Semua orang pasti telah mengenal Google sebagai salah satu situs pencarian terbesar dan terlengkap di dunia. Apapun yang mereka cari melalui internet, mereka selalu menggunakan situs Google ketimbang situs pencarian lainnya. Ya, itulah pandangan orang-orang terhadap Google 5-10 tahun yang lalu.

Sekarang berbeda.

Banyak sekali pihak yang merasakan nikmatnya menggunakan fitur Google, salah satunya adalah mahasiswa. Ya, mahasiswa. Sadar atau tidak, beberapa fitur yang disediakan dari Google sangat membantu kamu dalam proses perkuliahan dan mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas skripsi. Beberapa dari kamu sangat familiar dengan fitur ini, atau bahkan belum tahu sama sekali. 

 

1. 1. Google Classroom – bisa kirim tugas kuliah lewat sini

Logo Google Classroom

Logo Google Classroom via http://google.com

Mungkin Google Classroom masih sangat asing di telinga kita. Ya, Google Classroom merupakan fitur yang disediakan oleh Google sebagai kelas online! Di sini, dosen akan membuat kelas dan kamu masuk ke dalam kelas tersebut melalui kode yang disediakan dosen. Nah apa aja sih keistimewaan dari Google Classroom?

Dosen bisa mengirim materi perkuliahan dalam bentuk softcopy tanpa perlu repot-repot attach e-mail langsung ke mahasiswa atau membuat hardcopy yang memakan banyak biaya.

Google Classroom gak cuman tersedia dalam bentuk website saja, tapi juga tersedia versi aplikasi mobile. Kelebihan memakai Google Classroom lewat aplikasi smartphone adalah kita akan dapat notifikasi dari dosen tentang materi dan tugas yang diberikan, sehingga kamu gak ketinggalan dengan perkuliahan online kamu. Aplikasi ini dapat diunduh di Google PlayStore dan App Store.

Sayangnya, Google Classroom tidak sepenuhnya digunakan secara publik. Hanya kampus-kampus yang menjalin kerjasama dengan Google dalam proyek Google Apps for Education yang dapat menikmati fasilitas Google Classroom. Selain itu, untuk dapat log in ke Google Classroom, mahasiswa dan dosen harus menggunakan akun yang berdomain ac.id atau sch.id, bukan akun Google yang digunakan kebanyakan orang. Nah, apakah kampus kamu sudah bekerjasama dengan Google?

2. 2. Google Calendar – bisa lihat tanggal merah dan pertandingan olahraga

Logo Google Calendar

Logo Google Calendar via http://wikimedia.org

Siapapun pasti suka tanggal merah, termasuk mahasiswa. Biasanya, mahasiswa akan membuka kalender dinding atau meja untuk mengecek apakah bulan ini ada hari liburnya. Tapi kalau kamu pakai aplikasi Google Calendar, kamu bisa melihat tanggal merah di luar hari Sabtu dan Minggu hanya di smartphone. Lah, kok bisa?

Awalnya, aku menduga Google Calendar cuman sebagai aplikasi untuk membuat jadwal di tanggal tertentu. Ternyata, fungsinya lebih dari sekedar aplikasi kalender di smartphone! Kamu bisa melihat jadwal libur nasional di manapun kamu pergi. Kamu jadi orang pertama di lingkunganmu yang tahu kapan tanggal merah atau long weekend selanjutnya, sehingga kamu bisa atur kegiatan atau jalan-jalan di tanggal tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengatur libur nasional negara lain, terutama bagi kamu mahasiswa yang kuliah di luar negeri.

Gak cuman libur nasional aja, guys. Buat kamu para pecinta olah raga, kamu bisa atur dan lihat jadwal pertandingan tim olah raga dalam negeri dan luar negeri favorit kamu di Google Calendar. Kamu bisa melihat ratusan kompetisi dari berbagai negara di dunia, lalu klik nama tim olahraga favoritmu, subscribe jadwalnya, dan voila! Kamu bisa lihat jadwal pertandingan Liga Inggris, NBA atau Superbowl tanpa harus browsing di internet, deh.

