Sebentar lagi liburan panjang datang! Kamu sudah punya jadwal liburan yang asik dan seru belum? Kalo belum ada rencana mau ke mana-mana, coba kunjungi 5 destinasi yang gak jauh dari tempat kamu tinggal yang pastinya gak harus macet-macetan loh!
 

1. Curug Cibaliung – Sentul

Curug Cibaliung via https://www.bersosial.com

Curug yang berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Bogor dan Jakarta ini terletak tepatnya di kawasan Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di curug ini kalian bisa habiskan waktu berlibur bersama keluarga atau teman-teman yang bingung mau liburan ke mana.

Curug Cibaliung sendiri terbilang juga curug perawan, karena sampai saat ini belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke lokasi ini. Bukan karena akses yang sulit, tapi karena tersebunyi curug ini menjadikan para traveler tidak banyak mengetahui keindahan salah satu curug yang ada di Sentul ini.

Disamping biaya yang murah untuk tiket masuk dan akses yang tidak terlalu sulit, para pengunjung pun dapat menikmati 5 curug di sekitarnya, seperti Curug Leuwi Hejo, Curug Hordeng, dll.

Advertisement

Air terjunnya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungainya merupakan keistimewaan tersendiri. Namun seperti umumnya, curug/ air terjun di mana pun yang ingin kalian kunjugi tetap para pengunjung wajib mematuhi kebersihan lingukan dan juga persiapan kesehatan yang optimal.

2. Kawasan Wisata Maribaya – Bandung

Maribaya Lodge via https://www.tripadvisor.co.id

Dari kota Bogor, sekarang mari kita tengok Kota Kembang Bandung. Di Kota Bandung ini ada sebuah kawasan yang indah dan alami yang cocok kalian kunjungi bersama keluarga dan juga teman-teman dekat kalian. Dengan nuansa alam yang asri serta disuguhi pemandangan pepohonan hijau dan udara sejuk, pastinya akan buat liburan natal & tahun baruan kalian semakin seru.

Kawasan Wisata Maribaya ini memiliki ragam spot yang menarik, yang tentunya dapat kalian kunjungi seperti, Air Terjuna Maribaya, Sky Bridge Taman Halimun, Kolam Rendam Air Panas, Kolam Telaga Giri, hingga resort yang memungkinkan para traveler untuk bermalam. Dan soal makan, di sini tersedia juga ragam jajanan dan cafe yang pastinya mudah kalian temukan.

Lokasi Kawasan Wisata Maribaya sendiri tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Letaknya kurang lebih 6 km dari Pasar Lembang, atau kurang lebih 14 km dari pusat kota (Gedung Sate). Letaknya memang tidak begitu jauh dari kota, namun suasananya cukup kontras, hijau, dan segar.

3. Pulau Pahawang – Lampung

Pulau Pahawang Lampung via http://www.laditatour.com

Kini dari Pulau Jawa, kita sedikit melipir ke Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Lampung. Lampung yang ternyata menyimpan banyak keragaman dunia wisata bawah lautnya menawarkan keindahan yang luar biasa yang patut kamu kunjungi loh!

Salah satunya Pulau Pahawang, pulau yang kecil yang terletak tidak jauh dari Kota Lampung dapat kamu tempuh dengan berkendara roda 4 atau menggunakan transportasi umum. Pulau Pahawang sendiri cocok kamu kunjungi bersama teman dan keluarga saat libur panjang ini.

Bagi para traveler yang hobi menyelam dan snorkeling, lokasi ini cocok buat kamu untuk menemukan keindahan ragam terumbu karang dan juga ikan-ikan yang berwarna warni. Meskipun terbilang kawasan wisata baru, tapi Pulau Pahawang saat ini telah mendatangkan banyak wisatawan loh.

Bagi para traveler yang berenca ke sini, jangan beranggapan Pulau Pahawang memiliki sarana dan prasarana yang memadai ya, karena Infrasturktur yang masih terbatas menjadikan para wisatawan harus lebih mematangkan rencan berlibur dengan perlengkapan yang memadai. Tapi saat ini telah banyak tour operator yang telah membuka destinasi wisatanya ke Pulau Pahawang guna memberikan kemudahan untuk kamu-kamu yang ingin berwisata.

4. Green Canyon – Pangandaran

Dari wisata yang menguji adrenalin sampai bermain air kamu bisa temukan di Kawasan Wisata Green Canyon ini. Tempat yang jadi primadona wisata untuk keluarga juga cocok buat kamu ajak teman-temanmu. Di samping bermain air, di lokasi ini pun kamu bisa merasakan kesegaran air sungai yang mengalir dan juga hamparan pepohonan rindang yang berbalut keteduhan untuk para pengunjungnya.

Berlokasi di ujung Jawa Barat dengan waktu tempuh lebih dari 7 jam perjalanan ini terbayarkan untuk para traveler yang mencari suasana jauh dari perkotaan. Di samping itu, dekat kawasan Green Canyon kalian dapat mengunjungi pantai-pantai yang memiliki keindahan dan pesona tersendiri seperti Pantai Batu Karas yang banyak cafe-cafe di sekitar dan salah satu spot menarik untuk surfing serta Pantai Batu Hiu dengan hamparan laut lebas diiringi deburan ombak, kamu bisa berdiri di atas bukit untuk menikmatinya loh.

Untuk berwisata ke sini, kalian tidak perlu khawatir karena sarana prasaran nya sudah memadai dengan ragam penginapan terjangkau serta jajanan yang dapat kalian temukan di setiap kawasan wisatanya.

5. Tebing Masigit – Padalarang

Tebing Masigit via https://www.pinterest.com

Buat kamu yang mencari destinasi anti mainstream, lokasi ini cocok untuk mengisi liburanmu untuk natal dan tahun baru. Daerah yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki karst yang tersebar di berbagai titik yang selalu menjadi spot panjat tebing dan berbagai olahraga ekstrim. Bagi traveler yang bernyali, kamu pun bisa datang ke sana dan merasakan sensasi mendebarkan dari bermain ayunan di Tebing Masigit.

Setiap bulannya kawasan Padalarang ini banyak dikunjungi para “spiderman” alias traveler yang hobi banget panjat tebing maupun segala aktivitas yang berhubungan dengan hal-hal ekstrim di tebing. Tak hanya traveler lokal saja yang datang kesana namun tercatat pula banyak traveler luar negeri yang juga penasaran dengan tebing-tebing di Padalarang.

Untuk yang terakhir disebut kamu bisa melakukannya tanpa harus menginap alias cuma main ayunan saja yang telah dikaitkan di tali yang terikat pada dua tebing. Spot yang digunakan biasanya ada di Tebing Masigit. Traveler akan berayun menggunakan hammock semacam ayunan yang terbuat dari serat kain khusus yang kuat untuk menopang beban berat.

Hammocking adalah kegiatan yang paling banyak digandrungi traveler karena tidak membutuhkan skill khusus untuk melakukannya. Kamu hanya akan dipasangi tali pengaman dan bisa langsung masuk ke ayunan untuk bersantai di sana. Hanya saja menyewa ayunan khusus ini terbilang cukup mahal, kamu harus merogoh kocek beberapa ratus ribu. Berani mencoba?