Setiap manusia yang mencinta selalu ingin agar cintanya bisa bertahan sampai selama mungkin, "sampai maut memisahkan" adalah ungkapan yang muncul dalam acara pernikahan. Tapi kenyataannya, harapan tidak selalu terpenuhi. Cinta yang telah dipelihara, diperjuangkan, direnungkan, dirasakan, dibina dll, kadang harus berakhir. Situasi ini, seringkali disebut dengan ungkapan yang terkenal yaitu putus cinta.

Putus cinta menuntut kepada kita keberanian untuk menghadapi rasa sakit, rasa terpisah dan yang mungkin paling pahit adalah kenyataan bahwa harapan kita tidak terpenuhi. Situasi seperti ini, menuntut kita untuk pulih dan tetap menatap kehidupan dengan berani, atau dalam bahasa kerennya Move On. Berikut ini saya uraikan beberapa jalan untuk move on dengan elegan dan dewasa agar kita bisa dengan damai menjalani hidup setelah mengalami pahitnya putus cinta.

 

1. Berhenti BICARA tentang Mantan dengan SIAPAPUN

Stop Talking

Stop Talking via http://travisando.com

Ketika putus cinta, kita memang membutuhkan teman untuk berbagi kepedihan yang dirasakan. Putus cinta memang masa menyakitkan yang seringkali membutuhkan waktu untuk pulih. Tapi kalau seiring berjalannya waktu, putus cinta itu selalu kita ratapi, maka itu sudah akan menjadi penyakit. Orang memang membutuhkan waktu untuk pulih, tapi lama-kelamaan kita terus berbicara tentang mantan kita makan ingatan kita tentang mantan itu akan semakin kuat dari hari ke hari. Dan pikiran kita selalu akan dipenuhi dengan pikiran kita tentang mantan itu. Bagaimana bisa Move On kalau kita terus mengingat mantan kita?

Saya mendapatkan ide ini dari salah satu pertemuan dan narasumber waktu itu mengatakan : "Bagaimana kita bisa lupa tentang seseorang kalau tiap saat kita berbicara tentang dia". Karena itu saya mengusulkan untuk bisa sepenuhnya pulih, maka perlahan-lahan kita bisa belajar untuk tidak berbicara tentang mantan kita dengan siapapun. Dengan mengganti hal yang kita bicarakan, maka sesungguhnya pikiran dan fokus kita akan teralihkan ke hal yang lain misalnya, cita-cita, kerinduan, dan kesibukan yang kita jalani sekarang.

2. Bersikap biasa saat berjumpa dengan Mantan

Pada awalnya memang sulit, apalagi kalau putus cinta itu terjadi dengan buruk. Sakit hati pasti muncul saat melihat mantan. Tapi saat kita mencoba untuk bersikap biasa saat berjumpa dengannya, lambat laun perasaan kitapun akan semakin tertata. Percaya atau tidak, tindakan dan perasaan kita itu punya hubungan timbal-balik. Tindakan kita pasti akan mempengaruhi perasaan kita dan begitu sebaliknya apa yang kita rasakan pasti akan mempengaruhi tindakan kita.

Saat kita berusaha untuk bersikap biasa, maka lama kelamaan perasaan kitapun akan menjadi biasa terhadap si dia. Kita punya pengalaman dengannya tapi itu tidak menutup kesempatan bagi kita untuk merasa biasa terasa dia yang kita sudah tidak spesial lagi.

3. Membuang benda-benda yang menjadi kenangan bersama

throw away

throw away via http://alfa-img.com

Harus jujur kita akui bahwa salah penghambat besar untuk Move On. Kenangan yang indah selalu menggoda kita untuk mengulang lagi. Kita selalu ingin kenangan indah itu terulang lagi di masa kini. Kenangan buruk selalu menggoda kita untuk merasa bersalah dan selalu ingin memperbaiki lagi. Tapi kalau sudah putus gimana? Satu-satunya jalan untuk Move on adalah meninggalkan semua kenangan itu. Selamanya kita tidak akan lupa, kenangan tetaplah kenangan, kita hidup di masa kin bukanlah di masa yang lalu.

Saat kita membulatkan hati ingin hidup di masa kini maka membuang benda-benda yang mengandung kenangan adalah jalan yang penting. Membuang benda mungkin bisa menjadi korban agar kenangan itu bisa kita tinggalkan. Dengan membuang semua benda itu, maka itu juga menjadi tanda bahwa kita benar-benar ingin Move on.

4. Stop bertanya-tanya mengapa ini terjadi !

Kadang memang putus cinta itu menyisakan banyak tanda tanya. Dengan terus menerus bertanya sebenarnya kita juga terus menerus hidup di masa lalu. Kalau membuka wawasan kita maka sebenarnya banyak juga hal dalam hidup hidup ini yang penuh dengan pertanyaan. Hidup itu penuh tanda tanya !

Tapi kenyataan hidup terus berjalan walaupun penuh tanda tanya. Dengan menerima kenyataan ini maka niscaya move on bukanlah mustahil. Berhenti bertanya dan berfokus pada hal lain, adalah salah satu cara yang ampuh.

5. Mulailah Cinta Baru

Memulai cinta baru adalah bukti seseorang bisa move on. Sebelum seseorang dengan sungguh memulai hal ini, maka masa lalu akan selalu merongrong.

Selamat mencoba semua...