Semua bro dan sis tentu tahu, apa rasanya jika sedang sedih. Tentu, kita akan menjadi mager (malas gerak) karena baper terus-terusan, tiada henti. Ya, sesuatu sangat bisa terjadi dalam perjalanan hidup. Kerap kali  terjadi di luar kontrol. Dua jam yang lalu, kita hahahihi, tiba-tiba waktu ini menjadi begitu sedih. Ini normal lho karena jangan sampai kita mengkambinghitamkan Tuhan. Ingat jangan sekali-kali samakan Tuhan dengan kambing hitam. Nanti, kita bisa diazab habis-habisan.

Kita tentu akan bertanya, apakah semua orang paham atau ngeh dengan bagaimana caranya untuk menjadi bahagia..ia..ia (sedikit nyanyi). Di arena kehidupan yang fana ini, kita semua 100 % confirm berpengalaman untuk bergembira dan menikmati kesenangan dalam rupa-rupa apapun. Banyak hal kegembiraan bisa kita temukan, misal hiburan melihat teman lari-lari kepayahan, lalu terjatuh di depan pintu toilet karena kebelet pipis, atau prestasi sudah membuat pasangan atau teman kekenyangan karena kita traktir sepuasnya, bahkan dari sebuah konten yang isinya meme lucu atau gambar bergerak ektensi gif yang kocak tiada duanya.

Membuat teman, orang asing, dan pacar bahagia adalah salah satu kegiatan yang paling tanpa pamrih dan sangat membantu apalagi kebahagiaan itu bisa menyebar ke banyak orang. Menciptakan senyum di wajah  orang yang bersedih dapat memiliki dampak yang sama pada kita, seperti halnya untuk mereka. Mari kita bahas 5 langkah untuk menghibur orang yang sedih.

1. Identifikasi Sumber Kesedihanmu

Sebelum menghibur yang sedih, kita selidiki dulu asal sumber biang kerok kesedihan itu. Kita bisa membuat asumsi awal, misal sedih karena diputus pacar, kehilangan barang yang tak tergantikan, dikata-katain orang, dihina teman, dibully genk sekolah atau kampus, atau telah melakukan tindakan yang bodoh dengan salah menentukan keputusan. Intinya, cari tahu sebab yang membuat dia bersedih.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, kamu rasa bisa memperbaikinya, cobalah segera selesaikan,misal yang membuat sedih barang kesayangan yang hilang, kamu yakin bisa cari gantinya dengan spek atau warna barang yang sama. Segera carikan barang itu untuk segera diberikan ke si dia yang bersedih.Tentu, akan banyak kasus yang berbeda, tak hanya sekedar kehilangan barang kesayangan.

Jika sudah mengetahui penyebabnya dan yang bersedih anggota keluarga atau teman, kamu bisa mulai berbicara dengan dia dan memintanya untuk tegar, tabah, dan bertahan. Jika memiliki hubungan yang sangat dekat, kamu dapat memanfaatkan anggota keluarga atau teman-temannya agar memperlakukan dia yang bersedih secara spesial dan istimewa.

Advertisement

Misal:

Ketika yang bersedih sedang duduk sendiri di beranda rumah atau di mana saja, beberapa anggota keluarga (dua atau lebih justru semakin baik) menyambanginya untuk sekedar menemaninya. Tidak mengobrol tidak apa-apa. Tawarilah makanan atau minuman yang menjadi kesukaannya atau berceritalah tentang hal-hal yang menarik, berbohong pun tidak soal.

Kalau dia mengatakan ingin sendiri, jawablah pertanyaan itu dengan mengalihkan isunya ke hal lain, misal kemarin kamu dicari si A atau Si B yang ingin menyampaikan suatu hal. Kamu susun agenda acaranya dengan memanfaatkan anggota keluarga yang lain untuk menghubungi si A atau si B.

2. Lakukan Hal yang Manis di Hadapan Dia

Setiap situasi kesedihan akan selalu berbeda cara penanganannya, tapi ingat selalu ada langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu si dia yang bersedih. Jika Anda sudah menemukan sumber ketidakbahagiaan, akan mudah untuk menghiburnya dengan sikap yang pas.

