Di jaman yang semuanya serba maju dengan teknologi canggih, bahasa Inggris kerap kali akan kamu temui di seluruh ranah kehidupan. Baik ketika kamu melihat papan petunjuk di mal, poster-poster iklan di jalanan hingga di buku menu sekalipun. Faktanya, bahasa Inggris merupakan bahasa tertua dan juga bahasa yang sering digunakan oleh manusia di dunia.

 Lancar berbahasa Inggris tentunya membuat kita aman dalam berinteraksi dengan orang baru dari bangsa manapun. Mahir berbahasa Inggris pun membawa banyak sekali keuntungan dalam kehidupan sosial kita, bahkan sama sekali tidak ada ruginya kalau kita terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris kita.

Yuk, simak 5 cara mudah buat kamu makin pintar bahasa Inggris, sudah bukan waktunya lagi belajar harus dibawa serius lho!

1. Biasakan mendengarkan lagu bahasa Inggris

Dengerin lagu bahasa Inggris seru juga lho! via http://cosmopolitantoday.com

Dengan mendengarkan lagu dengan lirik bahasa Inggris, kamu bisa sambil relaks menikmati alunan musiknya dan menerka-nerka arti setiap lirik yang dilantunkan. Tidak sedikit lho, lagu berbahasa Inggris yang memiliki makna yang bagus dan alunan yang enak didengar. Selain itu, kamu dapat menambah pengetahuan kosakata bahasa Inggris, hal itu pun dapat melatih kemampuan listening kamu.

Dijamin kamu malah jadi ketagihan nikmatin lagu-lagu berbahasa Inggris!

2. Menonton film berbahasa Inggris

Nonton sambil ngemil asik juga sih via http://www.brit.co

Menonton film berbahasa Inggris, buat kamu dapat dua keuntungan sekaligus. Kamu bisa refreshing sambil menambah kosakata bahasa Inggris dengan mudah. Kamu juga melatih kepekaan telinga kamu mendengarkan pelafalan bahasa Inggris dengan durasi film yang umumnya cukup panjang. Lama kelamaan, buat kamu kebiasaan mendengar dan mengerti apa yang si aktor sampaikan sebelum kamu baca teks terjemahannya.

Advertisement

Nah, kalau telinga sudah terlatih kamu perlu mencoba menonton film berbahasa Inggris yang tanpa subtitlenya. Pastinya membuat kamu menerka-nerka sendiri akan arti dari kalimat yang terucap di dalam film. Rasa penasaran pun timbul dan kamu akan mencari tahu sendiri tentang arti dari kalimat tersebut. Kalau sudah sampai cari tahu sendiri, pastinya kamu bakal inget deh arti kata-kata tersebut. Ayok dicoba secara rutin ya!

3. Perbanyak teman yang jago bahasa Inggris

Perluas pertemanan perluas jaringan via https://unsplash.com

Kata pepatah, 'Jika kita berteman dengan tukang minyak wangi, maka kita akan ikut wangi, namun jika kita berteman dengan tukang minyak, maka kita pun akan ikut bau minyak'. Nah, pasti kamu tahukan makna dari pepatah tersebut. Lingkungan dan budaya di sekitar kita membawa pengaruh besar untuk kehidupan kita sendiri.

Dengan memperbanyak teman tentunya, kamu bisa membuka wawasan dan bisa banyak belajar dari mereka. Kalian bisa saling berlatih berbahasa Inggris tanpa harus malu untuk salah, kalian bisa saling memotivasi satu sama lain. Jangan malu untuk mencari teman yang lebih mahir berbahasa Inggris darimu, kamu pasti jadi termotivasi buat bisa sama mahirnya seperti dia.

Selain mencari teman yang jago bahasa Inggris, mungkin ada baiknya kalian juga mencari pacar seorang bule? Kalau sudah jatuh hati, segala cara untuk bisa makin dekat dengan dia pasti diusahakan, termasuk belajar bahasa Inggriskan? Jadi tunggu apalagi, ayok perluas jaringanmu dan jangan lupa pilih teman yang buat kamu dapat berkembang tentunya.

4. Kursus bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris online ternyata gampang via http://squline.com

Nah kalau kamu mau belajar bahasa Inggrisnya lebih cepat dan lebih fokus, kamu memang perlu menyisihkan sedikit uang jajanmu untuk membayar kursus bahasa Inggris. Pastinya akan lebih efektif, apalagi kalau kamu memang tipe orang yang sulit menyerap ilmu kalau tidak didampingi ahlinya. Untuk kamu yang berniat bisa lancar bahasa Inggris dengan cepat, kursus adalah salah satu opsi yang baik. Tapi kamu juga harus pilih tempat kursus yang asik dan enak ya, kursus bahasa Inggris online bisa jadi opsi bagus biar kamu nggak bosan bolak-balik seperti setrikaan ke tempat kursus. Buat kamu anak rumahan, kursus di rumah secara online bisa jadi salah satu media biar kamu bisa bahasa Inggris juga lho!

5. Perbanyak membaca bahan bacaan berbahasa Inggris

Suka baca itu baik via https://unsplash.com

Banyak sekali pilihan untuk membaca, kamu bisa membaca melalui majalah, blog, atau novel, tergantung selera kamu. Manfaat membaca itu segudang, kamu bisa merangsang kinerja otak dan menambah daya ingat. Kalau kamu baca konten-konten yang berbahasa Inggris, tentunya kamu bisa menambah lagi manfaat membaca dengan memperkaya kosakata bahasa Inggrismu. Selain itu, membaca pun ternyata dapat melatih kemampuan speaking yang kalian punya. Dengan membaca, kata demi kata dengan nada yang cukup keras, kalian akan tahu bagaimana kosakata bahasa Inggris diucapkan dengan benar.

Makanya yuk rajin dan tekun membaca biar kamu cepat pintar berbahasa Inggris!