Sudah bukan hal baru kalau Drama Korea selalu memanjakan penontonnya, lokal maupun internasional. Terlebih, di penghujung tahun 2016 ini, para broadcaster Korea berlomba-lomba meninggalkan kesan mendalam dalam setiap tayangan drama mereka. Pastinya menyuguhkan berbagai tema menarik dan berbeda-beda di setiap hari penayangannya, dari genre medical, fantasy, romance, history sampai crime, adaaa lah semuanya disini.

Dan bagi kamu-kamu K-Drama Lover dari Indonesia, bakalan nyesel banget kalau sampai gak download dan melewatkan beberapa drama ini buat nemenin liburan akhir tahun kamu. Langsung aja ya saya kasih sedikit review dari drama-drama keren November-Desember, hasil polling dari komunitas Korean Mania. 

1. Dokkaebi/Goblin

Kenapa saya taruh di peringkat pertama? Karena memang semua unsur di drama ini, baik PD/director, screenwriter, para pemain, dan ceritanya, kini sedang menempati tingkat popularitas paling tinggi di Korea sana. Secara, setelah jaya dengan keberhasilan mereka di Descendant of the Sun. Sang penulis, kim eun sook dan sutradaranya Lee eung Book, kembali menciptakan karya luar biasa lewat Goblin.

Genrenya fantasi, berkisah tentang sosok Goblin, makhluk mistis yang memiliki kisah hidup kelam, mati mengenaskan dengan sebilah pedang menancap di dada atas perintah Sang Raja yang dilayaninya dengan setia. Setelah dikhianati , pun, kematiannya dikutuk oleh Dewa. Dia diberikan anugrah untuk hidup abadi dan tidak akan pernah mati dalam damai sampai pengantin goblin mencabut pedangnya. Selamanya, dia akan hidup sengsara dengan mengingat luka dan kematian banyak orang kesayangan karena kesalahannya di masa itu.

Berhasilkan dia menemukan sang pengantin goblin? Tentu saja, setelah 939 tahun dia hidup kekal dengan kekayaan dan kekuatannya, sang Goblin menemukan sosok pengantin Goblin pada diri Ji Eun Tak, seorang gadis SMA yang selalu ceria meski hidupnya menderita. Masihkah sang Goblin berharap mengakhiri hidup kekalnya ketika dia mulai jatuh cinta pada pengantinnya? Pastinya bakal jadi dilema yang bakal nguras air mata para penonton.

Advertisement

Di Sisi lain, selain kisah Goblin, ada juga kisah Malaikat Pencabut Nyawa yang hidupnya sama menyedihkan dengan si Goblin. Dimana karena melakukan kesalahan besar, dia tak mampu mengingat masa lalunya, dan dipertemukan kembali dengan reinkarnasi wanita yang dicintainya di masa lalu.

Selain menyuguhkan cerita fantasi yang penuh dengan teka-teki, dari segi tekhnik visualnya digarap dengan sangat apik, layaknya film layar lebar yang diserialkan . Sinematografinya keren dibumbui sedikit grafik animasi yang pas. Belum lagi settingnya, selain mengambil lattar keindahan kota Quebec, keindahan lain juga terpancar dari bangunan dan set properti yang dipakai; rumah Goblin serasa unik yang dipenuhi unsur seni.

Dan bukan karya Kim eun sook kalau gak ada komedinya. Pertengkaran lucu antara sesama makhluk mistis Goblin-Malaikat jadi scene stealer dalam drama ini. Pokoknya akan sangat menyesal jika melewatkannya .

2. Romantic Doctors Teacher Kim

kim sabu via https://0.soompi.io

Nah kalau drama ini jadi rajanya medical drama tahun 2016. Selain rattingnya yang terus meningkat tiap episodenya. Drama Romantic Doctor Teacher Kim ini, banyak Korean Drama holic menyebutnya sebagai drama kedokteran terbaik yang pernah dibuat Korea. Ceritanya sih simple, tentang seorang Kim Sabu, dokter bedah ternama yang sangat ahli dalam 3 bidang, tiba-tiba menghilang karena menjadi korban konspirasi dokter lain yang menginginkan kekuasaan dalam industri Kedokteran di RS Geosan di Seoul. Dan beberapa tahun kemudian, setelah bertemu dengan para dokter muda kompeten, Kang dong joo, Yoon Seo Jung dll, dia kembali bangkit dengan idealisme dan tim medisnya yang super keren, menghidupkan kembali RS Doldam, Rumah Sakit di daerah terpencil yang sudah lama mati suri.

