bosan yang kamu rasakan. Cobalah untuk mencari suasana baru untuk mengerjakan tugas kamu seperti di taman, perpustakaan, atau tempat nongkrong yang nyaman. Karena tempat terbuka ternyata membuat kamu lebih melihat luas sehingga jangkauan pikiran kamu juga akan berkembang dan menemukan hal-hal yang menarik di sana.

Mencari inspirasi tidaklah sesulit itu kok. Asal kamu tahu kemana dan bagaimana kamu bisa lebih produktif dan kreatif. Tetap semangat ya teman ! 🙂