Pasca latihan fisik harian, tubuh jelas ingin me-recharge kembali energi. Salah satu caranya ialah dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup dirasa mampu memperbaiki hormon dan energi yang terkuras. Dapat dikatakan bahwa tidur adalah cara tubuh untuk memperbaiki diri sendiri sekaligus menggawangi gaya hidup sehat.

Namun jangan sampai kurang tidur, karena ada Sebuah penelitian di Stanford University, menunjukkan dampak negatif jika Anda kurang tidur, penelitian terhadap 1000 sukarelawan mengungkap bahwa sukarelawan yang tidur kurang dari 8 jam/ malam memiliki lemak tubuh lebih tinggi dibanding yang tidur 7 – 8 jam per-malam. Jika Anda masih bermasalah dengan tidur tepat waktu, inilah beberapa kiatnya.

1. Singkirkan Smartphone Anda

singkirkan smartphone via http://elmna.com

Mood Anda pada senin pagi akan anjlok ketika tak dapat mengawali aktivitas sedari pagi hari. Anehnya, mau tidur lebih awal pun, kebanyakan orang tetap setia menikmati ragam layanan yang tersedia melalui smartphone. Anda harus tahu, bahwa paparan sinyal smartphone selama tiga jam akan mengurangi waktu Anda saat berada pada fase tidur nyenyak. Gelombang elektromagnet itu dapat menstimulasi otak untuk melepaskan hormon stres.

Baiknya, hindari penggunaan smartphone pada saat-saat sebelum Anda tidur. Kalau masih susah tidur, cukup matikan lampu dan segera memejamkan mata. Kadang hidup semudah itu kok.

2. Memberi Sugesti diri untuk Selalu Bangun Pagi

sugesti positif via http://townnews.com

Advertisement

Sugestikan lah diri Anda untuk selalu bangun tepat pagi hari. Bayangkan lah indahnya bangun pagi, nikmatnya secangkir kopi hangat, ramahnya teman-teman sekantor, serta makanan siang yang menggugah selera. Jika sugesti positif seperti itu selalu dimainkan di pikiran, niscaya Anda takkan buang-buang waktu untuk tidur lebih awal.

3. Menjadwalkan Waktu Tidur Malam

menjadwalkan waktu tidur via http://mattressdepotusa.com

Tak hanya latihan fisik saja yang memiliki jadwal, dalam hal tidur pun musti punya jadwal juga, guna mendapatkan sensasi tidur berkualitas. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh Anda berjalan dengan baik. Meski sesekali tidur di atas jam 12, tetapi keesokkan harinya harus stabil lagi di jarum jam 9 malam.

4. Makan Teratur Agar Cepat Tidur

makan teratur via http://rd.com

Kesibukan bukan alasan yang tepat untuk menunda makanan masuk ketubuh. Ragam pilihan makanan yang menjadi favorit bisa dicoba, segelas nutrisi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memompa stamina agar lebih bersemangat. Namun ingat hindari konsumsi berlebih terhadap karbohidrat.

"Karbohidrat biasanya meningkatkan kadar serotonin, yang akan menenangkan Anda dan membuat Anda merasa lebih mengantuk dan lelah," kata Michael Breus, Ph.D, seorang spesialis tidur bersertifikat.

5. Tidur Lebih Cepat Dihari Berikutnya

balas dendam dengan tidur lebih cepat pada esoknya via http://primavit.club

Ketika alasan deadline kerjaan mengambil waktu tidur malam yang berkualitas, maka taktik serangan balik dalam sepak bola bisa Anda terapkan. Jika pada malam kemarin anda terlelap pada pukul 2:00 dini hari, maka hari berikutnya Anda tidur 2-3 jam lebih awal. Dengan begitu fungsi tubuh ada bisa normal kembali.