Menonton sebuah film selayaknya memberikan kita tiga hal,yaitu hiburan, inspirasi dan motivasi, apapun jenis filmnya, salah satunya ialah Sport Movie ataupun film yang mengambil tema olahraga sebagai cerita utamanya. Umumnya genre sport bergerak dengan dua jalur cerita, Pertama bercerita tentang atlet (atau tim) medioker (biasa-biasa aja) yang mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi, dari nothing to be something. Kedua, kisah hidup (biography) oleh para atlet terkenal yang baik secara prestasi ataupun sensasinya. Salah satu olahraga yang cukup populer dijadikan tema film ialah Tinju.

Olahraga (termasuk tinju/boxing) mengajarkan kita banyak hal selain kebugaran dan kesehatan tubuh, sportifitas, fair play, pantang menyerah serta berpikir strategis dan cepat. Kalian akan merasakan hal yang sama ketika menontonnya, saya jamin itu. Para Sineas, aktor dan aktris yang berperan sebagai atlet harus bisa menjaga stamina dan bentuk badan ideal, selain itu dibutuhkan kemampuan akting mumpuni dari para sineas agar tidak terkesan monoton dan datar sehingga saat film diputar penonton bisa merasakan seperti menyaksikan pertandingan aslinya.

Berikut daftar 5 film keren bertemakan tinju versi saya, ada yang kisah fiksi semata namun ada pula kisah yang benar – benar terjadi dimasa lalu, namun hal itu tidak jadi masalah mengingat kualitas isi filmlah yang utama.

 

1. The Fighter (2010)

Christian Bale dan Mark Wahlberg

Christian Bale dan Mark Wahlberg via http://www.demammalam.com

The Fighter diangkat dari kisah nyata tahun 1980an dari petinju Amerika Micky Ward (diperankan oleh Mark Wahlberg) yang hidup dibawah bayang-bayang sang kakak tiri, yang juga mantan petinju hebat Dick Eklund (Christian Bale), namun menjadi seorang pecundang yang terjebak kokain dan obat terlarang. Bersama sang ibu, Alice Ward (Melissa Leo), dan Dicky menjadi sepasang menejer dan pelatih yang menjadikan Micky Sebagai bisnis keluarga, yang mengakibatkan karirnya mandek. Lewat pertemuannya dengan Charlene Fleming (Amy Adams) sedikit membuka mata dan pikirannya untuk keberlangsungan karir dan kebanggaan keluarganya. Best Moment: semua yang dilakukan Christian Bale di film ini, its so amazing, semua pemain tampil brilian, drama realistis tentang olahraga dan keluarga, karena untuk menjadi seorang juara butuh pengorbanan.

2. The Hurricane (1999)

Danzel Washington aka Rubin Carter

Danzel Washington aka Rubin Carter via http://www.demammalam.com

The Hurricane diambil berdasarkan julukan dari petinju keturunan Afrika-Amerika, Rubin Carter. Kisahnya tentang beliau, yang dihukum atas dakwaan tiga kasus pembunuhan di sebuah bar di New Jersey, sehingga dia terpaksa menerima hukuman selama 20 tahun. The Hurricane menjadi pertunjukan tunggal dari Danzel Washington di sepanjang film memperlihatkan kualitas akting yang membuat kita bisa menyematkannya gelar “one of the best actor in the world”

Selain itu,  di sepanjang film kita melihat bagaimana kehidupan Rubin Carter selama di penjara dan upayanya melawan tuduhan yang ditujukan kepadanya. Banyak juga kisah-kisah inspiratif yang membuat para penggemar olahraga tinju terharu dengan gambaran di dalam film ini. Film yang settingnya diambil antara tahun 1966 dan 1985 ini sempat mengundang kontroversi akibat beberapa kesalahan dalam menampilkan kehidupan serta kasus yang menimpa Rubin Carter.

3. Million Dollar Baby (2004)

Clint Eastwood and Hillary Swank

Clint Eastwood and Hillary Swank via http://www.demammalam.com

Salah satu film keren dari Clint Eastwood (merangkap sutradara, pemain utama, dan produser), mengambil tema dari kisah seorang pelatih tidak sukses bernama Frankie Dunn (Clint Eastwood) yang melatih seorang petinju amatir wanita bernama Maggie (Hilary Swank) yang memiliki ambisi mengubah peruntungan hidupnya dengan berkarir di dunia tinju meski di usia yang tidak muda lagi. Kualitas film ini dibuktikan oleh sejumlah penghargaan yang mereka peroleh, menghadirkan salah satu ending terbaik dalam sejarah perfilman yang ada (versi saya).

4. Raging Bull (1980)

Robert De Niro aka Jake La Motta

Robert De Niro aka Jake La Motta via http://www.demammalam.com

Diangkat dari buku yang berjudul “Raging Bull: My Story” yang ditulis sendiri oleh pelaku kejadian Jake La Motta, seorang petinju yang terkenal kontroversial di zamannya. Film yang disutradari Martin Scorsese merupakan salah satu film biopic terbaik yang pernah ada, tidak hanya berkisah mengenai perjalanan karir Jake La Motta, kisah carut/marut rumah tangga, hubungan dengan para mafia serta masalahnya dengan adiknya, ditampilkan dengan dominan warna hitam dan putih, seolah menggambarkan bagaimana kelam dan gelapnya kehidupan yang dialami oleh Jake La Motta.

Robert De Niro yang berperan sebagai  Jake di ganjar oscar atas perannya, bertransformasi dengan menaikan bobot badannya hingga 40kg dari awal, Joe Pesci yang awalnya hanya aktor kurang terkenal, menjadi naik level dan harus merelakan hidungnya patah ketika salah satu scene.

5. Rocky (1976)

Sejak tahun 1976 hingga saat ini nama Rocky Balboa menjadi ikon dari Hollywood, tidak hanya menjadi ikon, karakter Rocky menjadi idola bagi para penikmat tinju dan penggemar film, dibintangi dan ditulis sendiri oleh Sylvester Stallone, Rocky menyajikan sebuah drama olahraga komplit yang kelak menjadi role model untuk film lain.

Rocky mengambil cerita seorang petinju lokal yang bercita-cita menjadi juara dunia kelas berat, akhirnya mendapatkan peluang untuk unjuk kemampuan dipertandingan eksebisi melawan juara dunia kelas berat, Apollo Creed. Karakter Rocky, mengambarkan impian dari semua orang di dunia, bagaimana seorang medioker yang diremehkan, lewat perjuangannya menjadi seseorang. Satu hal paling memorable, adegan latihan dengan musik latar penggugah semangat.