Cobalah untuk mendekati dia dengan ramah atau dengan lelucon yang pecah lucunya, misal menceritakan materi salah satu komika yang sangat lucu atau kejadian konyol dari tokoh atau artis yang lucu. Anda bisa menyesuaikannya tergantung situasi. Jika yang sedih begitu sensitif, Anda harus berada dalam pendekatan yang lebih pas lagi untuk itu.

Contohnya:

Jika teman karibmu atau pacar yang sedih, traktir dia menonton film bioskop yang bergenre komedi atau ajak pergi ke tempat-tempat yang menarik untuk sekedar menikmati senja menjelang petang atau melihat ombak pantai. Setidaknya, kamu telah membantu dia untuk melihat bahwa masih banyak hal menarik di dunia ini.

Jika memiliki koleksi video lucu, konyol, dan naif di laptop, perlihatkan kepada dia yang sedang sedih. Tentu, tidak dilakukan dengan frontal, tapi dengan pendekatan yang mulus seolah tidak direkayasa, misal “Aku punya lho video lucu, sumpah mampus ini bikin ngakak. Coba lihat ya!”

3. Bertingkah Konyol

Absurd Things via http://lifenlesson.com

Memang butuh kecerdikan luar biasa untuk menghibur seseorang. Dalam sebuah kesempatan, tentu Anda ingin seseorang melakukan hal yang sama untuk Anda jika sedang bersedih. Lakukan hal konyol di depannya.

Misal:

Jika bisa melakukan trik sulap sederhana, lakukan trik itu. Kalaupun baru trial dan error praktek sulapnya, lakukan di depan dia. Buatlah seolah kegagalan itu karena kesalahan diri sendiri. Lakukanlah berulangkali kegagalan trik itu hingga sampai kamu merasa jengah dan jengkel dibuatnya.

Menarilah secara konyol di depan dia. Manfaatkan barang-barang di sekitar yang bisa digunakan, misal tari ala-ala film India. Kalau perlu, make up wajahmu secara berlebihan. Pakai kostum yang tidak normal, pinjam siapa kek, hehehe! Apalagi saat menari, dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga atau teman yang lain.

Kalau kamu bisa main gitar, coba tebak judul lagu. Coba dialihkan sehingga judul lagu tebakannya selalu meleset ke judul lagu yang lain.

4. Bersimpati

Bersimpati dengan Dia via http://www.rewireme.com

Kamu bisa meminta dia yang bersedih untuk menceritakan kesedihannya. Komentarmu terhadap cerita dia, yaitu usahakan kamu mengerti dan memahami apa yang dirasakannya. Berikanlah waktu yang banyak untuk dia yang bersedih agar terus menceritakan. Kamu tunggu hingga dia selesai bercerita.

Jika dia yang bersedih meminta pendapat, kamu jawab,” Saya mengerti.” Atau “Saya paham.” Jika mendapat kesempatan dan bisa mulai berbicara dengan dia, mintalah untuk agar tegar, tabah, dan kuat agar segera move on dari kesedihannya. Ceritakanlah hal-hal yang menguatkannya bahwa masih ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan.

5. Bawakan Hewan Lucu

Hamster, binatang lucu via http://www.boredpanda.com

Kalau punya piaraan anjing, hamster, atau kucing angora yang gemesin (asal binatang itu tidak berbahaya), kamu bisa membawa binatang piaraan itu untuk si dia yang sedang bersedih. Untuk itu, kamu harus tahu binatang kesukaannya apa dulu. Kalau pun tidak tahu, usahakan mencari binatang yang tidak ditakuti si dia yang bersedih. Kalau pun tidak memiliki binatang lucu, pinjam dari teman asal yang jinak.

Caranya, kamu kenalkan dia sesuai namanya atau kalau pun tidak ada namanya, kamu cari nama yang lucu untuk binatang itu. Kamu suruh pegang binatang itu, lalu ceritakan hal-hal yang menarik tentang binatang itu, misal takut sama cahaya senter atau suara petir saat hujan.

Jangan lupa kamu ceritakan kebiasaan konyolnya, misal suka nggigit kabel, mengubur sandal, lari-lari brutal, atau hobi tidur di dalam lemari yang pintunya lupa ditutup.