Produk skin care dan make-up saat ini tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dari hari ke hari inovasi dari para pencetus brand-brand ternama seperti tengah berlomba untuk menciptakan produk terbaik mereka. Begitu pula wanita-wanita masa kini yang semakin memberi perhatian lebih pada kesehatan dan kulit wajah. Hari gini siapa, sih. Yang tidak ingin tampil cantik?

Maka bermunculanlah produk skin care dan make-up dalam berbagai bentuk dan varian. Salah satunya adalah krim (alphabetical cream) mulai dari AA, BB, CC, DD hingga EE Cream. Wow!

Hingga saat ini masih banyak wanita yang masih bingung apa itu alphbetical cream dan apa saja perbedaannya, kegunaan dan fungsinya, cocok atau tidaknya. Nah, daripada dahi berkerut-kerut karena penasaran dengan krim-krim ini, yuk baca listicle Hipwee yang khusus membahas tentang krim-krim ini.

1. AA Cream

Anti Aging Cream via http://unairdefrance.com

Krim jenis ini pada awalnya bukanlah krim yang digunakan untuk make-up base. AA Cream adalah kepanjangan dari Anti Aging Cream yang biasanya digunakan oleh wanita dengan usia diatas 25 tahun. Fungsi utamanya adalah sebagai anti penuaan, seperti melawan garis-garis halus, keriput, hingga flek-flek hitam.

AA Cream adalah sejenis skincare yang dipakai saat malam hari sebelum tidur, karena pada saat itulah sel-sel kulit wajah akan mengalami regenerasi, sehingga AA Cream yang digunakan dapat memberikan hasil yang optimal.

2. BB Cream

BB, bukan Bau Badan yaaa via https://www.tokopedia.com

Krim ini adalah yang paling populer diantara alphabetical cream yang lain. BB Cream yang merupakan singkatan dari Blemish Balm mampu menutupi beberapa kekurangan pada wajah seperti menyamarkan pori-pori besar, jerawat, serta sebagai alas bedak untuk meratakan warna kulit yang tidak rata. Teksturnya yang lebih ringan daripada foundation sangat cocok digunakan untuk beraktifitas sehari-hari. Selain itu BB Cream juga mengandung SPF yang melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk sinar matahari. Saat ini banyak sekali jenis-jenis BB Cream yang bertebaran di pasaran. Sebaiknya gunakan jenis BB Cream yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya.

3. CC Cream

Advertisement

CC, bukan Cie Cie jugaaa via https://i.ytimg.com

Color Correcting Cream atau yang disingkat dengan CC Cream adalah sejenis krim yang berfungsi sebagai dasar make-up sekaligus skin care yang bisa mengatasi masalah-masalah kulit wajah. Jika dibandingkan dengan BB Cream, CC Cream memang lebih unggul dalam hal merawat kulit, tetapi kekurangan dari krim ini adalah tingkat coverage-nya yang masih dibawah BB Cream. Jika kamu memiliki tipe kulit normal atau ingin menampilkan kesan make-up yang lebih natural, CC Cream adalah pilihan yang cocok untukmu. Jangan lupa untuk memperhatikan warna CC Cream sebelum membeli, karena kebanyakan CC Cream yang beredar di pasaran warnanya terlalu terang untuk kulit orang Indonesia.

4. DD Cream

DD, bacanya Di-Di. via https://2.bp.blogspot.com

Bagaimana jika BB Cream dan CC Cream digabung menjadi satu? Nah, Daily Defense Cream atau DD Cream adalah jawabannya. Krim jenis ini masih belum sepopuler pendahulunya, tapi kandungan di dalamnya seperti  primer, moisturizer, serum, pore-minimiser, brightener, anti aging dan foundation membuat DD Cream menjadi sangat kompleks, sehingga menjadi must have item bagi beberapa wanita. Tak hanya dapat digunakan pada kulit wajah saja, krim ini ternyata juga dapat digunakan pada kulit leher, tangan, hingga kaki. Kurang lengkap apa lagi, coba?

5. EE Cream

EE, bacanya I-I, bukan E-Ek plis. via http://www.nyoozee.com

Krim yang satu ini ternyata ada dua jenis. Extra Exfoliating Cream dan Even Effect Cream. Extra Exfoliating Cream adalah sejenis skin care yang tidak digunakan sebagai dasar make-up melainkan digunakan sebagai pembersih kulit wajah dari kotoran dan sel kulit mati yang mengendap. Tetapi krim jenis ini berbeda dengan pembersih kulit wajah biasa karena berbentuk krim, bukan sabun cair atau foam.

EE Cream jenis lain adalah Even Effect Cream. Sama halnya dengan EE Cream jenis Extra Exfoliating Cream, keduanya masuk dalam jenis skin care yang memiliki kandungan dalam merawat dan memperbaharui sel kulit. Even Effect Cream digunakan pada kulit wajah dari siang hingga malam hari. Kulit wajah dengan masalah hyperpigmentation (bintik-bintik hitam) yang biasanya muncul saat usia 25 tahun keatas sangat cocok menggunakan krim ini.

Bagaimana? Apakah sudah mendapat pencerahan tentang krim-krim ini? Pastikan kamu mengerti dulu sebelum terlanjur membelinya, ya. Selain karena kebutuhan kulit wajah orang yang berbeda-beda, harga dari krim-krim ini juga tidak murah. Biasakan juga teliti sebelum membeli, baca keterangan yang ada pada produk, bertanya pada penjual, serta mencocokkan pada tone dan masalah kulit wajahmu adalah cara agar kamu terhindar dari kesalahan membeli dan kerusakan kulit yang lebih parah kedepannya.