Transit bisa jadi sebuah momok bagi para traveler. Namun sebetulnya saat-saat transit, kalian bisa banyak melakukan hal-hal bermanfaat daripada sekedar aktif di sosial media. Saatnya kalian keluar dari zona nyaman dan mengeksplorasi lokasi transit kalian. Salah satunya banyak hal yang bisa kalian lakukan secara gratis alias tanpa biaya saat transit di Changi International Airport.

Ibarat sebuah negara, Airport adalah gerbangnya. Kalian bisa melihat keindahan dan keteraturan sebuah negara dari fasilitas yang ditawarkan Airportnya. Jika Airportnya saja menarik, kalian pasti penasaran bukan dengan negaranya? 

 

1. Penangkaran dan Budidaya Kupu-Kupu didalam Bandara

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu via http://catperku.com

Didunia mungkin bandara Changi ini yang pertama kali menangkarkan kupu-kupu dengan beragam jenis. Biasanya penangkaran kupu-kupu hanya ada di taman-taman bunga. Konsep mendirikan penangkaran di Bandara ini berbeda dari konsep yang ada sebelumnya. Salah satu tempat gratis yang bisa kamu nikmati di Airport Changi sambil menunggu keberangkatan pesawat selanjutnya.

Di tempat penangkaran kupu-kupu ini kalian bisa menikmati keindahannya sekaligus ikut belajar jenis-jenis kupu-kupu yang dibudidaya. Bahkan jika beruntung kalian bisa melihat kepompong yang skan berubah menjadi lebih cantik. Proses evolusi kupu-kupu dari kempompong bisa kalian pelajari disini. Tumbuhan yang berada di Bandara pun sangat mendukung ekosistem kupu-kupu untuk hidup bebas seperti di alam aslinya.

2. Nonton Film Gratis Sepuasnya

Bioskop Airport

Bioskop Airport via http://dadidudita.blogspot.com

Siapa sih yang tidak suka nonton gratis? Kalian pastu suka juga kan. Buat kalian yang suka banget nonton film, di Changi Airport tersedia fasilitas bioskop gratis. Bioskop ini hanya ada di terminal 2 dan terminal 3. Setting tempatnya benar-benar bukan seperti ruang multimedia biasa melainkan seperti bioskop sesungguhnya dengan cahaya yang temaram.

Beberapa film yang diputar disini merupakan channel langganan dari Fox Movie Premium. So, udah pasti film-film box office juga bisa kalian tonton disini. Buat kamu yang kuran suka baca buku, bisa memanfaatkan bioskop ini untuk menghabiskan waktu sambil menuggu boarding. 

3. Ekpresikan Bakat Senimu yang Luar Biasa.

Seni itu Indah

Seni itu Indah via http://cheekiemonkie.ne

Setiap orang punya bakat seni. Tuhan memberikan manusia kecerdasan seni meskipun kadarnya berbeda-beda. Sambil menunggu di Changi Airport kalian bisa loh mengekpresikan bakat seni kalian di Interactive Art Station. Seni itu tidak memandang usia. Baik tua dan muda bisa menunjukkan kebolehannya disini.

Kegiatan yang bisa kalian lakukan adalah tracing. Mudah kok caranya. Sudah ada cetakan kayunya. Kalian tinggal memilih motif atau polanya saja. Setelah itu tinggal menggunakan kertas yang ada dan perlahan menggosok-gosoknya hingga timbul gambar yang sama. Seperti ingat masa lalu dengan koin rupiah dan sebatang pensil, kalian bisa memiliki beberapa gambar koin rupiah.

4. Main Games Sepuasnya di Entertainment Deck.

Bosan membaca atau nonton film? Disini kalian bisa mengasah keterampilan kalian bermain games. Bisa bermain solo ataupun menantang teman kalian main bersama. Buat kalian yang terbiasa bermain X-Box pastikan timer ya, agar tidak ketinggalan pesawat. Pasalnya yang sudah-sudah suka ketinggalan pesawat setelah bermain disini.

Jika tidak membawa teman, jangan khawatir. Kalian juga bisa mengajak orang lain karena konsol games yang ada disini sudah terintegrasi. Siapa tahu teman main kalian bisa jadi teman jalan di perjalanan selanjutnya. Dan jika kalian sudah mulai bosan dengan kekalahan, kalian bisa menyembuhkannya dengan mendengarkan musik di Booth MTV sepuasnya.

5. Pijat Gratis Sampai Tertidur.

Pijat Gratis

Pijat Gratis via http://catperku.com

Keliling-keliling bandara seharian tentu capek dong. Jangan khawatir, di Changi Airport kalian bisa pijat gratis loh. Ah, coba fasilitas seperti ini ada di setiap Mall di Jakarta. Fasilitas pijat gratis ini biasanya jadi primadona kaum lansia. Ya, maklum karena faktor usia.

Memang sih rasanya akan berbeda dengan pijat tradisional. Tapi dengan fasilitas gratis ini setidaknya bisa melemaskan otot dan membuat kalian kembali segar untuk beraktifitas lagi. Jangan khawatir menuggu antrian karena fasilitas pijat gratis ini cukup banyak tersebar di sudut-sudut bandara Changi Airport. Sebaiknya untuk menarik wisatawan fasilitas surga dunia seperti ini harus ada di bandara-bandara Internasional di Indonesia. Ya setidaknya tersedia juga di Bandara Soekarno Hatta atau di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.