Masalah bau ketiak adalah masalah yang sangat mengganggu. Setampan atau secantik apapun Anda, bila memiliki masalah yang satu ini maka dijamin level keren Anda akan langsung turun. Tidak mau kan hal ini terjadi?

Saat seseorang berkeringat yang merupakan reaksi normal dari tubuh karena terpapar suhu panas atau berolahraga. Apabila keringat berlebihan bercampur dengan bakteri di daerah ketiak inilah yang menjadi biang keladi dari bau badan tidak sedap.

Mungkin masalah ini memang mengganggu banyak orang dan mungkin Anda mengalaminya. Tapi jangan khawatir ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan.

1. Cukur bulu ketiak

Cukur bulu ketiak via http://google.co.id

Seperti dikatakan penyebab bau ketiak adalah bercampurnya bakteri dan keringat berlebihan. Apabila ketiak berbulu lebat akan memperluas tempat pertumbuhan bakteri. Jadi salah satu cara untuk membantu mengurangi masalah bau ketiak adalah dengan mencukur bulu ketiak. Apabila untuk Anda para pria merasa risih untuk mencukur bulu ketiak, setidaknya Anda memangkas sedikit bulu ketiak Anda, karena cara ini akan membantu mengurangi bau ketiak.

2. Mandi setiap hari

Mandi setiap hari via https://hootsuite.com

Kalau saran yang ini sepertinya memang harus Anda lakukan. Karena dengan mandi setiap hari dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri tubuh, yang berarti membantu mencegah bau ketiak. Terlebih saat Anda habis olahraga, terpapar suhu panas dan hal-hal lain yang memicu keringat berlebih

3. Hindari makanan dan minuman tertentu

Advertisement

Hindari makanan dan minuman tertentu via http://dokter.id

Tanpa pernah Anda sadari ternyata ada beberapa makanan yang dapat memicu bau badan. Makanan dan minuman yang dimaksud adalah bawang putih, bawang bombai, kari, alkohol, dan minuman berkafein.

Apabila Anda banyak mengonsumsi makanan dan minuman tersebut maka memperbesar masalah bau ketiak. Jadi ada baiknya Anda menghindari makanan dan minuman tersebut.

4. Konsumsi sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau via http://menshealth.co.id

Apabila ada makanan yang harus dihindari, maka ada makanan yang wajib dikonsumsi yaitu sayuran hijau. Sayuran hiau kaya akan klorofil yang membantu mengurangi bau ketiak. Jadi tambahkan selalu sayuran hijau dalam piring Anda.

Dengan melakukan cara diatas dijamin masalah bau ketiak akan hilang. Selain mengikuti cara diatas. Usahakan untuk banyak minum air, karena akan membantu tubuh mengeluarkan limbah metabolisme sehingga tidak memperparah bau ketiak

5. Gunakan pakaian yang tepat

Gunakan pakaian yang tepat via https://google.com

Apabila Anda menggunakan pakaian dari bahan kain sintetis maka tidak memungkinkan udara mengalir di sekitar daerah ketiak sehingga membuat kulit Anda bisa "bernapas". Jadi pilihlah kain tersebut seperti kain katun, wol, dan sutra yang dapat mengalirkan udara lebih baik.

Begitu juga bila Anda memilih pakaian olahraga, pilihlah kain sintetis yang dapat menyerap keringat. Agar Anda merasa nyaman saat berolahraga, tidak mudah berkeringat dan tentunya aman dari masalah bau ketiak.