Kebanyakan medis drama lain memang manghadirkan teknik pengadeganan operasi atau adegan medis lainnya yang mengagumkan dan tampak real. Selain memberi kita banyak pengetahuan tentang dunia medis, menikmati pengadeganan seperti ini dalam genre medical punya keseruan tersendiri. Tapi berbeda dengan yang sudah ada, RDTK punya plot cerita yang apik, dan benar-benar terfokus pada kisah para dokter dan tenaga medis di Rumah Sakit. Tidak terlalu melebar pada konflik drama kehidupan tokoh utama, juga tidak melebar pada pembahasan masalah tiap pasiennya, yang biasanya pasti menjadi subplot panjang dalam drama medis lain. RDTK ini lebih memaparkan bagaimana persaingan dalam dunia kedokteran, segala intrik yang dilakukan baik oleh dokter idealis demi para pasien, atau dokter yang hanya menjadikan profesinya sebagai lahan pencari uang.

Cara penyajian setiap konflik di Rumah Sakit Doldam begitu liar. Bayangkan saja sesekali ada gengster yang mengancam dokter di ruang operasi dengan sebuah parang, ada lagi kasus tabrakan beruntun dengan puluhan korban, sampai kasus satu ruangan penuh orang-orang di UGD terisolasi karena diduga terjangkit MERS, seperti virus ebola, penyakit menular yang mematikan.

Intinya, sampai 14 episode yang sudah tayang, RDTK selalu intens menyajikan ketegangan yang bikin kita gak sabar menanti episode selanjutnya. Karakter dalam drama ini semuanya unik, bahkan sekedar cameo sekalipun. Kim Sabu dengan omongannya yang pedas, realistis, tapi selalu mengena, adalah karakter paling menonjol dan dialognya begitu memorable. Penasaran?? Gak usah ragu untuk segera download dan menontonnya.

3. The Legend Of the Blue Sea

Blue sea via http://asianwiki.com

Sebetulnya, selain castnya yang sangat fenomenal, yakni Lee Min Ho dan Gianna Jun , tidak terlalu banyak yang menonjol sih dalam drama ini. Awalnya memang, dengan mengusung tema fantasi yakni legenda Putri Duyung, bikin netizer penasaran abis. Dan berhasil mencetak rekor ratting tertinggi dalam tayangan perdana, tapi lama-lama rattingnya menurun dan tak mampu memecahkan rekor Descendant of The Sun seperti yang selama ini diperkirakan. Harus dibilang, plot drama ini tidak seapik dan seunik goblin. Jarang ada supresi di tiap episodenya, tapi untunglah chemistry antara Lee min Ho dan Gianna Jun, bikin baper dan membuat penonton bertahan menikmati dan menunggu adegan romantis mereka selanjutnya. Adegan komedinya yang super konyol juga sangat amat menghibur. Si Putri duyung yang punya kekuatan luar biasa bisa bikin mental musuh dengan sekali pukulan. Terus bisa menghasilkan air mata yang berubah jadi mutiara.

Di drama ini, Lee Min ho berperan ganda, di era Joseon, sebagai Walikota muda. Peran lainnya di era modern, sebagai penipu super cerdas, Heo Joon Jae, beraksi layaknya Robinhood yang mencuri harta para konglomerat kotor. Sebenarnya, si Joon Jae ini adalah reinkarnasi dari si Walikota Muda itu. Kedua perannya ini bertemu dan jatuh cinta pada putri duyung yang sama, Se Hwa yang diperankan Gianna Jun.

Di Era Joseon, kisah cinta sang Walikota berakhir tragis karena seorang penjahat mengincar sang Putri Duyung, yang katanya semua kejadian di masa itu, akan kembali terulang di masa kini, pada Heo Joon Jae. Disinilah salah satu point yang jadi keunikan dalam Legend Of The Blue Sea, dimana Heo Joon Jae dituntut untuk melindungi si Putri Duyung dan tidak mengulang kembali kisah cintanya yang tragis di masa lalu.

Gimanakah kelanjutannya?? Saksikan saja drama ini setiap hari Rabu dan Kamis malam di SBS pukul 8 malam WIB kalau nonton streaming. Tapi kalau nonton streaming tidak ada subtitlenya, disarankan nonton hardsubnya saja yang sudah bisa didownload pukul 1 malam.