Rasanya masih hangat di kepala saat artis cantik dari Indonesia, Laudya Cynthia Bella memutuskan untuk menikah dengan duda tampan dan sukses dari negeri Jiran, Engku Emran. Pernikahannya yang masih hangat dan ramai dibicarakan banyak orang ini tentu punya banyak sisi yang bisa dikupas satu persatu. Ramai ditemukan di berbagai media tentang artikel yang mengulik beragam sisi dari kehidupan baru mereka berdua. Mulai dari acara pernikahannya sendiri, nuansa foto prewedding yang sederhana, hingga alur kisah percintaan mereka yang digambarkan dengan singkat dan romantis oleh Engku Emran melalui akun Instagramnya.

Nyatanya publik sepertinya juga belum merasa bosan dengan berita tentang keduanya. Maklum saja, keduanya adalah tokoh ternama di negaranya masing-masing. Bella dengan karir gemilangnya sebagai artis, sementara Emran dengan karir cemerlangnya sebagai pemilik sebuah media massa.

Salah satu hal menarik yang bisa disimpulkan dari pernikahan kedua insan tersebut adalah jodoh murni teka-teki Illahi. Bukan bermaksud untuk mendiskriminasi status seseorang, tapi bukankah tak satupun dari kita akan menduga sosok cantik Bella melepas status lajangnya dengan seorang duda yang sudah beranak satu? Ditambah lagi sosoknya sebagai warga negara asing, padahal jujur saja di Indonesia pasti ada jutaan pria single yang rela mengantri demi mendapatkan hati Bella. Tapi sepertinya takdir berkata lain, bagi Bella sosok Engku Emran sangat diyakini mampu membimbingnya menjadi lebih baik lagi sehingga ia pun mantap untuk menikah bersamanya.

Terus kalau jodohnya Bella adalah Engku Emran, jadi sebenarnya jodoh kamu siapa dan dari mana ya? Mungkin saja nanti jodoh yang selama ini kita nantikan adalah pangeran dari negeri seberang. Nah kalau seperti itu kejadiannya, kira-kira kamu sudah siap belum untuk dipersunting dan dibawa pulang ke negeri seberang? Tenang saja, demi antisipasi jikalau nanti kamu berjodoh dengan orang yang serumpun dengan Engku Emran, kali ini ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari dengan cepat. Itung-itung sebagai bekal biar kalau dilamar langsung siap sedia hehe. Penasaran kan seperti apa bekal yang harus disiapkan untuk menikah dengan pangeran dari negeri seberang? Langsung simak daftarnya berikut ini ya!

1. Informasi seputar bebet, bobot, dan bibit itu perlu untuk digali

Riset keluarga via http://papasemar.com

Tentu saja persiapan utama adalah riset seputar latar belakang keluarga. Riset ini dilakukan bukan untuk menghakimi atau menghindari ras-ras tertentu. Hanya untuk memastikan bahwa pria dari negeri asing yang akan menikahimu adalah pria yang baik. Baik dalam artian bukan seorang buronan di negaranya, atau mungkin keluarganya sedang terlilit hutang menumpuk yang sangat serius. Dan yang paling penting, kamu harus memastikan bahwa sosoknya dan keluarganya adalah orang-orang yang mau menerimamu dengan tangan terbuka dan bahagia. Kamu tentu nggak akan mau hidup di negara baru dengan diasingkan oleh keluarga barumu bukan?

2. Biar nggak salah kaprah, pahami juga aturan pemerintah seputar menikah

Aturan menikah via https://www.pexels.com

Kamu juga harus tahu dan memahami peraturan pemerintah tentang pernikahan dengan warga negara asing. Mengurus berkas pernikahan sesama warga lokal aja susahnya minta ampun, apalagi kalau antar negara. Tapi kalau sudah cinta, sesulit apapun itu pasti bisa dilewati kan?

3. Biar rumah tanggamu harmonis, jangan lupa belajar menggunakan bahasa yang manis-manis

Advertisement

Belajar berbahasa via http://www.pexels.com

Selanjutnya, kamu juga harus belajar bahasa dasar dari negara asal pasanganmu. Pasalnya, bahasa adalah inti dari lancarnya sebuah komunikasi. Dalam kasus ini, Malaysia dan Indonesia bisa dijadikan contoh paling gampang. Meskipun sama-sama dari ras Melayu, ada beberapa kosa kata yang memiliki makna kontradiktif dan bahkan akan terkesan menyinggung lawan bicaranya. Tentu kamu tidak ingin memicu sebuah pertengkaran hanya karena kamu enggan belajar bahasa baru bukan?

4. Kata orang, istri idaman itu bisa masak makanan favorit sang suami. Yakin kamu nggak pengen belajar?

Masakan favorit via http://www.pexels.com

Sebagai seorang istri, di manapun kamu menikah dan dengan siapapun kamu menikah, kewajiban utama istri tentu adalah melayani suami dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan cara memasak makanan yang sesuai dengan selera pasangan. Sama halnya dengan bahasa, meskipun sama-sama dari rumpun Melayu, lidah kalian akan berbeda dalam menilai masakan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan cita rasa masakan sesuai dengan selera pasanganmu.

Di Indonesia, jenis masakan yang tingkat kemiripan tampilan dan cita rasanya mirip dengan masakan Malaysia adalah masakan dari daerah Sumatera dan Aceh khususnya. Wilayahnya yang saling berdekatan juga membuat karakteristik masakan dari dua daerah ini terasa mirip. Salah satu kemiripannya adalah penggunaan bahan rempah-rempah di setiap masakan yang disajikan. Jadi, sebenarnya belajar memasak dengan resep masakan Aceh bisa jadi win-win solution bagi kalian berdua.

5. Perjalanan cinta kalian pasti tidak selalu mulus, tapi jangan lupa untuk saling mencinta dengan tulus

Cinta yang tulus via https://www.pexels.com

Tips bonus, kalau misal nanti jodohmu kebetulan adalah duda tampan seperti Engku Emran, kamu harus bisa bersikap lebih dewasa. Jangan pernah mengungkit-ngungkit masa lalunya, apalagi membawa topik itu saat sedang bertengkar. Hormati kehidupan masa lalunya, jangan menyakitinya dengan membawa luka lama.

 

Nah, gimana? Siapkah kamu untuk dipersunting pangeran dari negeri Jiran?