Untuk mahasiswa yang kampusnya sudah menjalin kerjasama dengan Google, aplikasi Google Calendar dapat digunakan pula sebagai kalender akademik kampus. Kamu bisa melihat jadwal libur semester, jadwal UTS dan UAS, jadwal pengisian KRS (Kartu Rencana Studi), hingga jadwal wisuda kampus. So, bermanfaat banget kan?

3. 3. Google Drive – bisa back up dokumen di sini, termasuk dokumen skripsi!

Logo Google Drive

Logo Google Drive via http://google.com

Kita sering mendengar kabar buruk dari beberapa teman yang kehilangan tugas kuliah dan dokumen skripsi di laptop, hard disk ataupun flash disk. Entah karena device yang mereka punya rusak atau hilang, atau karena virus rese yang sukses memformat data mereka. Agar kita gak menjadi korban selanjutnya, yuk gunakan Google Drive!

Kenapa Google Drive jadi aplikasi yang recommended dan sangat membantu mahasiswa? Karena kita dapat menyimpan semua dokumen perkuliahan kita secara online atau istilah kerennya cloud.

Tergiur? Makanya sedia payung sebelum hujan – sediakan Google Drive sebelum datamu hilang.

4. 4. Google Scholar – bisa cari referensi buku atau jurnal perkuliahan

Logo Google Scholar

Logo Google Scholar via http://wikimedia.org

Aku yakin gak semua mahasiswa memakai fitur ini untuk mencari referensi tugas kuliah dan cenderung memakai situs pencarian Google sendiri. Bener kan? Bener banget, kok. Padahal, fitur ini dikhususkan untuk para akademisi mencari referensi berupa jurnal, buku, laporan penelitian, tesis, dan lain-lain.

Fitur ini berbentuk layaknya Google search, yaitu terdapat kolom yang memudahkan kita untuk mengetik referensi yang kita inginkan. Bedanya, kamu harus menulis kata kunci di kolom berupa topik perkuliahan yang sedang kamu pelajari. Misalnya, kamu lagi belajar tentang sastra di masa abad pertengahan, kamu harus tulis ‘mid century literature’.

Sayangnya, hasil yang muncul biasanya berupa abstrak atau pembukaan dari jurnal atau buku. Untuk mendapatkan akses penuh terhadap karya tersebut, kamu harus membeli jurnalnya atau mesti unduh di perpustakaan kampus. Sedih banget pasti. 

5. 5. Google Docs dan Google Forms - bisa buat dokumen di sini

Logo Google Docs

Logo Google Docs via http://twitter.com

Last but not least, ini aplikasi yang sering banget digunakan mahasiswa untuk menulis sebuah dokumen. Yes, that’s Google Docs! Di sini, kamu bisa tulis atau copy-paste pekerjaan kamu melalui PC atau smartphone. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini gak berbeda jauh dengan aplikasi serupa seperti Kingsoft Office atau Microsoft Office. Terdapat format untuk menulis dokumen, memo, lembar kerja (spreadsheet), dan slide presentasi. Kita juga bisa mengatur font, margin, paragraph, serta fungsi undo-redo.

Yang membuat Google Doc ini unik dan berbeda dengan dua aplikasi pembanding di atas adalah, terdapat satu aplikasi di mana kamu bisa membuat form pertanyaan. Ya, aplikasi itu bernama Google Forms. Google Forms biasa dipakai mahasiswa semester akhir untuk membuat form kuisioner skripsi. Kamu bisa atur bentuk pertanyaan yang dibuat, apakah itu pilihan ganda, uraian singkat atau panjang, atau dropdown. Kamu juga bisa atur tanggal dan waktu, jika pertanyaannya berupa tanggal kelahiran.

So, inilah 5 fitur atau aplikasi Google yang wajib kamu ketahui dan gunakan, terutama kamu yang masih kuliah. Dari 5 fitur yang dijelaskan di atas, mana yang menjadi favorit kamu? Kalau aku sih jelas memilih Google Calendar dan Google Drive.