Virus negara Korea lewat Korean Drama-nya udah sangat familiar ditelinga kalangan remaja muda apalagi para wanita. Bahkan drama terbaru akan selalu di update oleh para penggila korean drama. Sangkin nge fans nya sama oppa-oppa super cute, pasti jadi impian tiap orang untuk bisa berkunjung kenegara asal serial drama yang kita tonton dong pastinya.

Hmm terdengar hampir mustahil bagi kita yang memiliki low budget ya. Tapi jangan sedih dulu, masih banyak jalan menuju Roma loh! (eh maksudnya ke Korea). Beberapa hal yang harus dan kudu para fans Korea ataupun yang hobi traveling keliling dunia perhatikan nih untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama berkeliling dinegara gingseng tersebut

 

1. Cari tiket promo

Incheon Internasional Airport

Incheon Internasional Airport via http://vsco.co

Gaperlu pusing nyari tiket promo, karena akan selalu ada maskapai yang nyediain tiket-tiket tersebut. Apalagi ke Korea. Kalian harus selalu update untuk mempersiapkan uang tabungan supaya cukup untuk bisa pergi bertemu oppa-oppa disana. Dan yang harus diperhatikan juga yaitu harus beli tiket promo beberapan bulan sebelumnya supaya bisa dapat tiket pp yang super duper murah. Karena kalian mungkin akan hanya membayar sekitar 3,5 jutaan aja untuk tiket pergi sekaligus pulang loh. Murah banget kan?

2. Bawa stok makanan selama berlibur

Rendang

Rendang via https://goo.gl

Hal utama dan ga boleh sampai absen adalah membawa makanan Indonesia selama perjalanan disana. Terdengar sedikit medit dan pelit sih, tapi sebenernya kebanyakan pengeluaran selama jalan-jalan diluar negri itu ya dari makan-makan selama dijalan. Kebanyakan toko ataupun warung makanan disana sangat sedikit yang menjual makanan halal. Dan bahkan hampir tidak ada loh.

Saran nih bagi fans-fans nya oppa selama di Korea, sebaiknya list semua makanan yang tahan untuk dibawa selama seminggu ataupun lebih, misalnya kayak rendang, kacang dan teri sambel, bumbu pecel, abon sapi. Dijamin gabakal lapar selama jalan-jalan di Korea!

3. Perlu bawa ricecooker

Korean Street

Korean Street via http://vsco.co

Kalo yang ini bener-bener membantu kita untuk sangat menghemat pengeluaran, kenapa? Karena orang Indonesia belum makan kalo belum makan nasi. Sebenernya orang Korea juga sangat suka makan nasi, jadi jangan bingung untuk cari beras diwarung-warung pinggir jalan disana.

Jadi kita bawa ricecooker dan masak beras selama di guest house ataupun penginapan, sebelum berpergian keliling Korea, perut udah kenyang deh dan gaperlu ngeluarin uang lagi untuk beli makanan. Tenang, bagian imigrasinya Korea ntar gabakal ngelarang kok kalau ada ricecooker didalam koper kita, jadi makin semangat deh liburan iritnya!

4. Kunjungi tempat-tempat bagus yang free entry

Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Design Plaza via http://vsco.co

Banyak tempat wisata di Korea yang ge-ra-tis! Iya, malah rata-rata disana kita gaperlu ngeluarin uang sepeserpun untuk ketempat-tempat uniknya. Ada beberapa list tempat-tempat tersebut, yang pertama kalian harus ke Gwanghwamun Museum “King Sejong Story”, meskipun gratis tapi worth it banget untuk keliling didalamnya, ada kursi unik bentuk huruf hanguel. Yang kedua, Gyeongbokgung Palace, untuk sekedar foto-foto didepannya sangat recommended!

Jadi bener-bener ngerasa ada di drakor-drakor gitu. Yang ketiga itu Hanbok Village, disana ngejualin banyak benget pernak-pernik lucu dan souvenir untuk dijadiin oleh-oleh. Apalagi disana juga tempat yang sangat pas untuk berfoto-foto memakai hanbook. Jalanan Korea itu unik banget dan menjadi tempat paling keren ala traveler untuk berfoto dan di upload deh ke instagram selain itu juga banyak rumah-rumah tradisional dan bener-bener mirip kaya yang di drama korea lohh.

Selanjutnya kalian wajib ke Line Store. Demi deh, tempatnya super lucu dan gemesin, dan pastinya gratiiiss. Kalian juga wajib ke Namsan Tower, waktu yang paling pas untuk kesana yaitu saat pagi dan malam hari. Dan masih banyak lagi sih pastinya seperti Dongdaemun Design Plaza, Gangnam Street, Ewha Woman University, adalah tempat-tempat yang cocok untuk ngerasain suasana korea tanpa harus ngeluarin uang!

5. Wajib Ke Itaewon

Pintu masuk Masjid AllahuAkbar

Pintu masuk Masjid AllahuAkbar via http://vsco.co

Selagi dikorea, sempatkan full satu harian kalian untuk berkunjung ke Itaewon. Yap, bagi para muslim yang berkunjung ke Korea, ini adalah satu-satunya daerah yang hampir semua warungnya menjual makanan halal dan rasanya gaperlu dibilang lagisih. Sumpah enak banget! Ngerasain kimchi, ayam, kimbab, ttoebokki, ramyeon yang halal itu beneran beda deh, enaknya bikin ketagihan. Meskipun yang satu ini kalian harus bener-bener nabung dari sekarang, karena harga satu porsinya bisa sampai 100ribu rupiah dan bahkan lebih loh.

Di Itaewon ini kalian juga bisa menikmati makanan turki seperti kebab dan juga ice cream khasnya dengan penjualnya orang Turki asli loh! Satu-satunya hal yang paling menakjubkannya adalah didaerah ini terdapat Masjid dan sangat disarankan bagi traveler muslim untuk sholat disini. Meskipun menjadi minoritas, namun di Korea tidak ada diskriminasi sedikitpun kepada para musliman yang memakai hijab. Jadi sepanjang mata memandang, kalian akan bertemu dengan orang bermata sipit maupun yang berhidung mancung. Mungkin bagi kalian yang ingin mencari jodoh bisa ke Mesjid aja kali ya manatau pulang ke Indonesia udah bawa gandengan oppa ganteng muslim dari Korea hehehe